mployee logo
jhon-jim-5BIbTwXbTWk-unsplash

Contoh Visi Misi Perusahaan yang Baik dan Tips Membuatnya

Contoh Visi Misi Perusahaan yang Baik dan Tips Membuatnya – Visi dan misi adalah salah satu elemen dasar yang penting bagi perusahaan. Kebanyakan memiliki keduanya, beberapa hanya memiliki salah satunya. Baik itu hanya memilii visi atau misi. Tidak ada yang mengharuskan keduanya harus ada secara bersamaan. Sebab keduanya memiliki tujuan yang berbeda dan tidak dapat dibalik begitu saja.

Perbedaan Visi Misi

Maka, apa yang membedakan visi dan misi?

Visi dan misi dapat saling melengkapi dan berkaitan satu sama lain, tetapi keduanya memiliki tujuan yang berbeda. Sebab visi mendeskripsikan harapan dan impian perusahaan ke depannya. Kemudian misi mendeskripsikan apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai harapan dan impian tadi. Itulah perbedaan dasar visi misi.

Visi seharusnya berisi tentang kata-kata yang merepresentasikan semangat dan tujuan perusahaan yang ingin dicapai. Tujuan yang ditetapkan biasanya memiliki target waktu pencapaian antara lima hingga sepuluh tahun. Sehingga visi yang ditetapkan harapannya relevan dan selaras dengan tujuan perusahaan dalam jangka waktu tersebut.

Jika pada umumnya visi berisi satu kalimat, maka hal tersebut berbeda untuk misi. Berdasarkan pengertian misi yang telah disinggung sebelumnya, maka isi misi dapat terdiri dari beberapa poin. Isi poin-poin tersebut adalah hal-hal yang perlu dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai visi yang ditetapkan.

Setiap poin dalam misi yang dirumuskan mengarah pada satu tujuan yang juga sudah dirumuskan dalam visi. Sebaiknya keduanya dirumuskan dengan cara fokus pada tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Oleh sebab itu, penting sekali dalam merumuskan visi misi perusahaan memperhatikan kesinambungan antara visi dan misi.

 Dalam merumuskan visi misi perusahaan, ada beberapa poin yang harus dipenuhi. Poin-poin tersebut juga cenderung hanya berlaku berbeda bagi visi dan misi. Sehingga diperlukan deskripsi tentang poin-poin yang diperlukan untuk merumuskan visi dan misi secara terpisah. Berikut penjelasannya.

Poin-poin yang perlu dipenuhi untuk merumuskan visi:

a. Memikirkan tujuan jangka panjang

b. Fokus pada apa yang ingin diraih di masa depan

c. Tidak bersifat teknis, melainkan filosofis

d. Mempertimbangkan etika, prinsip, dan norma yang berlaku di masyarakat dan dalam dunia bisnis

Poin-poin yang perlu dipenuhi untuk merumuskan misi:

a. Merumuskan apa saja yang perlu dilakukan agar visi tercapai

b. Menerjemahkan tujuan perusahaan

c. Setiap misi yang dirumuskan bersifat memungkinkan untuk dilaksanakan dan cenderung teknis

Pentingnya Visi Misi Perusahaan

Visi misi tidak hanya dirumuskan untuk dipajang di kantor sebagai penambah nilai keestetikan kantor atau situs perusahaan untuk dilihat oleh publik. Dalam visi misi yang ditetapkan perusahaan, di dalamnya terdapat nilai filosofis yang harapannya didukung oleh pegawai untuk memotivasi mereka.

Memastikan seluruh pegawai atau pihak yang berkaitan dengan perusahaan mendukung visi misi itu penting. Sepenting dan sebagus apapun visi misi dirumuskan oleh pihak atasan, visi misi juga harus didukung oleh pegawai. Sebab pegawai berperan sebagai penggerak perusahaan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

Visi misi perusahaan juga penting dalam hal mengarahkan aktivitas perusahaan. Sebab apabila perusahaan beraktivitas tanpa memiliki tujuan dalam visi misi, aktivitas mereka pun cenderung tidak terarah. Adanya visi misi membantu memberikan motivasi, mengoptimalkan, dan meningkatkan fokus kepada semua yang terlibat dalam membangun perusahaan tersebut.

Selanjutnya, visi misi perusahaan berfungsi dalam menetapkan dan mempromosikan standar perusahaan.  Sebab visi misi dapat menjadi pedoman bagi perusahaan dalam pembuatan keputusan yang memiliki kepentingan dengan perusahaan. Hal ini mencegah perusahaan terdistraksi dan bergerak ke yang tidak sesuai dengan tujuannya. Sehingga visi misi yang baik memudahkan perusahaan dalam hal melihat batasan-batasannya.

