mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Welder

Welder adalah salah satu profesi yang bertugas untuk mengelas atau menyambung benda-benda yang terbuat dari logam seperti baja, aluminium, tembaga, kuningan dan jenis logam lain.

profesi welder

Deskripsi Profesi Welder

Apa itu Pekerjaan Welder ?

Jika Anda tertarik dengan dunia industri, mungkin Anda pernah mendengar istilah welder atau juru las. Welder adalah seorang profesional yang memiliki kemampuan untuk menyambungkan dua atau lebih bahan logam dengan menggunakan panas dan gas yang intens. Welder biasanya bekerja di bidang konstruksi, manufaktur, perkapalan, minyak dan gas, dan lain-lain.

Welder adalah salah satu profesi yang bertugas untuk mengelas atau menyambung benda-benda yang terbuat dari logam seperti baja, aluminium, tembaga, kuningan dan jenis logam lain. Welder dapat bekerja di berbagai bidang seperti industri, manufaktur, konstruksi, bahkan di bawah air. Welder memiliki peran penting dalam proses pembangunan dan perbaikan berbagai struktur logam yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan tinggi.

Pekerjaan welder tidaklah mudah. Welder harus memiliki pengetahuan tentang jenis-jenis logam, teknik-teknik pengelasan, peralatan dan perlindungan keselamatan kerja, serta standar kualitas yang berlaku. Selain itu, welder juga harus memiliki keterampilan praktis, ketelitian, ketahanan fisik, dan tanggung jawab.

Untuk menjadi seorang welder yang profesional, Anda harus menempuh pendidikan atau pelatihan khusus yang sesuai dengan bidang yang Anda minati. Ada beberapa lembaga yang menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi welder di Indonesia, seperti Mutu Institute, Petro Training Asia, Drafter.ID, dan lain-lain. Pelatihan dan sertifikasi ini akan membantu Anda meningkatkan kompetensi dan kredibilitas sebagai welder.

Gaji seorang welder bervariasi tergantung pada tingkat keahlian, pengalaman, bidang industri, dan lokasi kerja. Menurut data dari Indeed.com, rata-rata gaji seorang welder di Indonesia adalah Rp 4.000.000 per bulan. Namun, gaji ini bisa meningkat jika Anda memiliki sertifikat internasional seperti AWS atau ASME.

Pekerjaan welder adalah pekerjaan yang menantang dan menjanjikan. Jika Anda memiliki minat dan bakat di bidang ini, Anda bisa mengembangkan karir Anda sebagai welder dengan terus belajar dan berlatih. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang pekerjaan welder.

Jobdesk Welder

Jobdesk, tugas dan tanggung jawab seorang welder tergantung pada kualifikasi dan jenis pekerjaannya. Berdasarkan kualifikasi, welder dibagi menjadi tiga kelas yaitu:

  • Welder Kelas 1: Welder kelas 1 adalah tingkatan tertinggi dari kualifikasi welder. Welder kelas 1 ditugaskan untuk mengerjakan pengelasan yang membutuhkan teknik tinggi seperti badan cilindris, badan pipa, penguat dinding, sambungan pipa bertekanan, dan lainnya. Welder kelas 1 harus memiliki sertifikat yang sesuai dengan standar internasional seperti AWS atau ASME.
  • Welder Kelas 2: Welder kelas 2 hanya diizinkan untuk melakukan pekerjaan pengelasan pada sambungan-sambungan yang memiliki tekanan rendah. Contoh pengelasan yang dikerjakan oleh welder kelas 2 yaitu penyangga, katup pressure vessel (bejana uap) dan lainnya. Welder kelas 2 harus memiliki sertifikat yang sesuai dengan standar nasional seperti BNSP atau LSP.
  • Welder Kelas 3: Welder kelas 3 merupakan kualifikasi paling rendah dan biasanya digunakan untuk pekerjaan pengelasan yang tidak memiliki tekanan sama sekali. Contoh pengelasan yang dikerjakan oleh welder kelas 3 yaitu rangka baja ringan, pagar besi, tralis jendela dan lainnya. Welder kelas 3 tidak harus memiliki sertifikat tetapi harus memiliki kemampuan dasar pengelasan.

