mployee logo
gaji kerja di pertamina

Daftar Gaji Kerja di Pertamina Berbagai Posisi Terbaru 2022 

Gaji kerja di Pertamina memang menarik untuk diulas. Perusahaan BUMN ini tentu memiliki banyak peminat pelamar yang sangat tinggi. Salah satu faktor pertimbangannya adalah kisaran gaji yang menarik. 

Pertamina atau PT Pertamina (Persero) adalah sebuah perusahaan milik BUMN yang bertugas untuk mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. 

PT Pertamina (Persero) tentu memiliki berbagai posisi yang membutuhkan seorang yang ahli maupun berpengalaman untuk mengisinya. Posisi tersebut tentu memiliki standar gaji tersendiri menurut jabatan dan prestasi masing – masing individu. 

Umumnya, perekrutan PT Pertamina akan dilakukan secara terbuka baik melalui online atau offline. Untuk Anda yang tertarik melamar pekerjaan untuk posisi tertentu di Pertamina, berikut ini daftar gaji kerja di Pertamina berbagai posisi terbaru 2022. 

Petugas SPBU: Rp 1,9 juta hingga Rp 5,1 juta 

Pegawai magang bidang HSE (Health, Safety, and Environment): Rp 5,35 – Rp 5,7 juta 

Pegawai magang: Rp 1,76 juta hingga Rp 3,07 juta

Pustakawan (Librarian): Rp4,9 juta hingga Rp 5,2 juta 

Customer service: Rp 3,35 juta hingga Rp 3,64 juta 

HRD: Rp 12,8 juta – Rp 13,8 juta 

Staf akuntansi: Rp 9,6 juta – Rp 10, 5 juta 

Administrasi: Rp 19,4 juta hingga Rp 21,07 juta 

Engineer: Rp 19,4 juta – Rp 21,07 juta 

Pekerja kilang: Rp 14 juta hingga Rp 26 juta 

Reservoir engineer: Rp 21,84 juta hingga Rp 32,74 juta 

Pengawas HSE (HSE Supervisor): Rp 24,16 – Rp 26,3 juta 

Engineering manager: Rp 55,5 juta – Rp 59,9 juta

Manager IT solution: Rp 57,5 juta – Rp 62, 5 juta 

Chief supply chain: Rp 63,59 juta hingga Rp 68,97 juta 

Sebagai informasi, gaji – gaji tersebut bisa jadi berbeda menurut jabatan, level karyawan, dan prestasi masing – masing. 

Setelah meilihat berbagai daftar gaji kerja di Pertamina di berbagai posisi. Kamu tentu akan melihat beberapa nama profesi yang sedikit asing. Profesi – profesi tersebut erat kaitannya dengan pertambangan minyak. Berikut ini Mployee akan menguraikan ringkas beberapa posisi tersebut 

Reservoir engineer 

Reservoir engineering adalah cabang dari “Petroleum Engineering” yang memiliki tugas utama dalam peramalan laju produksi dan jumlah minyak atau gas yang dapat diproduksi suatu sumur, sekelompok sumur, atau seluru reservoir. 

Reservoir sering memiliki spesialisasi dalam dua bidang yaitu rekayasa pengawasan dan permodelan dinamis. 

Rekayasa pengawasan, yaitu pemantauan lapangan yang ada dan optimalisasi tingkat produksi dan injeksi. Seorang yang memiliki profesi ini biasanya menggunakan teknik analitis dan empiris untuk melakukan pekerjaan. Salah satu analisis tersebut adalah analisis kurva penurunan, pemodelan keseimbangan material, dan analisis aliran masuk atau keluar. 

Pemodelan dinamis, yaitu melakukan studi simulasi reservoir untuk menentukan rencana pengembangan reservoir minyak dan gas yang optimal. Insinyur reservoir biasanya melakukan dan mengintegrasikan tes sumur dalam data untuk reservoir dalam pengeboran panas bumi. 

Dilansir dari berbagai sumber, posisi reservoir engineering memiliki gaji berkisar Rp 21 juta hingga Rp 32 juta. 

Pekerja kilang minyak 

Kilang minyak sendiri merupakan fasilitas untuk mengolah atau memurnikan minyak mentah (crude oil) menjadi berbagai macam produk seperti minyak tanah, bensin, solar, avtur, dan lain -lain. 

