mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Drafter

Drafter adalah profesi yang bertugas untuk merancang, mendesain dan mendetailkan sebuah bentuk atau bangunan dalam bentuk gambar atau desain.

drafter

Deskripsi Profesi Drafter

Jika Anda tertarik dengan dunia desain dan konstruksi, Anda mungkin pernah mendengar istilah drafter. Drafter adalah profesi yang bertugas untuk merancang, mendesain, dan mendetailkan sebuah bentuk atau bangunan dalam bentuk gambar atau desain. Drafter bekerja dengan menggunakan software khusus seperti CAD (Computer Aided Design) untuk membuat gambar teknik yang akurat dan informatif.

Drafter adalah profesi yang bertugas untuk merancang, mendesain dan mendetailkan sebuah bentuk atau bangunan dalam bentuk gambar atau desain. Drafter menggunakan software CAD (Computer Aided Design) untuk mengubah konsep dari arsitek atau engineer menjadi gambar teknik yang dapat digunakan untuk pembangunan, produksi atau perbaikan. Drafter biasanya bekerja di bidang arsitektural, sipil, elektrikal, mekanikal atau aeronautical.

Pekerjaan drafter sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang, seperti arsitektur, sipil, mekanikal, elektrikal, dan lainnya. Drafter harus mampu mengubah ide atau konsep dari arsitek atau engineer menjadi gambar yang mudah dipahami dan diimplementasikan oleh tim konstruksi atau fabrikasi. Drafter juga harus mengetahui standar kualitas, peraturan, dan spesifikasi yang berlaku untuk setiap proyek.

Untuk menjadi drafter yang profesional, Anda harus memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup tentang software desain, teknik gambar, geometri, matematika, fisika, dan ilmu terkait lainnya. Anda juga harus memiliki ketelitian, kreativitas, kemampuan komunikasi, dan kerjasama yang baik. Selain itu, Anda harus terus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi dan tren desain yang ada.

Jenjang karir drafter cukup menjanjikan, terutama jika Anda memiliki pengalaman dan portofolio yang baik. Anda bisa bekerja di berbagai sektor industri, seperti konstruksi, manufaktur, perminyakan, pertambangan, transportasi, dan lainnya. Anda juga bisa bekerja secara mandiri sebagai freelancer atau membuka jasa desain sendiri. Gaji drafter bervariasi tergantung pada tingkat pendidikan, pengalaman, lokasi, dan jenis proyek yang dikerjakan.

Jika Anda tertarik untuk menekuni pekerjaan drafter, Anda bisa memulai dengan mengambil pendidikan formal di bidang desain atau teknik terkait. Anda juga bisa mengikuti kursus atau pelatihan yang menyediakan sertifikat keahlian dalam software desain tertentu. Selain itu, Anda harus rajin berlatih dan membangun portofolio Anda dengan membuat berbagai macam gambar desain sesuai dengan bidang yang Anda minati.

Jobdesk Drafter

Jobdesk, tugas dan tanggung jawab drafter tergantung pada jenis dan bidang pekerjaannya. Secara umum, drafter melakukan tugas-tugas berikut:

  • Membuat design plans/rencana desain menggunakan software CAD
  • Bekerja dari gambar mentahan/sketsa kasar berdasarkan spesifikasi dan persyaratan yang dibuat oleh para arsitek atau engineer
  • Mendesain sebuah produk dengan teknik engineering dan manufacturing
  • Menambahkan detail pada gambar desain untuk mempermudah membaca gambar
  • Menentukan dan menghitung letak, dimensi, berat, bahan dan prosedur untuk barang yang akan dikerjakan
  • Mengidentifikasi potensi permasalahan dan mereview bersama tim engineering
  • Memastikan desain akhir mematuhi peraturan standar kualitas
  • Merevisi gambar kerja berdasarkan kebutuhan klien
  • Bekerja di bawah pengawasan arsitek atau engineer

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis drafter dan tugas spesifiknya:

  • Architectural drafter adalah drafter yang menggambar detail dan fitur untuk proyek konstruksi dan bangunan lainnya. Architectural drafter memiliki spesialisasi bekerja di bidang bangunan, seperti perumahaan atau bangunan komersial seperti mall, tempat hiburan dan lainnya.
  • Civil drafter adalah drafter yang menyiapkan peta topografi yang digunakan dalam proyek konstruksi dan teknik sipil seperti jalan raya, jembatan dan bangunan.
  • Electronic drafter adalah drafter yang membuat wiring diagram, assembly diagram untuk papan circuit dan gambar layout/tata letak yang digunakan di manufacturing dan didalam pemasangan atau memperbaiki perangkat dan komponen elektronik.
  • Mechanical drafter adalah drafter yang membuat gambar teknik untuk mesin, alat-alat mekanik, peralatan industri dan produk-produk manufaktur lainnya.
  • Aeronautical drafter adalah drafter yang membuat gambar teknik untuk pesawat terbang, roket, satelit dan kendaraan luar angkasa lainnya.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Drafter

Keahlian yang harus dimiliki oleh drafter antara lain:

  • Kemampuan menggambar teknik dengan software CAD
  • Kemampuan berpikir spasial dan visual
  • Kemampuan berkomunikasi dengan arsitek, engineer, klien dan tim kerja
  • Kemampuan menganalisis, menghitung dan memecahkan masalah
  • Kemampuan mengikuti instruksi, standar dan peraturan
  • Kemampuan bekerja secara teliti, rapi dan akurat
  • Kemampuan bekerja secara mandiri maupun tim
  • Kemampuan beradaptasi dengan perkembangan teknologi

