mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Asisten Manager

Asisten manager adalah orang yang membantu manager dalam menjalankan operasional dan administrasi suatu organisasi, perusahaan, atau bisnis.

profesi asisten manager

Deskripsi Profesi Asisten Manager

Apakah Anda tertarik untuk menjadi asisten manager? Jika ya, maka artikel ini akan memberikan Anda informasi lengkap dan detail tentang pekerjaan ini. Anda akan mengetahui deskripsi, gaji, kualifikasi pendidikan, jobdesk, tugas dan tanggung jawab, keahlian yang harus dimiliki, cara menjadi, jenjang karir, dan hal-hal yang perlu diketahui sebelum bekerja sebagai asisten manager.

Asisten manager adalah orang yang membantu manager dalam menjalankan operasional dan administrasi suatu organisasi, perusahaan, atau bisnis. Asisten manager bertanggung jawab untuk mengoordinasikan dan mengawasi kinerja staf, membuat laporan dan dokumen, menangani masalah dan keluhan pelanggan, serta memberikan saran dan masukan kepada manager.

Asisten manager harus memiliki kemampuan komunikasi, kepemimpinan, organisasi, analisis, dan penyelesaian masalah yang baik. Asisten manager juga harus mampu bekerja di bawah tekanan, beradaptasi dengan perubahan, dan berkolaborasi dengan tim. Asisten manager harus siap untuk menggantikan manager jika diperlukan.

Pekerjaan asistan manager adalah pekerjaan yang menantang dan menjanjikan bagi mereka yang memiliki skill dan minat di bidang manajemen. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang asistan manager, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi proses seleksi dan wawancara yang ketat. Anda juga harus terus belajar dan mengembangkan diri untuk menjadi seorang asistan manager yang profesional dan kompeten.

Jobdesk Asisten Manager

Jobdesk, tugas dan tanggung jawab asisten manager dapat berbeda-beda tergantung pada jenis dan ukuran organisasi, perusahaan, atau bisnis tempat Anda bekerja. Namun, secara umum, berikut adalah beberapa jobdesk, tugas dan tanggung jawab asisten manager:

  • Membantu manager dalam merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi strategi dan kebijakan organisasi.
  • Membantu manager dalam mengatur jadwal kerja, anggaran, inventaris, dan sumber daya manusia.
  • Membantu manager dalam merekrut, melatih, mengevaluasi, dan memberi umpan balik kepada staf.
  • Membantu manager dalam mengawasi kinerja staf dan memastikan mereka mematuhi standar kualitas dan etika kerja.
  • Membantu manager dalam membuat laporan dan dokumen yang berkaitan dengan operasional dan administrasi organisasi.
  • Membantu manager dalam menangani masalah dan keluhan pelanggan secara profesional dan efektif.
  • Membantu manager dalam berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak internal dan eksternal seperti karyawan, pemasok, mitra, klien, dan media.
  • Membantu manager dalam mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan pihak-pihak yang terkait dengan organisasi.
  • Membantu manager dalam mengidentifikasi dan menganalisis peluang dan tantangan yang dihadapi organisasi.
  • Membantu manager dalam mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan organisasi.
  • Membantu manager dalam mengatasi masalah dan konflik yang mungkin timbul di dalam atau di luar organisasi.
  • Membantu manager dalam memantau perkembangan industri, pasar, dan kompetitor.
  • Membantu manager dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan diri dan staf melalui pelatihan, seminar, atau workshop.
  • Membantu manager dalam mewakili organisasi di depan publik atau media jika diperlukan.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Asisten Manager

Untuk menjadi asisten manager yang sukses, Anda harus memiliki beberapa keahlian yang penting, antara lain:

  • Keahlian komunikasi: Anda harus mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik, jelas, dan persuasif dengan berbagai pihak. Anda juga harus mampu mendengarkan, memahami, dan menanggapi kebutuhan dan harapan mereka.
  • Keahlian kepemimpinan: Anda harus mampu memimpin, memotivasi, dan menginspirasi staf Anda untuk bekerja secara efektif dan efisien. Anda juga harus mampu memberikan contoh yang baik dan menjadi panutan bagi mereka.
  • Keahlian organisasi: Anda harus mampu mengatur, mengelola, dan mengawasi berbagai sumber daya seperti waktu, uang, barang, dan orang. Anda juga harus mampu menetapkan prioritas, membuat rencana, mengeksekusi tugas, dan mengevaluasi hasil.
  • Keahlian analisis: Anda harus mampu mengumpulkan, memproses, dan menganalisis data dan informasi yang relevan dengan pekerjaan Anda. Anda juga harus mampu membuat kesimpulan, rekomendasi, dan keputusan yang logis dan rasional berdasarkan data dan informasi tersebut.
  • Keahlian penyelesaian masalah: Anda harus mampu mengidentifikasi, mendefinisikan, dan menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh organisasi atau pelanggan Anda. Anda juga harus mampu mencari solusi alternatif, kreatif, dan inovatif untuk masalah tersebut.
  • Keahlian adaptasi: Anda harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di lingkungan kerja Anda. Anda juga harus mampu belajar dari pengalaman, kesalahan, dan umpan balik yang Anda terima.
  • Keahlian kolaborasi: Anda harus mampu bekerja sama dengan tim Anda maupun dengan pihak lain yang terlibat dalam pekerjaan Anda. Anda juga harus mampu memberi dan menerima bantuan, saran, dan kritik secara konstruktif.

