mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Sales Manager

Tugas utama Sales Manager meliputi pengembangan rencana penjualan, pengawasan tim penjualan, pelatihan staf, memantau kinerja penjualan, dan menjalin hubungan dengan klien penting.

sales manager

Deskripsi Profesi Sales Manager

Pekerjaan Sales Manager adalah salah satu peran kunci dalam dunia bisnis. Seorang Sales Manager bertanggung jawab untuk mengelola tim penjualan dan mencapai target penjualan perusahaan. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara detail mengenai deskripsi pekerjaan, gaji, kualifikasi pendidikan, jobdesk, tugas dan tanggung jawab, serta keahlian yang harus dimiliki oleh seorang Sales Manager. Juga, kita akan membahas beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memulai karir dalam bidang ini.

Sales Manager adalah individu yang bertanggung jawab atas strategi penjualan perusahaan. Mereka bekerja untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh manajemen. Tugas utama Sales Manager meliputi pengembangan rencana penjualan, pengawasan tim penjualan, pelatihan staf, memantau kinerja penjualan, dan menjalin hubungan dengan klien penting. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengidentifikasi peluang pasar baru, menganalisis tren penjualan, dan menyusun laporan penjualan secara berkala.

Sebagai seorang Sales Manager, Anda akan berperan sebagai pemimpin tim penjualan. Anda akan bekerja sama dengan tim untuk mengidentifikasi peluang pasar baru, mengembangkan rencana penjualan yang komprehensif, dan mengarahkan upaya penjualan yang bertujuan untuk mencapai target yang ditetapkan. Anda akan memantau kinerja penjualan, menganalisis data penjualan, dan menyusun laporan yang memberikan wawasan tentang pencapaian dan tantangan yang dihadapi. Selain itu, Anda akan berinteraksi dengan klien penting, membangun dan menjaga hubungan yang kuat dengan mereka, serta memberikan solusi yang memenuhi kebutuhan dan harapan klien.

Pekerjaan Sales Manager membutuhkan keterampilan komunikasi yang kuat, kemampuan kepemimpinan yang efektif, pengetahuan produk dan pasar yang mendalam, serta kemampuan analitis yang baik. Anda juga harus memiliki kemampuan dalam mengelola waktu dengan baik, beradaptasi dengan perubahan yang cepat, dan bekerja di bawah tekanan. Karir sebagai Sales Manager menawarkan peluang pengembangan karir yang baik, serta potensi untuk mendapatkan penghasilan yang kompetitif melalui bonus berdasarkan pencapaian target penjualan.

Secara keseluruhan, pekerjaan Sales Manager melibatkan pengelolaan tim penjualan, pengembangan strategi penjualan, dan mencapai target penjualan perusahaan. Dengan keterampilan yang tepat dan dedikasi yang kuat, Anda dapat mencapai kesuksesan dalam peran ini dan memberikan kontribusi yang berarti bagi pertumbuhan bisnis.

Jobdesk Sales Manager

Jobdesk, Tugas, dan Tanggung Jawab Sales Manager a. Mengembangkan strategi penjualan: Sales Manager bertanggung jawab untuk merancang dan mengimplementasikan strategi penjualan yang efektif. Ini melibatkan analisis pasar, mengidentifikasi peluang, menetapkan target, dan mengarahkan tim penjualan untuk mencapainya.

b. Mengawasi tim penjualan: Seorang Sales Manager harus mampu mengelola tim penjualan dengan efektif. Ini mencakup merekrut, melatih, dan mengawasi anggota tim, serta memberikan arahan dan dukungan yang diperlukan untuk mencapai target penjualan.

c. Memonitor kinerja penjualan: Sales Manager harus terus memantau kinerja penjualan, menganalisis tren, dan mengidentifikasi area yang perlu perbaikan. Mereka juga bertanggung jawab untuk menyusun laporan penjualan yang akurat dan menyajikannya kepada manajemen.

d. Membangun hubungan dengan klien: Salah satu aspek penting dari peran Sales Manager adalah membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan klien penting. Ini melibatkan bertemu dengan klien, memahami kebutuhan mereka, memberikan solusi yang tepat, dan menjaga komunikasi yang efektif.

e. Menganalisis pasar dan persaingan: Seorang Sales Manager harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang pasar dan persaingan. Mereka harus dapat mengidentifikasi tren pasar, memantau aktivitas pesaing, dan mengatur strategi penjualan yang relevan.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Sales Manager

Keahlian yang Harus Dimiliki oleh Sales Manager a. Keterampilan Komunikasi: Sales Manager harus memiliki keterampilan komunikasi yang luar biasa. Mereka harus dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan tim penjualan, klien, dan pihak internal lainnya.

b. Kepemimpinan: Kemampuan kepemimpinan yang kuat adalah salah satu aspek penting dari peran Sales Manager. Mereka harus dapat menginspirasi, memotivasi, dan mengarahkan tim penjualan untuk mencapai target.

c. Pengetahuan Produk dan Pasar: Seorang Sales Manager harus memiliki pemahaman yang baik tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan, serta pemahaman yang mendalam tentang pasar tempat perusahaan beroperasi.

d. Analisis dan Pemecahan Masalah: Sales Manager harus memiliki kemampuan untuk menganalisis data penjualan, mengidentifikasi masalah, dan mengembangkan strategi penjualan yang efektif.

e. Kemampuan Manajemen Waktu: Manajemen waktu yang baik adalah keterampilan yang sangat penting bagi seorang Sales Manager. Mereka harus dapat mengatur prioritas, mengelola waktu dengan efisien, dan memenuhi tenggat waktu yang ketat.