Cara Menjadi Drafter

Cara menjadi drafter dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Menyelesaikan pendidikan minimal SMA/SMK jurusan teknik gambar atau sederajat. Jika ingin memiliki kualifikasi yang lebih tinggi, dapat melanjutkan pendidikan diploma atau sarjana jurusan arsitektur, teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin atau sejenisnya.
  • Mengikuti kursus atau pelatihan software CAD untuk meningkatkan kemampuan menggambar teknik. Beberapa software CAD yang populer digunakan adalah AutoCAD, SketchUp, Revit, SolidWorks atau lainnya.
  • Membuat portofolio gambar teknik yang menunjukkan kemampuan dan kreativitas sebagai drafter. Portofolio dapat berupa gambar-gambar proyek pribadi, tugas sekolah atau kuliah, atau hasil kursus atau pelatihan.
  • Mencari lowongan pekerjaan sebagai drafter di berbagai media online atau offline. Biasanya, perusahaan yang membutuhkan drafter adalah perusahaan konstruksi, arsitektur, engineering, manufacturing atau sejenisnya.
  • Melamar pekerjaan sebagai drafter dengan mengirimkan surat lamaran, CV dan portofolio gambar teknik. Pastikan untuk menyesuaikan lamaran dengan jenis dan bidang pekerjaan yang dilamar.
  • Mengikuti proses seleksi pekerjaan sebagai drafter yang dapat meliputi tes tertulis, tes praktik menggambar teknik, wawancara dan psikotes. Persiapkan diri dengan baik dan tunjukkan kemampuan dan minat sebagai drafter.

Jenjang Karir Drafter

Jenjang karir drafter dapat berkembang seiring dengan pengalaman, kinerja dan tanggung jawabnya. Berikut ini adalah contoh jenjang karir drafter:

  • Drafter Junior adalah drafter yang baru memulai karirnya dan memiliki pengalaman kurang dari 2 tahun. Drafter junior biasanya bekerja di bawah bimbingan dan pengawasan drafter senior atau arsitek atau engineer. Drafter junior bertugas untuk membuat gambar teknik sederhana sesuai dengan instruksi yang diberikan.
  • Drafter Senior adalah drafter yang memiliki pengalaman lebih dari 2 tahun dan memiliki kemampuan yang lebih baik daripada drafter junior. Drafter senior dapat bekerja secara mandiri maupun tim dan bertanggung jawab untuk membuat gambar teknik yang lebih kompleks dan detail. Drafter senior juga dapat memberikan arahan dan bimbingan kepada drafter junior.
  • Drafter Supervisor adalah drafter yang memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun dan memiliki kemampuan manajerial. Drafter supervisor bertugas untuk mengkoordinasikan, mengawasi dan mengevaluasi pekerjaan drafter junior dan senior. Drafter supervisor juga berkomunikasi dengan arsitek, engineer, klien dan pihak-pihak terkait lainnya.

Yang Harus Kalian Ketahui Drafter

Sebelum bekerja sebagai drafter, ada beberapa hal yang perlu diketahui antara lain:

  • Drafter harus siap bekerja dengan deadline yang ketat dan tuntutan klien yang tinggi. Drafter harus dapat menyelesaikan gambar teknik sesuai dengan spesifikasi, standar dan peraturan yang berlaku.
  • Drafter harus siap bekerja dengan komputer dan software CAD sepanjang waktu. Drafter harus dapat mengoperasikan software CAD dengan lancar dan mengatasi masalah teknis yang mungkin terjadi.
  • Drafter harus siap belajar terus-menerus untuk mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar. Drafter harus mau mengupdate pengetahuan dan keterampilannya dengan mengikuti kursus, pelatihan, seminar atau workshop yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya.

Profesi Lainnya

profesi teknisi robot

Teknisi Robot

Dalam era teknologi yang terus berkembang dengan pesat, peran robot dalam kehidupan sehari-hari semakin meningkat. Dari pabrik manufaktur hingga rumah tangga, robot telah menjadi bagian

Read More »
profesi mekanik pesawat

Mekanik Pesawat

Tahukah kamu profesi mekanik pesawat? Mekanik pesawat adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memastikan pesawat terbang beroperasi dengan baik dan aman. Mereka melakukan perawatan rutin,

Read More »
teller bank

Teller Bank

Teller bank adalah seorang pekerja yang bertugas melakukan transaksi perbankan pada nasabah atau pengunjung bank. Tugas utama teller bank adalah menerima setoran tunai, penarikan tunai,

Read More »
tugas sutradara

Sutradara

Pekerjaan seorang sutradara adalah salah satu peran kunci dalam dunia perfilman dan pertunjukan. Sutradara bertanggung jawab dalam menyusun dan mengarahkan aspek artistik dan teknis dalam

Read More »
perawat lansia

Perawat Lansia

Pekerjaan perawat lansia adalah pekerjaan di bidang perawatan kesehatan yang khusus melibatkan merawat dan memberikan perhatian medis kepada orang dewasa yang telah mencapai usia lanjut.

Read More »
profesi digital marketing

Digital Marketing Specialist

Percaya atau tidak digital marketing di era saat ini menjadi salah satu kunci sukses dalam memasarkan produk baik itu jasa maupun barang. Secara umum digital marketing adalah suatu

Read More »