mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Tata Usaha

“Tata Usaha” adalah peran administratif yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan tugas-tugas administratif yang berkaitan dengan pengelolaan kantor, pengarsipan, komunikasi, dan pemeliharaan catatan di suatu organisasi atau institusi.

profesi tata usaha

Deskripsi Profesi Tata Usaha

Tata Usaha merupakan salah satu bagian penting dalam suatu organisasi, baik itu instansi pemerintah, perusahaan swasta, atau lembaga pendidikan. Pekerjaan tata usaha melibatkan sejumlah tugas administratif dan manajerial yang mendukung operasional suatu organisasi. Para profesional tata usaha bertanggung jawab dalam mengatur dan mengelola berbagai aspek administrasi, mulai dari pengarsipan, keuangan, persediaan, hingga hubungan dengan karyawan dan pihak eksternal.

Pekerjaan “Tata Usaha” adalah peran administratif yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan tugas-tugas administratif yang berkaitan dengan pengelolaan kantor, pengarsipan, komunikasi, dan pemeliharaan catatan di suatu organisasi atau institusi. Orang yang bekerja di bidang ini bertugas untuk menjaga kelancaran operasional dan efisiensi administrasi.

Pekerjaan “Tata Usaha” melibatkan berbagai tugas yang meliputi pengelolaan dokumen dan arsip organisasi, pengelolaan korespondensi internal dan eksternal, pengaturan jadwal pertemuan dan acara, koordinasi kegiatan administratif seperti pemesanan perjalanan dinas dan pengadaan barang, pemeliharaan peralatan kantor, pengelolaan inventaris, serta dukungan dalam tugas-tugas administratif lainnya seperti pengolahan data dan penyusunan laporan.

Para profesional “Tata Usaha” juga berperan dalam memastikan pemenuhan kebutuhan administratif dalam suatu organisasi. Mereka dapat menjadi jembatan komunikasi antara departemen atau divisi yang berbeda, mengoordinasikan proses-proses administratif, dan membantu manajemen dalam pengelolaan informasi dan penyelesaian tugas-tugas rutin.

Pekerjaan “Tata Usaha” membutuhkan keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan organisasi yang kuat, pemahaman tentang teknologi informasi dan aplikasi perkantoran, kemampuan multitasking, keterampilan interpersonal yang baik, kepatuhan terhadap kebijakan dan prosedur, serta keandalan dalam menjaga kerahasiaan informasi.

Dalam berbagai jenis organisasi, pekerjaan “Tata Usaha” menjadi elemen penting untuk menjaga kelancaran operasional dan mendukung fungsi-fungsi administratif yang diperlukan untuk menjalankan bisnis atau aktivitas organisasi secara efisien.

Jobdesk Tata Usaha

Pekerjaan tata usaha melibatkan berbagai tugas dan tanggung jawab yang penting untuk menjaga kelancaran operasional suatu organisasi. Berikut adalah beberapa tugas yang umum dilakukan oleh tenaga tata usaha:

  1. Pengarsipan dan Pengelolaan Dokumen: Mencatat, menyimpan, dan mengatur dokumen-dokumen penting, seperti surat-menyurat, kontrak, dan laporan keuangan.
  2. Keuangan dan Pembayaran: Membantu dalam proses pengelolaan keuangan organisasi, termasuk mengelola anggaran, membuat laporan keuangan, dan memproses pembayaran kepada karyawan atau pihak eksternal.
  3. Persediaan: Bertanggung jawab atas pengadaan dan pemeliharaan persediaan barang atau inventaris yang diperlukan oleh organisasi.
  4. Administrasi SDM: Mendukung kegiatan administrasi sumber daya manusia, seperti memelihara catatan kehadiran, memproses gaji dan tunjangan, serta mengoordinasikan kegiatan pelatihan karyawan.
  5. Komunikasi dan Hubungan Eksternal: Menjaga hubungan baik dengan pihak eksternal, seperti mitra bisnis, klien, dan instansi pemerintah terkait.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Tata Usaha

Beberapa keahlian yang penting untuk sukses dalam pekerjaan “Tata Usaha” antara lain:

  1. Keterampilan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tulisan.
  2. Kemampuan organisasi yang kuat dan ketelitian dalam menjaga catatan.
  3. Pemahaman yang baik tentang teknologi informasi dan aplikasi perkantoran.
  4. Kemampuan multitasking untuk mengelola berbagai tugas sekaligus.
  5. Keterampilan interpersonal yang baik dan kemampuan bekerja dalam tim.
  6. Kepatuhan terhadap kebijakan dan prosedur organisasi.
  7. Keandalan dan kepercayaan dalam menjaga kerahasiaan informasi.

