mployee logo
gaji kerja di pelabuhan

10 Daftar Gaji Kerja di Pelabuhan dan Posisinya

Gaji kerja di pelabuhan sering menjadi pertimbangan banyak pelamar untuk bisa bekerja dan bergabung di perusahaan yang berkaitan atau berlokasi dengan pelabuhan. Beberapa posisi pekerjaan di pelabuhan umumnya meliputi nahkoda, juru masak, mualim atau pemimpin kru kapal, dan lainnya.

Bagi sebagian orang yang bekerja di area pelabuhan merupakan cita-cita atau keinginan tersendiri. Tidak hanya gaji yang dirasa cukup besar, namun pengalaman sebagai pelaut menjadi satu hal luar biasa yang diinginkan sebagian orang.

Lantas apa saja posisi dan bagaimana gaji kerja di pelabuhan? Untuk selengkapnya berikut ini Mployee akan mengulas berbagai posisi kerja di pelabuhan beserta gajinya.

Namun perlu menjadi perhatiaan bahwa informasi gaji pada ulasan berikut ini tidak mutlak dan bersumber dari berbagai laman lain. Selain itu, gaji kerja di pelabuhan juga akan tergantung pada jabatan, lama bekerja, dan kebijakan masing-masing perusahaan.

Gaji Nahkoda

Nahkoda merupakan pemimpin tertinggi dalam kapal. Ia bertanggung jawab dalam keselematan dan kelancaran saat pengoperasian kapan. Tugas lainnya adalah memerintah, mengontrol, dan mengawasi sistem kerja yang telah ditetapkan dalam aturan perusahaan guna penunjang kelancaran operasional kapal. Meskipun begitu, di Indonesia sendiri profesi sebagai nahkoda masih kurang dilirik. Seorang nahkoda harus bergabung dengan pendidikan pelayaran. Pekerjaan ini cukup memiliki gaji yang menggiurkan.

Dilansir dari Detik, seorang pelaut pemula yang baru saja lulus kuliah pelayaran dengan posisi perwira di bawah nahkoda memiliki gaji sekitar Rp 4-5 juta per bulan. Jika bergabung bersama perusahaan asing bisa mencapai Rp 10 juta. Bahkan untuk nahkoda yang telah berpengalaman selama puluhan tahun bisa jadi memiliki gaji hingga Rp 100 juta.

Gaji Mualim di Kapal

Mualim merupakan bagian awak kapal yang terdiri dari tiga level yaitu mualim 1 (chief officer), mualim 2 (second officer), dan mualim 3 (third officer). Dilansir dari Quipper, adapun mualim 1 bertanggung jawab untuk memimpin semua kru kapal dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Mualim 2 bertugas terkait alat navigasi kapal, perencanaan perjalanan, perlengkapan radio hingga kelengkapan medis dan mualim 3 mengatur, memeriksa dan memelihara semua alat keselamatan di kapal.

Gaji mualim sendiri tergantung pada perusahaan masing – masing. Pada perusahaan luar negeri, gaji mualim di Indonesia sendiri akan disamakan dengan UMR masing-masing kota sekitar Rp 4-5 juta namun untuk  awak kapal yang bertugas dan bergabung di perusahaan luar negeri, gaji mualim mencapai hingga Rp 60 juta.

Gaji Markonis

Markonis adalah awak kapal yang bertugas sebagai operator radio dan alat komunikasi kapal dan sekaligus menjaga keselamatan kapal. Gaji markonis juga biasanya disesuaikan dengan kebijakan UMR kota, perusahaan, dan lain sebagainya. Namun jika bergabung di perusahaan pelayaran luar negeri gaji seorang markonis bisa mencapai puluhan juta.

Gaji Chief Engineer di Kapal

Chief engineer dalam perkapalan bertanggung jawab dalam operasi dan pemeliharaan semua mesin kapal serta bertanggung jawab atas pemeliharaan struktur mesin kapal. Profesi ini juga biasa disebut dengan pimpinan dan penanggung jawab atas semua mesin pada kapal baik mesin induk, mesin bantu, mesin pompa, crane, sekoci, dan lain sebagainya.

Gaji chief engineer dalam kapal umumnya berkisar hingga Rp 30 juta tergnatung pada jenis perusahaan, kebijakan, dan lama jabatan pekerjaan.

