mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Market Researcher

Market researcher adalah seorang profesional yang melakukan analisis pasar dan mengumpulkan data untuk membantu perusahaan membuat keputusan strategis.

market researcher

Deskripsi Profesi Market Researcher

Market researcher adalah seorang profesional yang melakukan analisis pasar dan mengumpulkan data untuk membantu perusahaan membuat keputusan strategis. Tugas utama market researcher adalah mengidentifikasi tren pasar, memahami preferensi konsumen, dan mengumpulkan informasi yang relevan untuk membantu perusahaan dalam pengembangan produk, penentuan harga, pemasaran, dan perencanaan strategis. Mereka menggunakan berbagai metode penelitian seperti survei, wawancara, analisis statistik, dan pengamatan untuk mendapatkan wawasan yang mendalam tentang pasar dan pelanggan.

Market researcher menggunakan berbagai metode penelitian, seperti survei, wawancara, pengamatan, dan analisis statistik, untuk mengumpulkan data yang akurat. Mereka menganalisis data tersebut dengan seksama untuk mengidentifikasi pola, tren, dan wawasan yang dapat memberikan informasi berharga kepada perusahaan. Berdasarkan hasil analisis tersebut, market researcher menyusun laporan penelitian yang komprehensif dan memberikan rekomendasi strategis kepada pihak manajemen.

Pekerjaan market researcher melibatkan pemahaman yang mendalam tentang pasar dan konsumen. Mereka harus mampu mengidentifikasi segmen pasar yang tepat, memahami perilaku dan preferensi konsumen, serta mengamati perubahan tren dan kebutuhan pasar. Dengan demikian, market researcher membantu perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang efektif, mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, dan menjaga daya saing perusahaan di pasar yang kompetitif.

Market researcher juga memantau kinerja produk dan mempelajari aktivitas pesaing di pasar. Dengan memahami bagaimana produk perusahaan dan pesaing diadopsi oleh konsumen, market researcher dapat memberikan informasi penting tentang keberhasilan kampanye pemasaran, kelemahan produk, serta peluang baru yang mungkin dapat dimanfaatkan oleh perusahaan.

Dalam era digital dan globalisasi, market researcher juga menggunakan teknologi dan alat analisis data yang canggih untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi penelitian. Mereka dapat mengumpulkan data dari berbagai sumber, seperti media sosial, platform e-commerce, atau database industri, untuk mendapatkan wawasan yang lebih komprehensif tentang pasar.

Pekerjaan market researcher membutuhkan keterampilan analitis yang kuat, kemampuan komunikasi yang baik, dan pemahaman yang mendalam tentang metodologi penelitian pasar. Keahlian dalam penggunaan alat analisis statistik dan pemodelan data juga sangat dihargai. Selain itu, market researcher harus mampu bekerja dalam tim, beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar, dan memiliki ketelitian serta kecermatan dalam mengolah data.

Secara keseluruhan, market researcher merupakan peran yang penting dalam dunia bisnis modern, membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang didasarkan pada informasi yang akurat tentang pasar dan konsumen.

Jobdesk Market Researcher

Tugas dan tanggung jawab seorang market researcher dapat mencakup hal-hal berikut:

  1. Merancang dan melaksanakan studi pasar untuk mengumpulkan data yang relevan.
  2. Menganalisis data untuk mengidentifikasi tren pasar, preferensi konsumen, dan peluang bisnis.
  3. Mengumpulkan data melalui survei, wawancara, pengamatan, atau pengumpulan data sekunder.
  4. Menerapkan metode analisis statistik untuk menginterpretasikan data dan menghasilkan wawasan yang berharga.
  5. Menyusun laporan penelitian yang jelas dan terstruktur untuk disajikan kepada pihak manajemen.
  6. Memberikan rekomendasi strategis berdasarkan temuan penelitian.
  7. Memantau dan menganalisis kinerja produk dan pasar bersaing.
  8. Mengikuti perkembangan tren pasar dan inovasi di industri terkait.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Market Researcher

Untuk berhasil sebagai market researcher, ada beberapa keahlian yang harus dimiliki:

  1. Kemampuan analitis: Kemampuan untuk menganalisis data dengan menggunakan metode statistik dan teknik analisis lainnya.
  2. Pemahaman pasar: Pengetahuan mendalam tentang tren pasar, perilaku konsumen, dan dinamika industri.
  3. Kemampuan komunikasi: Kemampuan untuk mengkomunikasikan temuan penelitian secara efektif kepada pihak manajemen dan tim internal.
  4. Keahlian teknis: Penguasaan alat dan teknik penelitian pasar, termasuk survei, wawancara, dan analisis data.
  5. Pemikiran strategis: Kemampuan untuk melihat gambaran besar dan memberikan rekomendasi strategis berdasarkan analisis pasar.
  6. Kemampuan interpersonal: Kemampuan untuk bekerja sama dalam tim dan berinteraksi dengan berbagai pihak terkait, termasuk konsumen dan rekan bisnis.