Berdasarkan jenis pekerjaannya, welder dibagi menjadi beberapa macam yaitu:

  • Welder Konstruksi: Welder konstruksi adalah welder yang bekerja di bidang pembangunan gedung-gedung tinggi, jembatan-jembatan besar, stadion-stadion olahraga dan lainnya. Tugasnya adalah menyambungkan rangka-rangka baja yang menjadi struktur utama bangunan tersebut.
  • Welder Manufaktur: Welder manufaktur adalah welder yang bekerja di bidang produksi barang-barang yang terbuat dari logam seperti mobil, sepeda motor, peralatan rumah tangga dan lainnya. Tugasnya adalah menyambungkan bagian-bagian logam yang menjadi komponen dari barang tersebut.
  • Welder Industri: Welder industri adalah welder yang bekerja di bidang industri yang membutuhkan pengelasan khusus seperti minyak dan gas, pembangkit listrik, pertambangan dan lainnya. Tugasnya adalah menyambungkan pipa-pipa, tangki-tangki, mesin-mesin dan peralatan lainnya yang berhubungan dengan proses industri tersebut.
  • Welder Bawah Air: Welder bawah air adalah welder yang bekerja di bawah permukaan air untuk memperbaiki atau membangun struktur logam yang ada di sana seperti pondasi anjungan minyak, lambung kapal, pipa bawah laut dan lainnya. Tugasnya adalah menyambungkan logam-logam dengan menggunakan alat pengelasan khusus yang tahan air dan tekanan.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Welder

Untuk menjadi seorang welder yang profesional, ada beberapa keahlian yang harus dimiliki yaitu:

  • Keahlian Pengelasan: Keahlian ini mencakup kemampuan untuk memilih jenis pengelasan, alat pengelasan, gas pengelasan, kawat pengelasan dan pengaturan pengelasan yang sesuai dengan jenis logam, bentuk sambungan dan standar kualitas yang diinginkan. Keahlian ini juga mencakup kemampuan untuk melakukan pengelasan dengan rapi, kuat dan stabil tanpa cacat atau retak.
  • Keahlian Membaca Gambar Teknik: Keahlian ini mencakup kemampuan untuk membaca dan memahami gambar teknik yang berisi informasi tentang ukuran, bentuk, posisi dan spesifikasi sambungan logam yang harus dilakukan. Keahlian ini juga mencakup kemampuan untuk mengukur dan menandai logam sesuai dengan gambar teknik tersebut.
  • Keahlian Keselamatan Kerja: Keahlian ini mencakup kemampuan untuk mengenali dan menghindari potensi bahaya yang ada di tempat kerja seperti api, listrik, gas beracun, benda tajam dan lainnya. Keahlian ini juga mencakup kemampuan untuk menggunakan peralatan keselamatan kerja seperti helm, kacamata, sarung tangan, sepatu bot dan lainnya.

Cara Menjadi Welder

Cara menjadi seorang welder ada beberapa langkah yaitu:

  • Menempuh Pendidikan Formal: Langkah ini bersifat opsional tetapi sangat dianjurkan untuk mendapatkan pengetahuan dasar tentang pengelasan. Pendidikan formal bisa berupa SMA/SMK jurusan teknik mesin, teknik las atau sejenisnya. Selain itu, bisa juga mengambil kursus atau pelatihan singkat tentang pengelasan di lembaga-lembaga tertentu.
  • Mengikuti Program Magang: Langkah ini bersifat wajib untuk mendapatkan pengalaman praktik tentang pengelasan. Program magang bisa dilakukan di perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi, manufaktur, industri atau lainnya yang membutuhkan welder. Program magang biasanya berlangsung selama 3-6 bulan atau lebih tergantung pada kebijakan perusahaan.
  • Mengambil Sertifikat Pengelasan: Langkah ini bersifat opsional tetapi sangat dianjurkan untuk meningkatkan kredibilitas dan peluang kerja sebagai welder. Sertifikat pengelasan bisa diperoleh dengan mengikuti ujian teori dan praktek yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga sertifikasi seperti BNSP, LSP, AWS atau ASME. Sertifikat pengelasan biasanya memiliki masa berlaku tertentu dan harus diperpanjang secara berkala.