Cara Menjadi Tata Usaha

Cara Menjadi Tata Usaha

Tata usaha adalah salah satu profesi yang penting dalam dunia kerja. Tata usaha adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengurus administrasi, keuangan, dan logistik di suatu organisasi atau perusahaan. Tata usaha juga berperan sebagai penghubung antara pimpinan dan karyawan, serta antara organisasi dan pihak eksternal.

Untuk menjadi tata usaha yang profesional dan kompeten, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan dikuasai. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda menjadi tata usaha yang handal:

1. Pendidikan dan sertifikat. Meskipun tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi tata usaha, namun memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang kerja Anda akan memberikan nilai tambah. Misalnya, jika Anda bekerja di bidang hukum, maka memiliki gelar sarjana hukum atau sertifikat paralegal akan sangat membantu. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti pelatihan atau kursus yang berkaitan dengan keterampilan administrasi, komputer, bahasa, atau akuntansi.

2. Keterampilan komunikasi. Sebagai tata usaha, Anda harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan berbagai pihak, baik secara lisan maupun tertulis. Anda harus bisa menyampaikan informasi dengan jelas, tepat, dan sopan. Anda juga harus bisa mendengarkan dengan aktif dan memberikan tanggapan yang konstruktif. Selain itu, Anda juga harus menguasai bahasa Indonesia dan bahasa asing yang relevan dengan lingkup kerja Anda.

3. Keterampilan organisasi. Sebagai tata usaha, Anda harus bisa mengatur dan mengelola berbagai dokumen, data, dan barang dengan rapi dan sistematis. Anda harus bisa membuat jadwal, agenda, daftar tugas, laporan, surat-menyurat, dan dokumen lainnya dengan akurat dan efisien. Anda juga harus bisa mengarsipkan dokumen dengan baik dan mudah ditemukan kembali.

4. Keterampilan teknologi. Sebagai tata usaha, Anda harus bisa memanfaatkan teknologi untuk memudahkan pekerjaan Anda. Anda harus bisa mengoperasikan komputer, laptop, printer, scanner, fax, telepon, dan perangkat lainnya dengan lancar. Anda juga harus bisa menggunakan berbagai aplikasi atau software yang berkaitan dengan pekerjaan Anda, seperti Microsoft Office, Google Docs, Adobe Acrobat, atau QuickBooks.

5. Sikap profesional. Sebagai tata usaha, Anda harus memiliki sikap profesional yang mencerminkan etika kerja yang baik. Anda harus bisa bekerja dengan disiplin, tanggung jawab, jujur, loyal, dan berinisiatif. Anda juga harus bisa bekerja sama dengan tim dan menghormati atasan, rekan kerja, dan klien. Selain itu, Anda juga harus menjaga penampilan dan kesehatan Anda agar selalu siap bekerja.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda bisa menjadi tata usaha yang profesional dan kompeten. Tata usaha adalah profesi yang menantang namun juga menyenangkan. Anda akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang berharga dari berbagai bidang kerja. Semoga berhasil!

Jenjang Karir Tata Usaha

Jenjang Karir Tata Usaha

Tata usaha adalah salah satu bidang pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi, keuangan, dan sumber daya manusia di suatu organisasi. Pekerjaan ini biasanya melibatkan pengelolaan dokumen, data, anggaran, dan komunikasi internal maupun eksternal. Tata usaha juga bertanggung jawab untuk mendukung kegiatan operasional dan strategis organisasi.

Jenjang karir tata usaha dapat bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran organisasi, serta kualifikasi dan pengalaman pekerja. Secara umum, ada beberapa tingkatan karir tata usaha, yaitu:

– Staf tata usaha. Posisi ini biasanya merupakan level awal atau entry-level dalam bidang tata usaha. Tugas utama staf tata usaha adalah melakukan pekerjaan administratif rutin, seperti mengetik, mengarsipkan, mengirim surat, menjawab telepon, dan sebagainya. Staf tata usaha harus memiliki kemampuan dasar dalam menggunakan komputer, berkomunikasi secara lisan dan tulisan, serta berorganisasi.

