mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Juru Masak

Juru masak adalah profesi yang bertugas dalam membuat resep, menentukan dan menakar bahan masakan sekaligus memasak serta menyajikan hidangan.

juru masak

Deskripsi Profesi Juru Masak

Juru masak adalah profesi yang bertugas dalam membuat resep, menentukan dan menakar bahan masakan sekaligus memasak serta menyajikan hidangan. Hidangan yang dibuat oleh juru masak tentu harus memiliki cita rasa yang enak serta memiliki tampilan yang menarik sehingga layak untuk dijual atau dibayar.

Juru masak harus memiliki keterampilan dan pengetahuan tentang berbagai jenis masakan, bahan, teknik memasak, peralatan, dan standar kebersihan. Juru masak juga harus bisa bekerja sama dengan tim dapur lainnya, seperti sous chef, chef de partie, commis, pelayan, dan lain-lain.

Kata “juru masak” berasal dari istilah chef de cuisine (pengucapan bahasa Prancis: [ʃɛf.də.kɥi.zin]), pengarah atau kepala dapur. Juru masak dapat menerima pelatihan formal dari suatu institusi dan magang bersama juru masak berpengalaman.

Terdapat istilah yang berbeda yang menggunakan kata juru masak dalam gelar mereka, dan berhubungan dengan daerah khusus penyiapan makanan. Misalnya, termasuk juru masak kedua (sous chef), yang bertindak sebagai orang kedua di dapur, juru masak bagian (chef de partie), yang menangani daerah pembuatan makanan tertentu.

Sistem Jenjang dapur adalah tata tingkat yang terdapat di rumah makan dan hotel yang mempekerjakan banyak staf, banyak di antaranya menggunakan gelar “juru masak”. Tingkatan di bawah juru masak adalah pembantu dapur.Pekerjaan juru masak memiliki beberapa tingkatan, mulai dari juru masak pemula yang baru belajar dasar-dasar memasak, hingga juru masak eksekutif yang menjadi pemimpin dapur dan bertanggung jawab untuk mengelola seluruh operasional dapur. Tingkatan pekerjaan juru masak biasanya ditentukan oleh pengalaman, pendidikan, sertifikasi, dan kinerja mereka.

Jobdesk Juru Masak

Secara umum, beberapa jobdesk, tugas dan tanggung jawab juru masak adalah:

  • Merencanakan menu dan resep sesuai dengan tema, konsep, selera, dan anggaran hidangan.
  • Menentukan dan menakar bahan-bahan masakan yang dibutuhkan serta memastikan ketersediaan dan kualitasnya.
  • Memasak hidangan sesuai dengan resep, standar, dan permintaan pelanggan.
  • Menyajikan hidangan dengan cara yang menarik, higienis, dan sesuai dengan porsi yang ditentukan.
  • Mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan pembantu dapur atau staf dapur lainnya.
  • Menjaga kebersihan dan kerapihan dapur serta peralatan masaknya.
  • Mengikuti aturan kesehatan dan keamanan pangan serta standar sanitasi yang berlaku.
  • Melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap menu, resep, proses masak, dan pelayanan hidangan.
  • Melakukan inovasi dan kreasi dalam mengembangkan hidangan baru yang sesuai dengan tren kuliner terkini.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Juru Masak

Untuk menjadi juru masak yang handal, ada beberapa keahlian yang harus dimiliki. Beberapa keahlian tersebut adalah:

  • Keterampilan memasak: kemampuan untuk mengolah bahan makanan menjadi hidangan yang lezat, sehat, dan bernilai seni dengan menggunakan teknik memasak yang tepat.
  • Keterampilan menyajikan: kemampuan untuk menata hidangan dengan cara yang menarik, rapi, dan sesuai dengan standar pelayanan.
  • Keterampilan berkomunikasi: kemampuan untuk berinteraksi dengan pelanggan, rekan kerja, atasan, dan pihak lainnya secara efektif dan sopan.
  • Keterampilan manajemen: kemampuan untuk merencanakan, mengorganisir, mengkoordinasikan, mengawasi, dan mengevaluasi kegiatan dapur serta staf dapur.
  • Keterampilan berpikir kritis: kemampuan untuk menganalisis masalah, mencari solusi, membuat keputusan, serta melakukan perbaikan secara logis dan rasional.
  • Keterampilan beradaptasi: kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan situasi yang berubah-ubah, tantangan baru, permintaan pelanggan,dll.