Cara Menjadi Market Researcher

Cara Menjadi Market Researcher

Market researcher adalah orang yang melakukan penelitian pasar untuk mengumpulkan dan menganalisis data tentang konsumen, pesaing, dan tren industri. Market researcher bertanggung jawab untuk menyusun kuesioner, mengadakan survei, wawancara, atau kelompok fokus, serta menyajikan hasil penelitian dalam bentuk laporan, grafik, atau tabel.

Untuk menjadi market researcher yang handal, Anda perlu memiliki beberapa keterampilan dan kualifikasi berikut:

– Lulusan sarjana atau magister di bidang pemasaran, statistik, ekonomi, psikologi, atau ilmu sosial lainnya.
– Memiliki pengalaman kerja di bidang penelitian pasar, baik sebagai pegawai atau konsultan.
– Menguasai berbagai metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, serta alat-alat analisis data seperti SPSS, Excel, atau R.
– Mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tertulis, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
– Memiliki kemampuan analitis, kritis, dan kreatif dalam menafsirkan dan menyimpulkan data.
– Memiliki sikap profesional, etis, dan objektif dalam melakukan penelitian pasar.
– Bersedia bekerja di bawah tekanan dan tenggat waktu yang ketat.

Jika Anda tertarik untuk menjadi market researcher, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

– Mencari lowongan pekerjaan sebagai market researcher di berbagai media online atau offline, seperti situs web perusahaan, portal karir, koran, atau majalah.
– Menyiapkan CV dan surat lamaran yang menarik dan sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh perusahaan.
– Melakukan riset tentang perusahaan yang Anda lamar, termasuk visi, misi, produk, layanan, target pasar, dan nilai-nilai yang mereka junjung.
– Menghadapi proses seleksi yang mungkin meliputi tes tertulis, psikotes, wawancara, atau presentasi.
– Menunjukkan keterampilan dan kompetensi Anda sebagai market researcher dengan memberikan contoh-contoh proyek penelitian yang pernah Anda kerjakan atau terlibat di dalamnya.
– Menegosiasikan gaji dan tunjangan yang sesuai dengan kualifikasi dan pengalaman Anda.

Demikianlah cara menjadi market researcher yang dapat Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda mencapai karir impian Anda di bidang penelitian pasar. Selamat mencoba!

Jenjang Karir Market Researcher

Jenjang Karir market researcher

Market researcher adalah salah satu profesi yang menarik dan menantang di era digital saat ini. Seorang market researcher bertugas untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data tentang pasar, konsumen, dan kompetitor. Data ini kemudian digunakan untuk membantu perusahaan dalam membuat keputusan strategis, mengembangkan produk atau layanan baru, atau meningkatkan kinerja bisnis.

Seorang market researcher harus memiliki kemampuan analitis yang tinggi, keterampilan komunikasi yang baik, dan pengetahuan tentang berbagai metode penelitian pasar, seperti survei, wawancara, observasi, eksperimen, atau focus group. Selain itu, seorang market researcher juga harus menguasai berbagai alat dan teknologi yang digunakan untuk mengolah dan menyajikan data, seperti spreadsheet, software statistik, dashboard, atau visualisasi data.

Jenjang karir seorang market researcher bisa bervariasi tergantung pada industri, perusahaan, dan pengalaman yang dimiliki. Secara umum, ada beberapa tingkatan karir yang bisa dicapai oleh seorang market researcher, yaitu:

– Market research assistant: merupakan posisi awal bagi seorang market researcher. Tugas utamanya adalah membantu market research manager atau market research analyst dalam melakukan penelitian pasar, seperti mendesain kuesioner, mengumpulkan data, melakukan analisis sederhana, atau membuat laporan.
– Market research analyst: merupakan posisi lanjutan bagi seorang market researcher. Tugas utamanya adalah melakukan penelitian pasar secara mandiri atau bersama tim, mulai dari merencanakan penelitian, menentukan metode dan sampel penelitian, mengumpulkan dan menganalisis data secara mendalam, hingga menyajikan hasil dan rekomendasi penelitian kepada klien atau stakeholder internal.
– Market research manager: merupakan posisi senior bagi seorang market researcher. Tugas utamanya adalah mengelola dan mengawasi proyek-proyek penelitian pasar yang dilakukan oleh tim market research analyst atau market research assistant. Selain itu, market research manager juga bertanggung jawab untuk merumuskan tujuan dan strategi penelitian pasar sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan.
– Market research director: merupakan posisi tertinggi bagi seorang market researcher. Tugas utamanya adalah menentukan arah dan visi penelitian pasar perusahaan secara keseluruhan. Market research director juga bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memimpin tim market research manager yang terdiri dari berbagai spesialisasi penelitian pasar. Selain itu, market research director juga berperan sebagai penghubung antara perusahaan dengan klien atau pihak eksternal lainnya yang terkait dengan penelitian pasar.

