mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Admin Pajak (Tax Administrator)

Admin pajak adalah seorang yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pelaksanaan sistem perpajakan dalam suatu organisasi, perusahaan atau instansi pemerintah.

admin pajak

Deskripsi Profesi Admin Pajak (Tax Administrator)

Tahukah kamu apa itu admin pajak (tax administrator)? Secara umum pengertian admin pajak adalah seorang yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pelaksanaan sistem perpajakan dalam suatu organisasi, perusahaan atau instansi pemerintah.

Admin pajak merupakan individu atau tim yang mengelola kewajiban perpajakan sebuah perusahaan. Mereka bertugas melakukan perhitungan pajak yang harus dibayar oleh perusahaan, pengisian dokumen pajak, pemantauan peraturan perpajakan yang berlaku, dan berinteraksi dengan badan pajak pemerintah untuk memastikan kepatuhan perusahaan terhadap kewajiban perpajakannya.

Peran admin pajak ini sangat penting, mereka memastikan bahwa organisasi dan perusahaan mematuhi peraturan perpajakan yang berlaku. Dengan demikian, mereka membantu dalam mencegah terjadinya pelanggaran hukum pajak yang dapat mengakibatkan sanksi atau denda bagi perusahaan/bisnis.

Dalam halaman ini kita akan mengulik lebih dalam lagi perihal admin pajak, mulai dari tugas-tugasnya, persyaratan, cara menjadi hingga gaji seorang admin pajak.

Jobdesk Admin Pajak (Tax Administrator)

Berikut ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang admin pajak:

  • Mengelola dan menjalankan tugas-tugas administratif yang berkaitan dengan pemenuhan kewajiban perpajakan suatu organisasi atau bisnis
  • Menginput dan mencetak Faktur Pajak Keluaran dan Masukan
  • Menyiapkan data untuk Perpajakan (laporan penjualan, laporan pembelian, biaya)
  • Mengelola arsip data perpajakan perusahaan secara efektif
  • Mengelola aspek perpajakan dalam organisasi atau perusahaan.
  • Melakukan perhitungan pajak yang harus dibayar oleh perusahaan.
  • Mengidentifikasi kewajiban pajak dalam transaksi keuangan perusahaan.
  • Membuat perencanaan pajak untuk strategi finansial perusahaan.
  • Menyiapkan dokumen dan informasi yang diperlukan untuk audit pajak.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Admin Pajak (Tax Administrator)

Menjadi seorang admin pajak harus memiliki beberapa keahlian agar dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik, beberapa keahlian tersebut antara lain:

  • Menguasai dan memahami peraturan perpajakan yang berlaku, termasuk perubahan terbaru dalam undang-undang pajak.
  • Memiliki Kemampuan untuk menghitung pajak yang harus dibayarkan dengan akurat, mengingat pentingnya keakuratan dalam perhitungan pajak.
  • Memiliki kemampuan Menganalisis data keuangan dan transaksi untuk menentukan kewajiban pajak yang tepat.
  • Mahir menggunakan software akuntansi dan aplikasi terkait pajak untuk memproses dan melaporkan pajak.
  • Memiliki Kemampuan Komunikasi yang baik
  • Memiliki kemampuan dalam penggunaan Microsoft Word dan Excell
  • Keahlian-keahlian ini akan membantu admin pajak untuk menjalankan tugasnya dengan efisien dan memastikan bahwa perusahaan mematuhi semua kewajiban perpajakannya.

Cara Menjadi Admin Pajak (Tax Administrator)

Untuk menjadi seorang admin pajak, minimal harus memiliki kualifikasi sebagai admin pajak, beberapa kualifikasi umum admin pajak antara lain:

  • Lulus pendidikan minimal D3 Pajak/Akutansi
  • Memiliki kemampuan tentang software perpajakan.
  • Paham tentang aturan-aturan perpajakan
  • Memiliki pengalaman di bidang pajak minimal 1 tahun
  • Mampu melakukan pembuatan faktur pajak minimal 200 transaksi dalam sehari
  • Mampu bekerja dengan cepat dan teliti.
  • Ikuti pelatihan-pelatihan tentang perpajakan dan milikilah sertifikat.

