mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Teller Bank

Teller bank adalah seorang pekerja yang bertugas melakukan transaksi perbankan pada nasabah atau pengunjung bank. Tugas utama teller bank adalah menerima setoran tunai, penarikan tunai, cek atau bilyet giro, dan juga melakukan transfer dana atau pembayaran tagihan pada rekening nasabah. Teller bank bertanggung jawab untuk memastikan transaksi tersebut dilakukan dengan cepat, akurat, dan aman.

teller bank

Deskripsi Profesi Teller Bank

Teller bank adalah seorang pekerja yang bertugas melakukan transaksi perbankan pada nasabah atau pengunjung bank. Tugas utama teller bank adalah menerima setoran tunai, penarikan tunai, cek atau bilyet giro, dan juga melakukan transfer dana atau pembayaran tagihan pada rekening nasabah. Teller bank bertanggung jawab untuk memastikan transaksi tersebut dilakukan dengan cepat, akurat, dan aman.

Selain itu, teller bank juga dapat memberikan informasi tentang produk dan layanan perbankan seperti tabungan, deposito, kredit, atau kartu kredit. Mereka juga harus memastikan bahwa setiap nasabah diperlakukan secara profesional dan sopan serta menjaga kerahasiaan informasi nasabah.

Teller bank biasanya bekerja di cabang bank dan harus memiliki kemampuan komunikasi dan pelayanan yang baik, keterampilan numerik, dan juga kemampuan menggunakan perangkat lunak perbankan dan sistem komputer yang terkait. Teller bank juga harus mengikuti aturan dan regulasi yang berlaku di industri perbankan, serta memastikan kepatuhan terhadap peraturan anti-pencucian uang dan keamanan perbankan.

Jobdesk Teller Bank

Tugas dan tanggung jawab teller bank meliputi:

  1. Menerima transaksi perbankan: Teller bank bertanggung jawab untuk menerima transaksi perbankan seperti setoran tunai, penarikan tunai, cek atau bilyet giro, transfer dana, dan pembayaran tagihan.
  2. Memberikan informasi tentang produk dan layanan perbankan: Teller bank harus memahami produk dan layanan perbankan yang ditawarkan oleh bank dan dapat memberikan informasi yang akurat tentang produk dan layanan tersebut kepada nasabah.
  3. Memeriksa dokumen dan identitas nasabah: Teller bank harus memeriksa dokumen dan identitas nasabah sebelum melakukan transaksi untuk memastikan keamanan dan keakuratan transaksi.
  4. Mengelola uang tunai: Teller bank harus mengelola uang tunai secara akurat dan aman, serta melakukan pemeriksaan terhadap uang tunai untuk memastikan keaslian uang dan mencegah penipuan.
  5. Melayani nasabah dengan sopan dan profesional: Teller bank harus memberikan pelayanan yang baik dan sopan kepada nasabah serta dapat menjawab pertanyaan nasabah dengan jelas dan tepat waktu.
  6. Memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan aturan perbankan: Teller bank harus memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan aturan perbankan, seperti aturan anti-pencucian uang dan keamanan perbankan.
  7. Menjaga kerahasiaan nasabah: Teller bank harus menjaga kerahasiaan informasi nasabah dan tidak memberikan informasi nasabah kepada pihak lain tanpa persetujuan nasabah.
  8. Menjaga ketersediaan uang tunai: Teller bank harus memastikan ketersediaan uang tunai untuk transaksi nasabah dan memantau persediaan uang tunai di dalam brankas.
  9. Mencapai target penjualan: Beberapa bank memberikan target penjualan produk perbankan tertentu kepada teller bank, sehingga teller bank harus mencapai target tersebut.
  10. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh atasan: Teller bank juga dapat diberikan tugas lain oleh atasan tergantung pada kebutuhan dan kebijakan bank.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Teller Bank

Beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh seorang teller bank antara lain:

  1. Keterampilan komunikasi yang baik: Teller bank harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk dapat berinteraksi dengan nasabah secara efektif.
  2. Keterampilan dalam menghitung: Teller bank harus memiliki keterampilan dalam menghitung uang tunai dengan cepat dan akurat.
  3. Pengetahuan tentang produk dan layanan perbankan: Teller bank harus memiliki pengetahuan tentang produk dan layanan perbankan yang ditawarkan oleh bank, sehingga dapat memberikan informasi yang akurat kepada nasabah.
  4. Kemampuan dalam mengoperasikan perangkat lunak perbankan: Teller bank harus memiliki kemampuan dalam mengoperasikan perangkat lunak perbankan dan sistem komputer yang terkait.
  5. Kemampuan dalam menyelesaikan masalah: Teller bank harus memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang muncul dalam transaksi perbankan dengan cepat dan efektif.
  6. Keterampilan multitasking: Teller bank harus dapat melakukan beberapa tugas sekaligus dengan baik, seperti melayani nasabah dan mengelola uang tunai.
  7. Kepatuhan terhadap aturan dan regulasi perbankan: Teller bank harus memahami aturan dan regulasi perbankan yang berlaku dan memastikan kepatuhan terhadap aturan tersebut.
  8. Kerja tim: Teller bank harus memiliki kemampuan untuk bekerja sama dalam tim dengan baik dan mendukung kolega dalam mencapai tujuan bersama.
  9. Etika kerja yang baik: Teller bank harus memiliki etika kerja yang baik dan dapat menjaga kerahasiaan informasi nasabah.
  10. Keterampilan penjualan: Beberapa bank memerlukan keterampilan penjualan dari seorang teller bank, sehingga teller bank harus dapat mempromosikan produk perbankan dan mencapai target penjualan yang ditetapkan.

Cara Menjadi Teller Bank

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menjadi seorang teller bank:

  1. Menyelesaikan pendidikan minimal S1 dari jurusan terkait seperti Akuntansi, Ekonomi, atau Keuangan.
  2. Melamar pekerjaan ke bank yang dibuka lowongan untuk posisi teller.
  3. Memenuhi persyaratan yang diminta oleh bank, seperti memiliki keterampilan dalam mengoperasikan perangkat lunak perbankan dan sistem komputer, memiliki kemampuan matematika yang baik, dan mampu bekerja dalam tim.
  4. Mengikuti serangkaian tes yang diselenggarakan oleh bank, seperti tes tertulis, psikotes, dan wawancara.
  5. Jika diterima, menjalani pelatihan atau training yang disediakan oleh bank untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam pekerjaan teller.
  6. Memperoleh sertifikasi dari lembaga sertifikasi yang terkait dengan perbankan, seperti sertifikasi APU (Ahli Perbankan Umum) dan WAPERD (Wakil Agen Perubahan Perbankan).
  7. Terus mengembangkan diri dengan mengikuti pelatihan dan seminar yang diselenggarakan oleh bank atau institusi terkait lainnya untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang perbankan.
  8. Perlu diingat bahwa persyaratan dan proses seleksi dapat bervariasi antara satu bank dengan yang lainnya. Oleh karena itu, disarankan untuk mengecek informasi terbaru melalui website atau kantor cabang bank yang diinginkan.

 

 

Jenjang Karir Teller Bank

Seorang teller bank dapat memiliki jenjang karir sebagai berikut:

  1. Senior Teller: Teller yang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dan mampu menangani transaksi yang lebih kompleks serta memberikan pelatihan kepada teller yang lebih junior.
  2. Customer Service Representative: Teller yang telah memiliki kemampuan yang baik dalam memberikan pelayanan kepada nasabah dan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi nasabah.
  3. Account Officer: Teller yang bertanggung jawab dalam menjaga hubungan baik dengan nasabah dan membantu nasabah untuk mendapatkan produk dan layanan perbankan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  4. Supervisor Teller: Bertanggung jawab dalam mengawasi dan memimpin tim teller dan memastikan bahwa operasi harian teller berjalan dengan lancar.
  5. Branch Manager: Bertanggung jawab atas keseluruhan operasi kantor cabang, termasuk pemasaran produk dan layanan perbankan, pengembangan nasabah, serta pencapaian target penjualan.
  6. Area Manager: Bertanggung jawab atas beberapa kantor cabang dalam suatu wilayah tertentu dan memastikan bahwa operasi cabang di wilayah tersebut berjalan dengan efektif dan efisien.
  7. Regional Manager: Bertanggung jawab atas beberapa area dalam suatu wilayah tertentu dan memastikan bahwa operasi bank di wilayah tersebut sesuai dengan visi dan misi perusahaan serta mencapai target penjualan yang telah ditetapkan.

Setiap jenjang karir di atas membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang berbeda. Untuk mencapai jenjang karir yang lebih tinggi, seorang teller bank harus terus mengembangkan diri, memperluas pengetahuan dan pengalaman, serta menunjukkan kinerja yang baik di pekerjaannya.

 

 

 

Yang Harus Kalian Ketahui Teller Bank

Berikut adalah beberapa fakta mengenai teller bank:

  1. Teller bank adalah salah satu posisi yang paling umum di dunia perbankan.
  2. Tugas utama seorang teller bank adalah melayani nasabah yang melakukan transaksi perbankan seperti setor tunai, tarik tunai, pembayaran tagihan, transfer dana, dan lain sebagainya.
  3. Teller bank harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, keterampilan dalam menghitung uang, dan keahlian dalam menggunakan perangkat lunak perbankan.
  4. Teller bank bekerja dalam lingkungan yang terorganisir dan disiplin, dan seringkali diharuskan untuk bekerja dengan cepat dan efisien.
  5. Teller bank biasanya dibayar dengan gaji bulanan yang tetap, namun ada juga yang mendapatkan insentif atau bonus tergantung dari kinerja mereka.
  6. Teller bank perlu mengetahui kebijakan dan prosedur perbankan serta peraturan yang berlaku di industri perbankan.
  7. Teller bank dapat bekerja di berbagai jenis bank, seperti bank komersial, bank syariah, bank perkreditan rakyat (BPR), dan lain sebagainya.

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi telah memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan tanpa harus datang ke bank, sehingga peran teller bank menjadi semakin berkurang. Namun, posisi ini masih tetap dibutuhkan dan menjadi pintu masuk bagi seseorang yang ingin memulai karir di dunia perbankan.

Profesi Lainnya

guru smp

Guru SMP

Guru SMP adalah profesi yang berperan penting dalam membentuk dan mengembangkan potensi siswa di tingkat pendidikan menengah pertama. Seorang guru SMP bertanggung jawab dalam memberikan

Read More »
profesi akuntan publik

Akuntan Publik

Pekerjaan “Akuntan Publik” adalah pekerjaan di bidang akuntansi yang melibatkan pemberian layanan akuntansi dan audit kepada klien eksternal. Seorang akuntan publik bertanggung jawab untuk mengaudit

Read More »
social media officer

Social Media Officer

Social Media Officer adalah sebuah bidang pekerjaan yang masuk dalam ranah komunikasi dengan tugas untuk melakukan pengelolaan terhadap akun sosial media perusahaan yang didalamnya menyangkut

Read More »
pegawai negeri sipil

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah seorang pegawai yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri,

Read More »
master of ceremony

MC (Master of Ceremony)

Orang yang akan memimpin serangkaian acara, baik formal maupun nonformal agar acara dapat berjalan lancar dan meninggalkan kesan positif disebut sebagai MC (Master of Ceremony). MC

Read More »
profesi perawat hewan

Perawat Hewan

Profesi perawat hewan adalah salah satu pekerjaan yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan hewan peliharaan dan hewan yang dirawat di klinik hewan,

Read More »