Pekerja kilang minyak umumnya akan memiliki tugas untuk mengolah dan mengoperasikan terkait minyak bumi dan gas. Profesi ini memiliki tingkat risiko yang tinggi dan tentu dibutuhkan keahlian dan keterampilan terkait hal ini. Pekerja kilang minyak termasuk pada kategori profesi di industri padat karya, lantaran sebuah kilang beroperasi selama 24 jam sehari atau 365 hari dalam setahun sehingga mengharuskaan para karyawan yang bekerja di kilang minyak harus bekerja ekstra tanpa libur.

Adapun kisaran gaji kerja di Pertamina dengan profesi sebagai pekerja kilang minyak adalah Rp 14 juta hingga Rp 26 juta. 

Profil PT Pertamina (Persero) 

Setelah menilik besar gaji kerja di Pertamina, tentu menjadi sebuah pertimbangan bagi semua orang untuk dapat bergabung bersama Pertamina. Sebelum masuk bagaimana cara melamar di PT Pertamina Persero, berikut ini ulasan ringkas mengenai profil Pertamina. 

Nama Pertamina sendiri merupakan akronim dari Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara. PT Pertamina (Persero) merupakan BUMN yang bertugas mengelola pernambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. 

Perusahaan ini mengoperasikan 7 kilang minyak dengan kapasitas total 1.051.7 MBSD, pabrik petrokimia dengan kapasitas total 1.507.950 ton per tahun dan pabrik LPG dengan kapasitas total 102,3 juta ton per tahun. 

Pertamina merupakan hasil gabungan dari perusahaan Pertamin dengan Permina yang didirikan pada tanggal 10 Desember 1957. 

Cara melamar di PT Pertamina (Persero) 

Untuk kamu yang inginmelamar salah satu posisi di PT Pertamina Persero dapat mengunjungi laman resmi rekrutmen Pertamina di https://recruitment.pertamina.com/

Program rekrutmen Pertamina membuka berbagai lowongan untuk magang, lulusan baru, maupun tenaga berpengalaman. Adapun cara bergabungnya, buka laman resmi Pertamina, klik “Register” untuk pendaftaran akun pelamar, setelah itu lanjutkan instruksi selanjutnya untuk mengisi data melamar posisi yang telah dibuka. Pelamar juga diperkenankan hanya dapat melamar satu kali. 

Selain mengetahui informasi melalui laman resmi Pertamina, kamu juga dapat memantau Instagram Pertamina untuk informasi terkait rekrutmen Pertamina. Namun perlu diketahui, sebelum melamar beberapa posisi yang dibutuhkan diharapkan kamu telah memenuhi berbagai syarat yang diberlakukan. 

Tips melamar di perusahaan BUMN 

Setelah melihat berbagai daftar gaji kerja di Pertamina, mungkin kamu menjadi cukup tertarik untuk segera melamar di BUMN satu ini. Namun, sebelum melamar pastikan kamu telah mempersiapkan seluruh syarat yang telah ditetapkan perusahaan. Selain itu terdapat sedikit tips untuk kamu yang ingin melamar di perusahaan BUMN seperti PT Pertamina (Persero) 

Perhatikan IPK 

Jika kamu merupakan lulusan baru atau yang akan segera lulus dan memiliki tujuan melamar pekerjaan di sebuah BUMN, ada baiknya memperhatikan nilai atau IPK. Pasalnya, IPK umumnya menjadi tolak ukur perusahaan dalam proses rekrutmen tahap awal. Pastikan kamu memenuhi nilai IPK yang telah ditentukan PT Pertamina (Persero) 

CV 

Diharapkan kamu dapat mempersiapkan CV terbaik. Buatlah CV secara ATS Friendly. Jika memungkinkan kamu bisa mengikuti berbagai konsultasi untuk mengoreksi CV mu. CV merupakan dokumen paling awal yang akan dilihat oleh rekruter. Maka dari itu buatlah semaksimal dan seoptimal mungkin. 

Pengalaman magang 

Bergabung di perusahaan BUMN layaknya Pertamina Persero adakalanya kamu sudah memiliki pengalaman sebelumnya khususnya pada posisi yang kamu lamar. Ini akan menjadi nilai plus tersendiri jika kamu telah mengikuti magang saat masa perkuliahan maupun tahun pertama setelah kamu lulus. 

Baca juga:

Nah itulah ulasan mengenai gaji kerja di Pertamina di berbagai posisi. Selamat mencoba dan semoga sukses ya. 

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email