mployee logo
gaji kerja di bumn lulusan s1

Gaji Kerja di BUMN Lulusan S1 di Berbagai Perusahaan

Gaji Kerja di BUMN Lulusan S1 – Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kerapkali dilirik banyak masyarakat Indonesia sebagai jenjang karir yang menjanjikan. Selain itu gaji kerja di BUMN juga menjadi pertimbangan utama para calon kandidat.

Adapun berbagai perusahaan BUMN di Indonesia seperti PT Pertamina (Persero), BTN, Mandiri, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Brantas Abipraya (Persero), PT Perum Blog, PT Garuda Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero), Mandiri, PT KAI dan lain sebagainya.

Untuk selengkapnya berikut Mployee akan mengulas mengenai beberapa gaji kerja di BUMN lulusan S1 di berbagai perusahaan.

Gaji kerja di BUMN lulusan S1

Untuk selengkapnya berikut ini beberapa daftar gaji kerja di BUMN lulusan S1 di berbagai perusahaan dan posisinya bersumber dari berbagai media.

Gaji pegawai PT KAI setiap bulan

PT KAI merupakan BUMN yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. Adapun layanan PT KAI meliputi angkutan barang dan penumpang. Berikut ini sebagian posisi yang terdapat di perusahaan PT KAI.

Executive vice president

Executive VP memiliki peran penting dalam memimpin pelaksanaan strategi pengembangan bisnis sebuah perusahaan. Gaji executive vice president PT KAI setiap bulannya berkisar Rp 42,5 juta. Posisi VP sendiri merupakan posisi tertinggi dalam sebuah struktur organisasi yang memiliki wewenang untuk mengambil kebijakan yang bersifat strategis, mengarahkan , dan bertanggung jawab pada seluruh kegiatan

Kondektur

Kondektur adalah bagian dari staff KAI yang bertanggung jawab dalam operasional dan keselamatan penumoang. Umumnya seorang kondektur akan memberikan informasi kepada penumpang dan melayani berbagai kebutuhan penumpang kereta api. Gaji kondektur PT KAI sendiri kira-kira Rp 6,5 juta.

Masinis

Seperti yang kita tahu masinis merupakan pegawai yang bertugas untuk mengoperasikan kereta api sekaligus pemimpin selama dalam perjalanan kereta api. Adapun gaji kerja di BUMN lulusan S1 untuk posisi masinis di PT KAI adalah Rp 13 juta.

Baca Juga: Gaji Kerja di BCA

Gaji kerja di BUMN lulusan S1 PT Pertamina

PT Pertamina merupakan perusahaan BUMN yang bertugas untuk mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. Kegiatan usaha Pertamina Hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas, dan panas bumi. Untuk kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas dilakukan di beberapa wilayah Indonesia maupun di luar negeri.

Reservoir engineer 

Reservoir engineering adalah cabang dari “Petroleum Engineering” yang memiliki tugas utama dalam peramalan laju produksi dan jumlah minyak atau gas yang dapat diproduksi suatu sumur, sekelompok sumur, atau seluruh reservoir. Gaji kerja sebagai reservoir engineer PT Pertamina adalah Rp 21,84 juta – Rp32,74 juta.

Pekerja kilang minyak

Pekerja kilang minyak termasuk pada kategori profesi di industri padat karya, lantaran sebuah kilang beroperasi selama 24 jam sehari atau 365 hari dalam setahun sehingga mengharuskaan para karyawan yang bekerja di kilang minyak harus bekerja ekstra tanpa libur.

Adapun kisaran gaji kerja di Pertamina dengan profesi sebagai pekerja kilang minyak adalah Rp 14 juta hingga Rp 26 juta. 

Staf akuntansi Pertamina

Seperti profesi akuntansi pada umumnya, seorang akuntan bertanggung jawab dalam mendokumentasikan transaksi keuangan, menyiapkan dan memeriksa faktur, menyiapkan laporan keuangan akhir tahun, membuat catatan dan evaluasi anggaran, dan berbagai tugas akuntansi lainnya. Sebagai informasi, staf akuntansi Pertamina memiliki gaji berkisar Rp 9,6 juta hingga Rp 10,5 juta.