Publik dapat mengakses visi misi perusahaan melalui situs. Adanya visi misi yang baik dapat meningkatkan reputasi perusahaan di mata publik. Jika dikombinasikan dengna kenyataan perusahaan memang memiliki reputasi yang baik, dapat disimpulkan visi misi tersebut baik dan tepat dengan tujuan perusahaan.

Tips Merumuskan Visi Misi Perusahaan yang baik

 Merumuskan visi misi perusahaan yang baik bukanlah suatu rahasia besar dan tidak mungkin dilakukan. Sebagaimana ada banyak perusahaan yang sukses mencapai tujuannya dapat dipelajari dari visi misi perusahaannya. Beberapa tips berikut dapat dipelajari untuk merumuskan visi misi perusahaan.

1. Tentukan tujuan perusahaan

Poin pertama ini adalah yang paling utama. Sebelum mulai merumuskan visi misi perusahaan, perlu mengidentifikasi dan menentukan tujuan apa yang ingin diwujudkan oleh perusahaan. Jika tujuan atau cita-cita yang ingin dicapai perusahaan sudah ditetapkan, kemudian rumuskan ke dalam visi dan misi.

2. Buat visi misi yang menunjukkan sisi optimis dan ambisi perusahaan

Isi visi dan misi yang dirumuskan harus menunjukkan pandangan perusahaan yang bersifat optimis, ambisius, dan positif. Dengan mempertimbangkan aspek tersebut, pergerakan aktivitas perusahan juga dapat mengarah ke arah yang lebih positif juga. Sebab visi misi yang positif juga dapat mendorong sugesti sehingga ikut meningkatkan rasa percaya diri pegawai.

3. Buat visi misi yang persuasif dan dapat dimengerti pembacanya

Visi misi tidak hanya menjadi pedoman bagi perusahaan. Visi misi juga dapat diakses oleh publik. Ketika isi visi misi perusahaan dapat dimengerti dan tersampaikan kepada pembacanya, hal ini memberikan keuntungan baik secara langsung maupun tidak. Salah satunya adalah nilai perusahaan dapat langsung ditangkap oleh pembacanya.

Selain itu, visi misi yang persuasif juga dapat menarik kandidat pegawai yang diharapkan. Bagi kandidat yang ingin mengikuti perekrutan ketika perusahaan membuka lowongan pekerjaan, mereka ingin tahu apa yang menjadi tujuan dan pedoman perusahaan. Jika visi misi perusahaan sesuai dengan apa yang diyakini oleh kandidat, akhirnya dapat mendorong orang untuk melamar bekerja di perusahaan tersebut.  

4. Perbanyak referensi dari contoh-contoh visi misi perusahaan yang sukses

Memperbanyak referensi visi misi dari perusahaan yang sukses sangat tepat dilakukan untuk dapat menentukan visi misi yang sesuai dengan perusahaan sendiri. Mulai dengan cari apa saja perusahaan yang memiliki kesamaan bidang dan dianggap sukses. Selanjutnya cari tahu tentan visi misi mereka. Lalu akan tergambarkan visi misi yang dirasa sesuai untuk perusahaan sendiri.

Contoh-Contoh Visi Misi Perusahaan di Indonesia yang baik

Berikut beberapa contoh visi misi perusahaan di Indonesia. Contoh-contoh berikut merepresentasikan visi misi yang tepat dan baik. Selain itu, variasi contoh berikut memberikan gambaran bahwa tidak ada aturan khusus tentang visi misi dan dapat dirumuskan sesuai dengan kepentingan, keinginan, kebutuhan, dan tujuan perusahaan.

1. Tempo (media)

Visi

Menjadi acuan dalam usaha meningkatkan kebebasan publik untuk berpikir dan berpendapat serta membangun peradaban yang menghargai kecerdasan dan perbedaan.

Misi

  • Menghasilkan produk multimedia yang independen dan bebas dari segala tekanan dengan  menampung dan menyalurkan secara adil suara yang berbeda-beda.
  • Menghasilkan produk multimedia bermutu tinggi dan berpegang pada kode etik.
  • Menjadi tempat kerja yang sehat dan menyejahterakan serta mencerminkan keragaman Indonesia.
  • Memiliki proses kerja yang menghargai dan memberi nilai tambah kepada semua pemangku kepentingan.
  • Menjadi lahan kegiatan yang memperkaya khazanah artistik, intelektual, dan dunia bisnis melalui pengingkatan ide-ide baru, bahasa, dan tampilan visual yang baik.
  • Menjadi pemimpin pasar dalam bisnis multimedia dan pendukungnya.