Cara Menjadi Juru Masak

Untuk menjadi juru masak, ada beberapa langkah yang dapat diikuti. Berikut adalah beberapa langkah tersebut:

  • Menentukan minat, bakat, dan tujuan karier dalam bidang kuliner.
  • Memilih jalur pendidikan formal yang sesuai dengan minat, bakat, dan tujuan karier, seperti akademi perhotelan, sekolah pariwisata, atau sekolah tata boga.
  • Mengikuti program pendidikan formal dengan tekun, rajin, dan disiplin serta memanfaatkan fasilitas dan sumber belajar yang tersedia.
  • Mengikuti magang atau pelatihan di bawah bimbingan juru masak berpengalaman di hotel, restoran, katering, atau tempat makan lainnya untuk memperoleh pengalaman kerja, koneksi profesional, serta sertifikat atau lisensi yang dapat meningkatkan kredibilitas.
  • Mencari dan melamar pekerjaan sebagai juru masak di tempat yang sesuai dengan minat, bakat, dan tujuan karier serta menunjukkan kinerja yang baik dan profesional.
  • Mengembangkan keterampilan dan pengetahuan secara terus-menerus dengan mengikuti pelatihan, seminar, workshop, atau kursus yang relevan dengan bidang kuliner.
  • Melakukan inovasi dan kreasi dalam mengembangkan hidangan baru yang sesuai dengan tren kuliner terkini serta membangun reputasi dan portofolio sebagai juru masak.

Jenjang Karir Juru Masak

Jenjang karir juru masak dapat bervariasi tergantung pada spesialisasi, posisi, dan tempat kerja mereka. Secara umum, beberapa jenjang karir juru masak adalah:

  • Pembantu dapur: merupakan posisi paling dasar di dapur yang bertugas untuk membantu juru masak dalam menyiapkan bahan-bahan masakan, membersihkan dapur dan peralatan masak, serta melakukan tugas-tugas sederhana lainnya.
  • Juru masak junior atau juru masak dapur (range chef): merupakan posisi yang bertugas untuk memasak hidangan sesuai dengan resep dan standar yang ditentukan oleh juru masak bagian atau juru masak kedua.
  • Juru masak bagian (chef de partie): merupakan posisi yang bertugas untuk menangani daerah pembuatan makanan tertentu, seperti saus, sup, sayuran, daging, ikan, roti, kue, atau es krim.
  • Juru masak kedua (sous chef): merupakan posisi yang bertindak sebagai orang kedua di dapur yang bertugas untuk mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan juru masak bagian dan juru masak junior serta membantu juru masak kepala dalam merencanakan menu dan resep.
  • Juru masak kepala (chef de cuisine): merupakan posisi tertinggi di dapur yang bertugas untuk merencanakan menu dan resep, menentukan dan menakar bahan-bahan masakan, mengawasi dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan dapur serta staf dapur, serta melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap menu, resep, proses masak, dan pelayanan hidangan.

Yang Harus Kalian Ketahui Juru Masak

Sebelum bekerja sebagai juru masak, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Beberapa hal tersebut adalah:

  • Bekerja sebagai juru masak membutuhkan dedikasi, komitmen, dan passion yang tinggi terhadap bidang kuliner.
  • Bekerja sebagai juru masak membutuhkan fisik dan mental yang kuat karena harus berdiri lama di dapur yang panas dan berisik serta menghadapi tekanan waktu dan permintaan pelanggan yang bervariasi.
  • Bekerja sebagai juru masak membutuhkan kerjasama tim yang baik karena harus berinteraksi dengan rekan kerja, atasan, dan pihak lainnya secara efektif dan sopan.
  • Bekerja sebagai juru masak membutuhkan pembelajaran seumur hidup karena harus mengikuti perkembangan tren kuliner terkini serta mengembangkan keterampilan dan pengetahuan secara terus-menerus.
  • Bekerja sebagai juru masak membutuhkan kreativitas dan inovasi karena harus mengembangkan hidangan baru yang sesuai dengan selera dan kebutuhan pelanggan serta membangun reputasi dan portofolio sebagai juru masak

Profesi Lainnya

Display Designer Merchandiser

Display Designer Merchandiser

Pekerjaan sebagai Display Designer Merchandiser merupakan perpaduan antara kreativitas dan strategi pemasaran yang bertujuan untuk mengoptimalkan tampilan produk di toko atau ruang ritel. Seorang Display

Read More »
profesi auditor

Auditor

Profesi auditor adalah salah satu peran kunci dalam dunia bisnis dan keuangan. Auditor bertanggung jawab untuk mengevaluasi, menganalisis, dan memeriksa catatan keuangan suatu organisasi. Mereka

Read More »
profesi pustakawan

Pustakawan

Profesi pustakawan memainkan peran penting dalam mengelola, menyusun, dan mempertahankan koleksi buku dan materi pustaka di perpustakaan. Seorang pustakawan bertanggung jawab untuk memastikan akses mudah

Read More »
profesi auditor

Auditor

Untuk memiliki keuangan yang sehat, setiap lembaga, instansi ataupun perusahaan memerlukan peran seorang auditor. Sebenarnya apa pengertian auditor tersebut? Auditor merupakan seseorang yang memeriksa dan

Read More »
profesi enumerator

Enumerator

Enumerator adalah pekerjaan yang bertugas untuk mengumpulkan data dari responden melalui wawancara, survei, atau sensus. Enumerator biasanya bekerja untuk lembaga penelitian, pemerintah, atau organisasi non-pemerintah

Read More »
profesi bartender

Bartender

Bartender adalah orang yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan menyajikan minuman beralkohol dan non-alkohol di bar, pub, klub, hotel, restoran, atau tempat hiburan lainnya. Bartender

Read More »