Gaji kerja pegawai BUMN Telkom

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia.

Software engineer

Profesi ini bertanggung jawab dalam melakukan analisa, membuat rekayasa, menyusun spesifikasi, mengimplementasika dan menvalidasi suatu rancangan sistem perangkat lunak. Adapun gaji kerja di BUMN lulusan S1 adalah berkisar Rp 6,8 juta hingga Rp12,9 juta.

Staff customer service

Customer service bertanggung jawab memberikan pelayanan informasi yang baik terhadap apa yang dibutuhkan pelanggan Telkom dan masyarakat. Selain itu staff customer service juga menghandle dengan baik pada keluhan atau komplain yang disampaikan pelanggan Telkom. Adapun gaji kerja di BUMN lulusan S1 Telkom sekitar Rp 3 juta.

Marketing staff

Staff marketing merupakan karyawan yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam melaksanakan kebijakan manajemen untuk menyusun strategi penjualan sesuai dengan objek dan sasaran perusahaan. Umumnya tugasnya meliputi manajemen bidang penjualan produk, pelayanan jasa, melakukan penawaran produk, hingga memeriksa dokumen penjualan yang masuk atau keluar. Dilansir dari beberapa sumber, gaji kerja di BUMN lulusan S1 di Telkom adalah Rp 11 hingga Rp 13 juta.

Baca Juga: Gaji Kerja di Puskesmas

Gaji kerja pegawai Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu BUMN yang kerapkali menjadi incaran para pelamar. Bank Mandiri sendiri merupakan ank terbesar di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit.

Berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Berikut ini beberapa posisi dan gaji kerja di BUMN lulusan S1 di Bank Mandiri.

Front liner

Dalam dunia perbankan front liner bertugas untuk melayani nasabah secara langsung. Dalam hal ini front liner masuk dalam kategoru Customer Service (CS), receptionist, sales, teller, dan lain senbagainya. Dilansir dari Indeed, gaji front liner di ban Mandiri adalah Rp 4 hingga Rp 6 juta.

Berikut ini beberapa rincian gaji kerja di bank Mandiri

Teller: bertugas dalam melayani penarikan, transfer, penyetoran uang dari pelanggan, dan lain sebagainya. Gaji teller di bank Mandiri adalah Rp 4,5 juta

Customer service (CS): bertugas menangani nasabah, mencari dana masuk, menawarkan kredit produk bank, dan lainnya. Hal ini juga meliputi seperti processing, settlement, dan kliring. Gaji customer service (CS) di bank Mandiri adalah Rp 5 hingga 6 juta.

Credit Analys: tugas seorang credit analys adalah menganalisis data pinjaman dan pernyataan keuangan perorangan atau perusahaan. Ini akan menentukan risiko nasabah yang berkaitan dengan perpanjangan kredit atau peminjaman uang. Gaji seorang credit analys bank Mandiri adalah Rp 8 juta.

Internal Auditor: internal auditor di bank Mandiri akan bertugas untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas internal audit dengan penekanan pada bidang/aktivitas yang mempunyai risiko tinggi serta mengevaluasi prosedur/control system yang ada untuk memperoleh keyakinan bahwa tujuan dan sasaran bank dapat dicapai denga optimal dan berkesinambungan. Gaji internal auditor di bank Mandiri berkisar Rp 8 juta.

Jika diulas lebih mendalam perusahaan BUMN di Indonesia cukup banyak sekali. Seperti ulasan di atas, adapun beberapa perusahaan yang cukup dikenal seperti berbagai bank BUMN antara lain bank Mandiri, BRI, Mandiri, dan BTN.

Untik berbagai perusahaan BUMN lain yaitu PT KAI, Pertamina, Telkom dan masih banyak lagi. Itu lah gaji kerja di BUMN untuk lulusan S1 di berbagai perusahaan. Semoga membantu.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email