Jenjang Karir Admin Pajak (Tax Administrator)

Tahukah kalian? Bahwa ternyata Karir di bidang administrasi pajak memiliki jenjang karir yang baik. Nah jenjang karir sebagai admin pajak antara lain sebagai berikut:

  1. Staff Pajak / Admin Pajak
    Jenjang karir admin pajak biasanya dimulai dari posisi staf pajak, di mana individu tersebut akan mempelajari dasar-dasar perpajakan dan mengembangkan kemampuan analitis yang diperlukan untuk menghitung pajak yang terutang. Staf pajak juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua pembayaran pajak dilakukan tepat waktu dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  2. Supervisor Pajak
    Seiring dengan pengalaman dan pengetahuan yang bertambah, admin pajak dapat naik ke posisi yang lebih tinggi, seperti supervisor pajak, yang mengawasi tim dan memastikan bahwa semua proses perpajakan berjalan lancar. Dari sana, peluang untuk menjadi manajer pajak terbuka lebar, di mana tanggung jawabnya meluas ke perencanaan pajak strategis dan pengambilan keputusan yang mempengaruhi keseluruhan keuangan perusahaan.
  3. Kepala Direktur Pajak
    Untuk mencapai puncak karir, admin pajak dapat bercita-cita menjadi direktur pajak atau bahkan kepala divisi pajak, di mana mereka akan memainkan peran kunci dalam membentuk kebijakan pajak perusahaan dan berinteraksi dengan regulator pajak. Pada level ini, kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dan membangun hubungan yang baik dengan berbagai pemangku kepentingan sangatlah penting.

Yang Harus Kalian Ketahui Admin Pajak (Tax Administrator)

  • Admin Pajak adalah profesi idaman
    Bekerja di bidang perpajakan terbilang cukup menjanjikan, pasalnya ini merupakan sektor yang kata banyak orang memiliki gaji yang fantastis.
  • Banyak Tantangan
    Admin pajak memiliki banyak tantangan, tidak sedikit orang yang harus berurusan dengan pihak berwajib karena kesalahan bisa saja membuat kamu berada di balik jeruji besi.
  • Sebelum kamu memutuskan untuk menjadi seorang admin pajak, kamu perlu mengetahui beberapa fakta-fakta berikut ini:

    1. Dua Peran Berbeda
      Istilah ‘admin pajak’ dapat merujuk pada dua jenis peran yang berbeda. Di sektor pemerintah, admin pajak adalah badan atau departemen yang bertanggung jawab atas pembuatan kebijakan perpajakan, pengawasan pemungutan pajak, dan penegakan hukum perpajakan. Sementara itu, dalam konteks bisnis, admin pajak merujuk pada individu atau tim yang mengelola kewajiban perpajakan sebuah perusahaan, termasuk perhitungan pajak, pengisian dokumen pajak, dan pemantauan peraturan perpajakan yang berlaku.
    2. Admin Pajak adalah profesi idaman
      Bekerja di bidang perpajakan terbilang cukup menjanjikan, pasalnya ini merupakan sektor yang kata banyak orang memiliki gaji yang fantastis.
    3. Banyak Tantangan
      Admin pajak memiliki banyak tantangan, tidak sedikit orang yang harus berurusan dengan pihak berwajib karena kesalahan bisa saja membuat kamu berada di balik jeruji besi.

    Profesi Lainnya

    profesi kondektur

    Kondektur Transportasi

    Apa itu Pekerjaan Kondektur transportasi ? Jika Anda sering menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta api, atau kapal laut, Anda mungkin pernah melihat sosok yang

    Read More »
    profesi kurir

    Kurir

    Profesi kurir telah menjadi bagian penting dari industri pengiriman dan logistik. Para kurir bertanggung jawab untuk mengantarkan paket dan barang kepada pelanggan dengan tepat waktu

    Read More »
    profesi konsultan bisnis

    Konsultan Bisnis

    Istilah konsultan bisnis tersusun dari dua kata, business yang berarti bisnis dan consultant yang memiliki arti penasihat. Konsultan bisnis adalah seseorang / perusahaan yang memberikan nasihat

    Read More »
    profesi teknisi rekam medis

    Teknisi Rekam Medis

    Pekerjaan sebagai teknisi rekam medis merupakan peran penting dalam sistem perawatan kesehatan. Teknisi rekam medis bertanggung jawab untuk memastikan bahwa data medis pasien disimpan dengan

    Read More »
    konsultan it

    Konsultan IT

    Pada umumnya, orang-orang mengetahui pekerjaan sebagai konsultan IT tidak jauh dari yang namanya komputer, software maupun jaringan. Keberadaan seorang konsultan IT di Indonesia juga tidak

    Read More »
    office boy

    Office Boy

    Office boy adalah seorang karyawan kantor yang memiliki banyak tugas rutin dalam membantu memenuhi kebutuhan pegawai dan kantor. Tugas-tugasnya meliputi menjaga kebersihan dan kerapihan kantor, memfotokopi,

    Read More »