mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Pramuniaga

Pramuniaga adalah seseorang yang bekerja di sebuah toko, swalayan, atau perusahaan yang bergerak di bidang retail dengan tugas utama melayani pelanggan di tempat tersebut. Pramuniaga juga kerap disebut sebagai pelayan toko dan umumnya bertugas membantu para pelanggan mencarikan barang yang dibutuhkan. Pramuniaga berasal dari kata “pramu” yang artinya orang yang bekerja di industri ritel dan “niaga” yang artinya perdagangan.

pramuniaga

Deskripsi Profesi Pramuniaga

Pramuniaga adalah seseorang yang bekerja di bidang perdagangan dan jasa, dengan tugas utama melayani konsumen yang datang ke toko, swalayan, atau perusahaan tempat ia bekerja . Pramuniaga juga dikenal sebagai pelayan toko atau sales person . Pramuniaga bertanggung jawab untuk membantu konsumen mencari barang yang dibutuhkan, memberikan informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan, menawarkan promosi atau diskon, serta menyelesaikan transaksi pembayaran .

Pramuniaga berasal dari kata “pramu” yang artinya orang yang bekerja di industri ritel dan “niaga” yang artinya perdagangan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pramuniaga adalah seorang karyawan perusahaan yang bergerak di bidang dagang yang bertugas melayani konsumen atau petugas toko. Secara sederhana, pramuniaga dapat dipahami dengan mudah sebagai sebuah profesi yang bergerak di bidang pelayanan, yaitu membantu para pelanggan menemukan barang tujuannya.

Pramuniaga adalah profesi yang berfokus pada pelayanan pelanggan. Seorang pramuniaga yang baik harus memiliki keterampilan komunikasi, pengetahuan produk, persuasi, kerjasama tim, dan penyelesaian masalah . Pramuniaga juga harus mampu membangun hubungan baik dengan pelanggan, memahami kebutuhan dan keinginan mereka, serta memberikan solusi yang sesuai . Pramuniaga harus selalu ramah, sopan, sabar, dan profesional dalam melayani pelanggan .

Pramuniaga adalah salah satu profesi yang memiliki prospek karir yang baik. Pramuniaga dapat berkembang menjadi supervisor, manajer toko, atau bahkan pemilik usaha sendiri . Pramuniaga juga dapat meningkatkan penghasilan mereka dengan mendapatkan komisi dari penjualan produk atau layanan . Pramuniaga juga dapat belajar dan mengembangkan keterampilan mereka melalui pelatihan pramuniaga yang diselenggarakan oleh perusahaan atau lembaga lain .

Pramuniaga adalah profesi yang menarik dan menantang. Pramuniaga harus siap menghadapi berbagai situasi dan permintaan dari pelanggan yang berbeda-beda. Pramuniaga harus selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik dan memuaskan pelanggan. Pramuniaga adalah profesi yang tidak hanya menjual barang atau jasa, tetapi juga menjual nilai dan kepercayaan.

Jobdesk Pramuniaga

Berikut ini adalah beberapa tugas dan kualifikasi pramuniaga yang perlu diketahui:

  • Menyapa pelanggan dengan sopan dan ramah saat mereka masuk ke toko atau mendekati rak produk.
  • Menanyakan kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta memberikan saran atau rekomendasi produk yang sesuai.
  • Menjelaskan fitur, fungsi, manfaat, harga, dan cara penggunaan produk kepada pelanggan dengan jelas dan detail.
  • Menunjukkan produk kepada pelanggan, baik secara langsung maupun melalui katalog, brosur, atau media lainnya.
  • Membantu pelanggan dalam proses pembayaran, seperti menghitung uang, memberikan kembalian, atau mengoperasikan mesin kasir.
  • Membungkus produk yang dibeli pelanggan dengan rapi dan aman, serta memberikan tas atau kantong belanja jika diperlukan.
  • Menawarkan layanan tambahan kepada pelanggan, seperti garansi, pengiriman, atau penukaran produk jika ada kerusakan atau kesalahan.
  • Menjaga kebersihan dan kerapihan area penjualan, seperti merapikan rak produk, membersihkan debu, atau mengganti label harga jika ada perubahan.
  • Melakukan pengecekan stok produk secara berkala, serta melaporkan kekurangan atau kelebihan stok kepada atasan atau bagian gudang.
  • Membuat laporan penjualan harian, mingguan, atau bulanan, serta mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan.