Gaji Bosun di Kapal

Profesi bosun merupakan bagian senior dalam kapal yang bertanggung jawab atas komponen-komponen lambung kapal. Seorang bosun juga akan bertugas untuk mengerjakan rencana pemeliharaan dan pembersihan tanki, membantu persiapan ballasting dan deballasting,  hingga penataan cadangan atau persediaan alat. Rentangf gaji bosun adalah Rp 18 – 28 juta. Hal ini juga tergantung pada kebijakan dan jenis perusahaan.

Selain beberapa posisi internal di kapal, salah satu yang perusahaan yang bergrak di bidang logistik dan berhubungan dengan pelabuhan adalah PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo.

Pelindo sendiri merupakan salah satu perusahaan BUMN terutama bergerak dalam bidang logistik terutama pengelolaan dan pengembangan pelabuhan. Saat ini Pelindo mengoperasikan 94 pelabuhan yang terletak di 32 Provinsi Indonesia.

Pelindo merupakan salah satu BUMN strategi dimana seluruh pelabuhan yang dikelola memiliki posisi yang signifikan dalam perhubungan jaringan perdangan internasional berbasis transportasi laut.  Berikut ini beberapa posisi dan gaji kerja di pelabuhan yaitu perusahaan PT Pelindo.

Staf teknik sipil di Kapal

Staf teknik sipil bertugas untuk melakukan studi teknis dan kelayakan serta pemeriksaan lokasi, selain itu ia juga mengkaji potensi risiko, melakukan manajemen risiko, hingga mengawasi prosedur tender dan mengumpulkan proposal. Gaji kerja di pelabuhan di perusahaan Pelindo di posisi staf teknik sipil berkisar Rp 7 juta.

Gaji Risk manajemen di Pelabuhan

Risk manajer atau manajer risiko merupakan seorang yang bertugas untuk bertanggung jawab dalam memprediksi dan mengelola seluruh risiko yang dimiliki perusahaan. Selain mengelola risiko perusahaan, ia juga ditugaskan untuk mengurangi dampak merygikan dari setiap risiko yang mengancam kemajuan perusahaan. Gaji kerja sebagai risk manajemen adalah Rp 4,9 juta hingga Rp 9 juta.

Gaji Staf administrasi di Pelabuhan

Setiap perusahaan sudah pasti memiliki staf bagian administrasi yang bertugas untuk mencatat berbagai keperluana administrasi perusahaan. Selain itu tugas staf admin lainnya adalah membuat agenda kantor, membuat surat, melakukan pengarsipan data, data entry, dan lain sebagainya. Gaji kerja di pelabuhan pada perusahaan Pelindo dengan posisi staf administrasi adalah Rp 3,5 juta hingga Rp 4,5 juta.

Gaji Staf akuntansi di Pelabuhan

Sama seperti staf administrasi, staf akunting atau akuntansi juga akan selalu dibutuhkan pada setiap perusahaan salah satunya pada perusahana logistik seperti Pelindo. Tugas dan tanggung jawab staf akuntansi adalah memeriksa dan melakukan verifikasi transaksi keuangan perusahaan, melakukan pencatatan dan dokumentasi, serta menyusun laporan keuangan. Gaji kerja sebagai akuntansi adalah sekitar Rp 3,5 juta hingga Rp 9 juta.

Gaji HRD di Pelabuhan

Setiap perusahaan tentu memiliki tim rekrutmen dan pengelolaan sumber daya manusia atau karyawan. Tak terkecuali dengan PT Pelindo. HRD merupakan salah satu bagian penting dari pengelolaan SDM perusahaan. Adapun tugas HRD adalah melakukan rekrutmen dan seleksi, mengatur kompensansi dan benefit yang diterima karyawan, manajemen absensi dan lain sebagainya. Untuk gaji HRD adalah sekitar Rp 5 hingga Rp 8 juta.

Gaji Legal staff

Perusahaan BUMN sebesar Pelindo tentu memiliki tim legal yang bertugas untuk menangani permasalahan hukum baik internal maupun eksternal, serta menjaga organisasi atau perusahaan terhindar dari permaslaahan hukum. Gaji seorang staff legal adalah Rp 4 juta hingga Rp 9 juta.

Itulah beberapa daftar gaji kerja di pelabuhan serta posisim, tugas dan tanggung jawabnya. Sebagai informasi sekali lagi bahwa posisi dan gaji kerja ini diambil dari berbagai sumber laman, blog, dan portal pekerjaan. Sehingga daftar gaji tersebut tidak tentu akan berbeda-beda tergantung pada posisi, perusahaan, UMR masing-masing kota, dan pengalaman. Semoga membantu.

Baca Juga:

Gaji Kerja di Pertamina

Gaji Kerja di Puskesmas

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email