– Sekretaris. Posisi ini merupakan level menengah dalam bidang tata usaha. Tugas utama sekretaris adalah membantu atasan atau pimpinan dalam hal administrasi, seperti membuat jadwal, menyiapkan dokumen, mengatur rapat, dan sebagainya. Sekretaris harus memiliki kemampuan lanjutan dalam menggunakan komputer, berkomunikasi secara lisan dan tulisan, serta beradaptasi dengan situasi yang berubah-ubah.

– Asisten manajer. Posisi ini merupakan level tinggi dalam bidang tata usaha. Tugas utama asisten manajer adalah mendukung manajer atau direktur dalam hal administrasi, keuangan, dan sumber daya manusia, seperti membuat laporan, mengawasi anggaran, merekrut dan melatih staf, dan sebagainya. Asisten manajer harus memiliki kemampuan profesional dalam menggunakan komputer, berkomunikasi secara lisan dan tulisan, serta memimpin dan bekerja sama dengan tim.

Untuk meningkatkan jenjang karir tata usaha, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain:

– Menambah pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan bidang tata usaha, seperti administrasi bisnis, akuntansi, manajemen sumber daya manusia, dan sebagainya. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti pelatihan, kursus, seminar, atau pendidikan formal.
– Membangun jaringan profesional dengan kolega, atasan, klien, dan pihak lain yang terkait dengan bidang tata usaha. Hal ini dapat dilakukan dengan bergabung dengan asosiasi atau komunitas profesional, menghadiri acara atau pertemuan bisnis, atau berpartisipasi dalam media sosial.
– Mencari peluang untuk menunjukkan kinerja dan kontribusi yang baik bagi organisasi. Hal ini dapat dilakukan dengan mengambil inisiatif, menyelesaikan tugas dengan tepat waktu dan berkualitas, memberikan saran atau solusi yang bermanfaat, atau mengambil tanggung jawab tambahan.

Yang Harus Kalian Ketahui Tata Usaha

Sebelum memulai karir di bidang “Tata Usaha”, ada beberapa hal yang perlu diketahui:

  1. Pelatihan dan Pengembangan: Menjadi akrab dengan perangkat lunak dan sistem yang digunakan di tempat kerja dapat sangat berguna. Mempelajari aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office, manajemen dokumen elektronik, dan penggunaan sistem basis data adalah keuntungan yang besar.
  2. Fleksibilitas: Pekerja “Tata Usaha” harus siap untuk menghadapi tugas-tugas yang beragam dan memiliki fleksibilitas dalam mengatasi tantangan yang muncul sehari-hari. Mereka mungkin perlu beradaptasi dengan perubahan tugas dan jadwal yang tidak terduga.
  3. Komunikasi Efektif: Kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan anggota tim, manajemen, dan pihak eksternal sangat penting dalam pekerjaan “Tata Usaha”. Kemampuan menyampaikan informasi dengan tepat dan menjaga hubungan kerja yang baik adalah keterampilan yang sangat berharga.

Profesi Lainnya

psikolog klinis

Psikolog Klinis

Apa itu Pekerjaan Psikolog Klinis ? Psikolog klinis adalah seorang ahli dalam ilmu psikologi yang berfokus pada usaha memahami dan menangani masalah-masalah psikologis, meningkatkan kemampuan

Read More »
profesi sutradara

Sutradara

Berhasilnya sebuah film yakni berkat campur tangan konsep dan kreativitas seorang sutradara. Tapi, udah pada tau belum apa sih sutradara itu? Sutradara adalah profesi seseorang

Read More »
guru smp

Guru SMP

Guru SMP adalah profesi yang berperan penting dalam membentuk dan mengembangkan potensi siswa di tingkat pendidikan menengah pertama. Seorang guru SMP bertanggung jawab dalam memberikan

Read More »
koreografer

Koreografer

Koreografer adalah orang yang menciptakan, mengatur, dan mengembangkan gerakan tari untuk pertunjukan seni, seperti balet, musikal, film, atau acara televisi. Koreografer biasanya bekerja sama dengan

Read More »
profesi tukang pos

Tukang Pos

Tukang Pos, yang juga dikenal sebagai Pegawai Pos atau Petugas Pengiriman, adalah individu yang bertanggung jawab untuk mengantarkan surat, paket, dan kiriman lainnya kepada penerima

Read More »
produk manajer

Produk Manajer

Sebuah produk tidak akan disukai oleh masyarakat jika tidak dikembangkan dengan baik sejak awal. Dalam mengembangkan produk, terdapat berbagai macam langkah yang harus dilakukan. Hal

Read More »