Untuk menjadi seorang pramuniaga yang handal dan profesional, ada beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan.
  • Memiliki pengetahuan yang luas tentang produk yang dijual, serta selalu mengikuti perkembangan dan tren terbaru di bidangnya.
  • Memiliki keterampilan menjual yang baik, seperti persuasif, negosiasi, closing, dan follow up.
  • Memiliki sikap yang positif, antusias, percaya diri, dan berorientasi pada pelanggan.
  • Memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri maupun tim.
  • Memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang berbeda-beda.
  • Memiliki kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan dan target.
  • Memiliki penampilan yang rapi, bersih, dan menarik.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Pramuniaga

Keahlian yang harus dimiliki pramuniaga adalah sebagai berikut:

  • Microsoft Office
    Pramuniaga harus menguasai Microsoft Office dan memahami komputer dasar, seperti mengoperasikan mesin kasir, memesan barang dagangan untuk pelanggan, memasukkan dan melacak barang dagangan, mengatur jadwal, dan menulis laporan penjualan.
  • Relationship building
    Pramuniaga harus bisa menjalin kedekatan dengan konsumen yang datang dengan latar belakang yang beragam, serta membangun loyalitas, keterlibatan, dan referral pelanggan.
  • Customer service skill
    Pramuniaga harus bisa memberikan pelayanan yang prima, ramah, sopan, dan profesional kepada pelanggan, serta menyelesaikan masalah atau keluhan yang mungkin timbul.
  • Etika menelepon
    Pramuniaga harus bisa berkomunikasi dengan pelanggan melalui telepon dengan cara yang efektif, jelas, dan sopan, serta mengikuti protokol perusahaan.
  • Active listening
    Pramuniaga harus bisa mendengarkan pelanggan dengan baik, memahami kebutuhan dan keinginan mereka, serta memberikan solusi atau saran yang sesuai.
  • Kemampuan analisis
    Pramuniaga harus bisa menganalisis data penjualan, tren pasar, dan preferensi pelanggan, serta membuat strategi untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan.
  • Empati
    Pramuniaga harus bisa memahami bagaimana perasaan pelanggan dari sudut pandang mereka, serta menunjukkan sikap yang peduli dan menghargai.
  • Percaya diri
    Pramuniaga harus bisa menampilkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi dengan pelanggan, memberikan informasi yang akurat dan meyakinkan tentang produk atau layanan, serta menangani penolakan atau kritik dengan positif.
  • Antusias
    Pramuniaga harus bisa menampilkan antusiasme dalam membantu pelanggan, menawarkan produk atau layanan yang menarik, serta menciptakan suasana yang menyenangkan dan mengundang.
  • Tekun
    Pramuniaga harus memiliki kegigihan untuk tidak mudah menyerah dalam memberi pelayanan terbaik, mencapai target penjualan, serta mengikuti perkembangan produk atau layanan terbaru.

Cara Menjadi Pramuniaga

Cara menjadi pramuniaga adalah sebagai berikut:

  • Memenuhi syarat dan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan atau toko yang membuka lowongan pekerjaan sebagai pramuniaga, seperti pendidikan, usia, penampilan, dan dokumen-dokumen yang diperlukan.
  • Melamar pekerjaan sebagai pramuniaga melalui media online atau cetak, atau datang langsung ke tempat yang diinginkan dengan membawa berkas-berkas lamaran yang lengkap dan rapi.
  • Mengikuti proses seleksi yang mungkin meliputi tes tertulis, wawancara, dan tes praktik, serta menunjukkan keterampilan dan karakteristik yang dibutuhkan sebagai pramuniaga, seperti komunikasi, empati, percaya diri, antusias, dan tekun.
  • Jika diterima, mengikuti pelatihan atau orientasi yang diselenggarakan oleh perusahaan atau toko untuk mempelajari produk atau layanan yang ditawarkan, prosedur kerja, etika berjualan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai pramuniaga.
  • Melakukan tugas dan tanggung jawab sebagai pramuniaga dengan baik dan profesional, seperti menyapa pelanggan, membantu pelanggan menemukan barang yang dicari, memberikan informasi tentang barang, mengoperasikan mesin kasir, mengelola inventaris, membersihkan dan merapikan area toko, dan mencapai target penjualan.
  • Selalu belajar dan mengembangkan keterampilan sebagai pramuniaga, seperti memperluas pengetahuan tentang produk atau layanan, mengikuti perkembangan pasar dan preferensi pelanggan, menganalisis data penjualan, melakukan upsell dan cross-sell, menyelesaikan masalah atau keluhan pelanggan, dan mengikuti pelatihan atau pengembangan karier yang tersedia.