Jenjang Karir Welder

Jenjang karir seorang welder tergantung pada kualifikasi, pengalaman dan prestasinya. Secara umum, jenjang karir welder adalah sebagai berikut:

  • Welder Junior: Welder junior adalah welder yang baru memulai karirnya atau memiliki pengalaman kurang dari 2 tahun. Biasanya welder junior hanya mengerjakan pekerjaan pengelasan yang sederhana dan mudah.
  • Welder Senior: Welder senior adalah welder yang memiliki pengalaman lebih dari 2 tahun dan memiliki sertifikat pengelasan. Biasanya welder senior mengerjakan pekerjaan pengelasan yang lebih kompleks dan bertanggung jawab atas kualitas hasil pengelasannya. Welder senior juga bisa menjadi mentor atau pembimbing bagi welder junior.
  • Welder Supervisor: Welder supervisor adalah welder yang memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun dan memiliki sertifikat pengelasan tingkat tinggi. Biasanya welder supervisor bertugas untuk mengawasi, mengkoordinasi dan mengevaluasi pekerjaan pengelasan yang dilakukan oleh welder junior dan senior. Welder supervisor juga bisa memberikan saran atau solusi jika ada masalah atau kendala dalam pekerjaan pengelasan.
  • Welder Manager: Welder manager adalah welder yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan memiliki sertifikat pengelasan tingkat tertinggi. Biasanya welder manager bertanggung jawab atas perencanaan, penganggaran, penjadwalan dan pelaksanaan proyek-proyek pengelasan yang melibatkan banyak welder. Welder manager juga harus berkomunikasi dengan klien, kontraktor, pemasok dan pihak-pihak lain yang terkait dengan proyek pengelasan.

Yang Harus Kalian Ketahui Welder

Sebelum bekerja sebagai welder, ada beberapa hal yang perlu diketahui yaitu:

  • Risiko Pekerjaan: Pekerjaan welder memiliki risiko yang cukup tinggi seperti luka bakar, sengatan listrik, keracunan gas, kebutaan sementara, gangguan pendengaran dan lainnya. Oleh karena itu, welder harus selalu memperhatikan standar keselamatan kerja dan menggunakan peralatan keselamatan kerja yang sesuai.
  • Kondisi Kerja: Kondisi kerja welder bisa sangat bervariasi tergantung pada jenis pekerjaannya. Ada welder yang bekerja di dalam ruangan dengan suhu normal, ada juga yang bekerja di luar ruangan dengan suhu ekstrem. Ada welder yang bekerja di darat dengan posisi normal, ada juga yang bekerja di bawah air dengan posisi terbalik. Ada welder yang bekerja di tempat tetap dengan jam kerja reguler, ada juga yang bekerja di tempat berpindah-pindah dengan jam kerja tidak menentu.
  • Kemampuan Fisik dan Mental: Pekerjaan welder membutuhkan kemampuan fisik dan mental yang baik. Kemampuan fisik meliputi kekuatan, ketahanan, keseimbangan, koordinasi dan ketelitian. Kemampuan mental meliputi konsentrasi, ketelitian, kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah. Welder harus mampu bekerja dengan cepat, tepat dan efisien di bawah tekanan.

Profesi Lainnya

guru sd

Guru SD

Pekerjaan sebagai guru Sekolah Dasar (SD) memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk generasi muda. Seorang guru SD bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan dasar kepada

Read More »
Display Designer Merchandiser

Display Designer Merchandiser

Pekerjaan sebagai Display Designer Merchandiser merupakan perpaduan antara kreativitas dan strategi pemasaran yang bertujuan untuk mengoptimalkan tampilan produk di toko atau ruang ritel. Seorang Display

Read More »
profesi finance

Finance

Finance atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai keuangan adalah ilmu dalam mengelola uang dan proses aktual untuk memperoleh dana yang mempengaruhi kehidupan setiap perusahaan. Sementara

Read More »
agen properti

Agen Properti

Profesi agen properti adalah pekerjaan yang melibatkan penjualan, pembelian, dan sewa properti seperti rumah, apartemen, tanah, atau bangunan komersial. Seorang agen properti berperan sebagai perantara

Read More »
administrasi rumah sakit

Administrasi Rumah Sakit

Administrasi rumah sakit adalah kegiatan perencanaan, pengawasan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi dan penilaian dalam penyelenggaraan kegiatan rumah sakit untuk tujuan kesehatan. Administrasi rumah sakit berbeda dengan

Read More »
tugas content manager

Content Manager

Dalam era digital saat ini, konten menjadi salah satu elemen kunci dalam strategi pemasaran dan branding suatu perusahaan. Content manager adalah peran penting dalam mengelola

Read More »