Untuk mencapai jenjang karir yang lebih tinggi sebagai market researcher, seorang market researcher harus terus meningkatkan kompetensi dan kualifikasinya. Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seorang market researcher untuk memajukan karirnya adalah:

– Mengikuti pelatihan atau sertifikasi profesional yang berkaitan dengan penelitian pasar, seperti Certified Market Research Professional (CMRP), Professional Researcher Certification (PRC), atau Certified Analytics Professional (CAP).
– Menambah pengetahuan dan wawasan tentang industri atau sektor tertentu yang menjadi fokus penelitian pasar, seperti otomotif, kesehatan, pendidikan, atau teknologi.
– Membangun jaringan profesional dengan sesama market researcher atau praktisi penelitian pasar lainnya, baik melalui organisasi profesional, komunitas online, atau acara-acara seperti seminar, workshop, atau konferensi.
– Mencari mentor atau coach yang bisa memberikan bimbingan dan saran tentang karir sebagai market researcher.
– Mencari peluang untuk menangani proyek-proyek penelitian pasar yang lebih besar, kompleks, atau menantang yang bisa menunjukkan kemampuan dan prestasi sebagai market researcher.

Menjadi seorang market researcher adalah pilihan karir yang menjanjikan di masa depan. Dengan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin cepat dan luas, kebutuhan akan data dan insight tentang pasar juga semakin meningkat. Seorang market researcher yang memiliki kemampuan dan kualifikasi yang baik bisa menjadi aset berharga bagi perusahaan atau organisasi yang ingin bersaing dan berkembang di pasar global.

Yang Harus Kalian Ketahui Market Researcher

Sebelum memutuskan untuk bekerja sebagai market researcher, ada beberapa hal yang perlu diketahui:

  1. Tantangan: Pekerjaan ini dapat menantang karena mengharuskan analisis data yang mendalam dan pemahaman yang kuat tentang pasar dan konsumen.
  2. Waktu dan tekanan: Pekerjaan ini seringkali memiliki tenggat waktu yang ketat dan membutuhkan kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan.
  3. Kemajuan teknologi: Seiring dengan perkembangan teknologi, market researcher perlu terus memperbarui keahlian mereka untuk menggunakan alat dan teknik terbaru dalam penelitian pasar.
  4. Pembaruan tren pasar: Tren pasar dapat berubah dengan cepat, oleh karena itu market researcher perlu tetap up-to-date dengan perubahan terbaru dan inovasi di industri terkait.

Profesi Lainnya

profesi akuntan publik

Akuntan Publik

Pekerjaan “Akuntan Publik” adalah pekerjaan di bidang akuntansi yang melibatkan pemberian layanan akuntansi dan audit kepada klien eksternal. Seorang akuntan publik bertanggung jawab untuk mengaudit

Read More »
profesi digital marketing

Digital Marketing Specialist

Percaya atau tidak digital marketing di era saat ini menjadi salah satu kunci sukses dalam memasarkan produk baik itu jasa maupun barang. Secara umum digital marketing adalah suatu

Read More »
profesi trafel agen

Travel Agen

Pekerjaan seorang Travel Agen melibatkan organisasi dan pengaturan perjalanan untuk individu atau kelompok yang ingin menjelajahi dunia. Sebagai seorang travel agen, Anda akan menjadi ahli

Read More »
profesi penjualan / sales

Penjualan / Sales

Apa itu Penjualan / Sales? Penjualan sales adalah proses menjual produk atau jasa kepada pelanggan dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Penjualan sales melibatkan berbagai aktivitas seperti

Read More »
profesi ilustrator

Ilustrator

lustrator adalah seorang seniman atau desainer grafis yang membuat gambar atau ilustrasi untuk media cetak atau digital, seperti buku, majalah, iklan, poster, kartu ucapan, situs

Read More »
finansial planner

Financial Planner

Financial Planner adalah seorang profesional yang ahli dalam merencanakan, mengelola, dan mengoptimalkan keuangan individu, keluarga, atau perusahaan. Tugas utama mereka adalah membantu klien mencapai tujuan

Read More »