Cara Menjadi Asisten Manager

Untuk menjadi asisten manager, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Menyelesaikan pendidikan formal sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh pekerjaan yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin menjadi asisten manager di bidang keuangan, maka Anda harus menyelesaikan gelar sarjana dari jurusan akuntansi atau perpajakan.
  • Mengikuti pelatihan, seminar, atau workshop yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin menjadi asisten manager di bidang pemasaran, maka Anda harus mengikuti pelatihan tentang strategi pemasaran, analisis pasar, atau media sosial.
  • Mencari pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin menjadi asisten manager di bidang sumber daya manusia, maka Anda harus mencari pekerjaan sebagai staf sumber daya manusia, rekruter, atau konsultan.
  • Membangun jaringan profesional dengan orang-orang yang bekerja di bidang yang sama atau terkait dengan pekerjaan yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin menjadi asisten manager di bidang pariwisata, maka Anda harus berhubungan dengan orang-orang yang bekerja di hotel, agen perjalanan, atau maskapai penerbangan.
  • Mencari dan melamar pekerjaan sebagai asisten manager di organisasi, perusahaan, atau bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Anda harus menyiapkan surat lamaran, curriculum vitae (CV), dan portofolio yang menunjukkan kualifikasi dan pengalaman Anda. Anda juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tes dan wawancara kerja.

Jenjang Karir Asisten Manager

Jenjang karir asisten manager dapat bervariasi tergantung pada industri, lokasi, pengalaman, dan kinerja Anda. Namun, secara umum, berikut adalah beberapa jenjang karir yang dapat Anda capai sebagai asisten manager:

  • Asisten Manager Junior: Ini adalah posisi awal bagi asisten manager. Di sini, Anda akan belajar dan mengembangkan keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk menjadi asisten manager. Anda akan bekerja di bawah bimbingan dan pengawasan manager atau asisten manager senior. Anda akan bertanggung jawab untuk tugas-tugas sederhana dan rutin seperti membuat laporan, mengatur jadwal, atau menangani telepon.
  • Asisten Manager Senior: Ini adalah posisi lanjutan bagi asisten manager. Di sini, Anda akan meningkatkan dan memperluas keterampilan yang telah Anda miliki sebagai asisten manager junior. Anda akan bekerja secara lebih mandiri dan bertanggung jawab untuk tugas-tugas yang lebih kompleks dan strategis seperti merekrut staf, membuat anggaran, atau menyelesaikan masalah. Anda juga akan membimbing dan mengawasi asisten manager junior.
  • Manager: Ini adalah posisi tertinggi bagi asisten manager. Di sini, Anda akan menjadi pemimpin dan pengambil keputusan utama dalam organisasi. Anda akan bertanggung jawab untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi visi, misi, tujuan, dan strategi organisasi. Anda juga akan mengatur, mengelola, dan mengawasi seluruh operasional dan administrasi organisasi. Anda akan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak-pihak penting seperti pemegang saham, pemerintah, atau media. Anda akan menjadi panutan dan inspirasi bagi staf Anda.

Yang Harus Kalian Ketahui Asisten Manager

Sebelum Anda bekerja sebagai asisten manager, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Asisten manager adalah pekerjaan yang menantang dan menuntut. Anda harus siap untuk bekerja keras, cepat, dan akurat. Anda juga harus siap untuk menghadapi tekanan, konflik, dan perubahan yang mungkin terjadi di lingkungan kerja Anda.
  • Asisten manager adalah pekerjaan yang fleksibel dan dinamis. Anda harus siap untuk menyesuaikan diri dengan berbagai situasi, tugas, dan tanggung jawab yang mungkin berbeda-beda setiap hari. Anda juga harus siap untuk belajar hal-hal baru dan mengembangkan keterampilan Anda secara terus-menerus.
  • Asisten manager adalah pekerjaan yang membutuhkan kerjasama dan koordinasi. Anda harus siap untuk bekerja sama dengan tim Anda maupun dengan pihak lain yang terlibat dalam pekerjaan Anda. Anda juga harus siap untuk memberi dan menerima bantuan, saran, dan kritik secara konstruktif.
  • Asisten manager adalah pekerjaan yang memberikan peluang dan penghargaan. Anda akan mendapatkan pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan yang berharga untuk karir Anda. Anda juga akan mendapatkan gaji, tunjangan, bonus, atau promosi yang sesuai dengan kinerja Anda.

Profesi Lainnya

administrasi rumah sakit

Administrasi Rumah Sakit

Profesi administrasi rumah sakit memiliki tugas dan tanggung jawab yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengoperasian rumah sakit. Beberapa contoh pekerjaan administrasi rumah sakit adalah:

Read More »
profesi hrd

HRD (Human Resources Development)

HRD adalah singkatan dari Human Resources Development. Apabila diterjemahkan HRD adalah Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pengertian HRD adalah kerangka kerja untuk membantu karyawan mengembangkan keterampilan, pengetahuan,

Read More »
drafter

Drafter

Jika Anda tertarik dengan dunia desain dan konstruksi, Anda mungkin pernah mendengar istilah drafter. Drafter adalah profesi yang bertugas untuk merancang, mendesain, dan mendetailkan sebuah

Read More »
profesi wasit

Wasit

Wasit adalah seorang yang bertugas sebagai pemimpin, penentu, dan penengah dalam sebuah pertandingan olahraga, seperti sepak bola, bulu tangkis, voli, dan lain-lain. Wasit memiliki wewenang

Read More »
tugas content manager

Content Manager

Dalam era digital saat ini, konten menjadi salah satu elemen kunci dalam strategi pemasaran dan branding suatu perusahaan. Content manager adalah peran penting dalam mengelola

Read More »
electrical engineer

Electrical Engineer

Pekerjaan Electrical Engineer adalah sebuah profesi yang melibatkan perancangan, pengembangan, pengujian, dan pemeliharaan sistem kelistrikan. Seorang Electrical Engineer bertanggung jawab untuk merancang dan mengimplementasikan solusi

Read More »