Sumber: tempo.id

2. TVRI (media)

Visi

Visi Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (TVRI) adalah menjadi lembaga penyiaran kelas dunia yang memotivasi dan memberdayakan, melalui program informasi, pendidikan, dan hiburan yang menguatkan persatuan dan keberagaman guna meningkatkan martabat bangsa.

Misi

Misi Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia adalah :

  • Menyelenggara program siaran yang terpercaya, memotivasi, dan memberdayakan yang menguatkan kesatuan dan keberagaman guna meningkatkan martabat bangsa.
  • Mengelola sumber daya keuangan dengan tata kelola yang transparan, akuntabel dan kredibel, secara profesional, modern, serta terukur kemanfaatannya.
  • Menyelenggarakan penyiaran berbasis digital konvergensi dalam bentuk layanan multiplatform dengan menggunakan teknologi terkini, yang dikelola secara modern dan tepat guna, serta dapat diakses secara global.
  • Menyelenggarakan tata kelola sumber daya manusia yang berkualitas, kompeten, kreatif dan beretika secara transparan berbasis meritokrasi, serta mencerminkan keberagaman.
  • Menyelenggarakan tata kelola kelembagaan beserta tata kerjanya yang ramping dan dinamis, serta pengelolaan aset secara optimal dan tepat guna berdasarkan peraturan perundang-undangan.
  • Mengoptimalkan pemanfaatan aset, meningkatkan pendapatan siaran iklan, dan usaha lain terkait penyelenggaraan penyiaran, serta pengembangan bisnis sesuai peraturan perundang-undangan.

Sumber: tvri.go.id

3. PT. Elnusa Tbk (industri jasa energi)

Visi

Perusahaan Jasa Energi Terkemuka yang Memberikan Solusi Total

Misi

  • Meningkatkan kelangsungan bisnis yang berkelanjutan dan menguntungkan dalam industri energi dalam negeri dan internasional untuk memenuhi harapan pemegang saham.
  • Memenuhi dan menjaga kepuasan pelanggan dengan memberikan Solution Total melalui sinergi, operational Excellence, HSSE, dan prinsip-prinsip GCG.
  • Meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan untuk berkembang bagi karyawan.
  • Membangun hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan dengan pemerintah, mitra, dan masyarakat.

Nilai-nilai perusahaan

Clean: Memiliki integritas, komitmen tinggi, dan dapat diandalkan dalam menjalankan setiap aktivitas bisnis perusahaan.

Respectful: Terpercaya di dalam komunitas bisnis dan lingkungan karena memiliki keahlian dan semangat yang tinggi di bidangnya dalam menyelesaikan pekerjaan secara cepat dan akurat, memahami

kebutuhan pelanggan, memberikan pelayanan terbaik untuk mencapai kepuasan pelanggan serta menjadikan keselamatan kerja sebagai prioritas utama dalam melaksanakan setiap aktivitas.

Synergy: Bersikap proaktif menjalin kerja sama dengan pelanggan, mitra usaha, masyarakat, karyawan dan pemegang saham.

Sumber: elnusa.co.id

4. PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (perusahaan makanan)

Visi

Produsen barang-barang konsumsi yang terkemuka

Misi

  • Senantiasa melakukan inovasi, fokus pada kebutuhan pelanggan, menawarkan merek-merek unggulan dengan kinerja yang tidak tertandingi
  • Menyediakan produk berkualitas yang merupakan pilihan pelanggan
  • Senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan, proses produksi dan teknologi kami
  • Memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan
  • Meningkatkan stakeholders’ values secara berkesinambungan

Sumber: upperline.id

5. PT. Sariguna Primatirta Tbk / Tanobel (perusahaan minuman)

Visi

Menjadi perusahaan minuman nasional yang terdepan di Indonesia

Misi

Menghasilkan produk minuman yang berkualitas tinggi, inovatif dan mudah didapatkan melalui proses produksi yang berstandard internasional dan terintegrasi dengan jaringan manufaktur yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sumber: upperline.id

6. Somethinc (produk kecantikan dan e-commerce)

Visi dan misi

Membangun Somethinc sebagai startup beauty brand yang bisa go global, sehingga konsumen mancanegara bisa mendapatkan produk skincare terbaik di kelasnya, yaitu produk Somethinc dari Indonesia.

Sumber: hypeabis.id

7. PT. Lemonilo Indonesia Sehat (produk makanan dan e-commerce)

Visi

Menciptakan Indonesia yang lebih sehat dan produktif

Sumber: lemonilo.com

Baca Juga:

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email