Jenjang Karir Pramuniaga

Jenjang karir pramuniaga adalah tingkatan-tingkatan yang dapat dicapai oleh seorang pramuniaga dalam mengembangkan karier dan kompetensinya di bidang penjualan. Jenjang karir pramuniaga mungkin berbeda-beda tergantung pada perusahaan atau toko yang bekerja, namun pada umumnya meliputi beberapa posisi berikut:

  • Pramuniaga/Kasir
    Ini adalah posisi awal dan dasar bagi seorang pramuniaga, yang bertugas melayani pelanggan, mengoperasikan mesin kasir, mengelola inventaris, dan membersihkan area toko. Posisi ini biasanya berstatus karyawan kontrak dan memiliki gaji yang relatif rendah.
  • Pemegang Shift
    Ini adalah posisi selanjutnya yang dapat dicapai oleh seorang pramuniaga setelah memiliki pengalaman dan kinerja yang baik. Posisi ini bertugas mengawasi dan mengkoordinasikan pramuniaga/kasir lainnya dalam satu shift, serta menangani masalah atau keluhan yang mungkin terjadi. Posisi ini biasanya berstatus karyawan tetap dan memiliki gaji yang lebih tinggi dari pramuniaga/kasir.
  • Kepala Toko
    Ini adalah posisi tertinggi yang dapat dicapai oleh seorang pramuniaga dalam satu toko, yang bertanggung jawab atas seluruh operasional dan manajemen toko, seperti menetapkan target penjualan, membuat jadwal kerja, merekrut dan melatih karyawan baru, mengawasi keuangan dan administrasi, serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Posisi ini membutuhkan keterampilan manajerial, kepemimpinan, dan komunikasi yang tinggi, serta memiliki gaji yang paling tinggi di antara posisi lainnya.

Yang Harus Kalian Ketahui Pramuniaga

Sebelum menjadi Pramuniaga Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini :

  • Wewenang pramuniaga
    Pramuniaga memiliki wewenang untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaannya, seperti memilih barang yang akan ditawarkan kepada pelanggan, memberikan diskon atau promo jika ada, memberikan saran atau solusi kepada pelanggan, serta melaporkan hasil penjualan atau masalah yang terjadi kepada atasan atau kepala toko.
  • Larangan pramuniaga
    Pramuniaga memiliki beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan dalam pekerjaannya, seperti bersikap tidak ramah, tidak sopan, atau tidak profesional kepada pelanggan, berbohong atau menipu pelanggan tentang produk atau layanan, mengambil barang tanpa izin atau membawa pulang barang dagangan, bersikap malas atau tidak disiplin dalam bekerja, serta melanggar aturan atau etika perusahaan atau toko.

Profesi Lainnya

tenaga ahli prakiraan cuaca

Tenaga Ahli Prakiraan Cuaca

Tenaga Ahli Prakiraan Cuaca adalah profesional yang ahli dalam mempelajari, menganalisis, dan meramalkan cuaca. Pekerjaan ini melibatkan pengumpulan dan interpretasi data cuaca, penggunaan model matematika

Read More »
profesi tukang pos

Tukang Pos

Tukang Pos, yang juga dikenal sebagai Pegawai Pos atau Petugas Pengiriman, adalah individu yang bertanggung jawab untuk mengantarkan surat, paket, dan kiriman lainnya kepada penerima

Read More »
profesi akuntan publik

Akuntan Publik

Pekerjaan “Akuntan Publik” adalah pekerjaan di bidang akuntansi yang melibatkan pemberian layanan akuntansi dan audit kepada klien eksternal. Seorang akuntan publik bertanggung jawab untuk mengaudit

Read More »
ahli pertanian

Ahli Pertanian

Apa itu Pekerjaan Ahli Pertanian ? Ahli pertanian adalah orang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pertanian, baik itu tanaman, hewan, ikan, maupun kayu.

Read More »
teknisi alat kesehatan

Teknisi Alat Kesehatan

Teknisi Alat Kesehatan adalah profesional yang berperan penting dalam industri perawatan kesehatan. Mereka memiliki pengetahuan teknis yang mendalam tentang alat-alat medis dan bertanggung jawab untuk

Read More »
profesi arkeolog

Arkeolog

Arkeolog adalah profesi pekerjaan yang mendalami bidang prasejarah atau peninggalan sejarah seperti bangunan, fosil, artefak, dan lainnya. Arkeolog bertugas untuk meneliti, mengkaji, dan menginterpretasikan kehidupan dan

Read More »