Cara Menjadi Sales Manager

Cara Menjadi Sales Manager

Sales manager adalah salah satu posisi yang paling penting dalam sebuah perusahaan. Sales manager bertanggung jawab untuk mengelola tim sales, menetapkan target penjualan, membuat strategi pemasaran, dan memastikan kepuasan pelanggan. Sales manager juga harus memiliki kemampuan komunikasi, negosiasi, analisis, dan kepemimpinan yang baik.

Untuk menjadi sales manager yang sukses, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Miliki pengalaman di bidang sales. Sebelum Anda bisa menjadi sales manager, Anda harus memiliki pengalaman sebagai sales terlebih dahulu. Pengalaman ini akan membantu Anda memahami proses penjualan, tantangan yang dihadapi oleh tim sales, dan kebutuhan pelanggan. Anda juga akan belajar banyak hal tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan, pasar yang Anda targetkan, dan kompetitor yang Anda hadapi.

2. Tingkatkan keterampilan Anda. Selain pengalaman, Anda juga harus terus meningkatkan keterampilan Anda sebagai sales manager. Anda bisa mengikuti pelatihan, seminar, workshop, atau kursus yang berkaitan dengan bidang sales dan manajemen. Anda juga bisa membaca buku, artikel, blog, atau podcast yang memberikan wawasan dan inspirasi tentang sales dan manajemen. Selain itu, Anda juga harus mengembangkan soft skill seperti komunikasi, negosiasi, motivasi, dan problem-solving.

3. Bangun jaringan profesional. Jaringan profesional adalah salah satu aset yang sangat berharga bagi seorang sales manager. Dengan memiliki jaringan profesional yang luas, Anda bisa mendapatkan informasi, referensi, saran, atau bantuan dari orang-orang yang berpengalaman dan ahli di bidangnya. Anda bisa membangun jaringan profesional dengan cara bergabung dengan komunitas, organisasi, atau asosiasi yang relevan dengan bidang sales dan manajemen. Anda juga bisa menghadiri acara-acara networking seperti konferensi, pameran, atau seminar.

4. Tunjukkan prestasi Anda. Untuk menjadi sales manager yang dihormati dan diakui oleh atasan dan bawahan Anda, Anda harus menunjukkan prestasi Anda sebagai sales dan sebagai manajer. Anda harus mampu mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan, meningkatkan kinerja tim sales Anda, dan memberikan solusi bagi masalah-masalah yang muncul di lapangan. Anda juga harus membuat laporan-laporan yang akurat dan informatif tentang hasil penjualan dan aktivitas tim sales Anda.

5. Siapkan diri untuk promosi. Jika Anda sudah memiliki pengalaman, keterampilan, jaringan profesional, dan prestasi yang memadai sebagai sales manager, maka langkah selanjutnya adalah bersiap-siap untuk promosi. Anda harus menunjukkan kepada atasan Anda bahwa Anda siap untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar dan menantang sebagai sales manager di level yang lebih tinggi. Anda juga harus menyiapkan resume dan portofolio yang menarik dan profesional yang mencerminkan pencapaian dan potensi Anda sebagai sales manager.

Menjadi sales manager adalah sebuah karir yang menjanjikan dan menyenangkan bagi mereka yang memiliki minat dan bakat di bidang sales dan manajemen. Dengan mengikuti tips di atas, Anda bisa meningkatkan peluang Anda untuk menjadi sales manager yang sukses dan disegani.

Jenjang Karir Sales Manager

Jenjang Karir Sales Manager

Apakah Anda memiliki bakat dalam menjual produk atau jasa? Apakah Anda ingin meniti karir yang menantang dan menguntungkan di bidang sales? Jika ya, maka Anda mungkin tertarik untuk menjadi sales manager.

Sales manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola tim sales, menetapkan target penjualan, merencanakan strategi pemasaran, dan memantau kinerja sales. Sales manager juga harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan, mitra bisnis, dan pihak internal lainnya.

Untuk menjadi sales manager, Anda harus memiliki kualifikasi dan kompetensi sebagai berikut:

– Minimal lulusan S1 dari jurusan yang relevan, seperti manajemen, pemasaran, atau komunikasi.
– Memiliki pengalaman minimal 3 tahun di bidang sales, baik sebagai sales executive maupun sales supervisor.
– Memiliki kemampuan leadership, negotiation, presentation, dan problem-solving yang baik.
– Memiliki pengetahuan yang luas tentang produk atau jasa yang dijual, pasar yang dituju, dan pesaing yang ada.
– Memiliki motivasi yang tinggi, inisiatif yang kuat, dan orientasi pada hasil.
– Mampu bekerja di bawah tekanan dan target yang ketat.
– Mampu bekerja secara tim maupun mandiri.
– Menguasai bahasa Inggris secara lisan maupun tulisan.
– Menguasai aplikasi komputer yang berkaitan dengan sales, seperti Microsoft Office, CRM, atau ERP.

Jika Anda memenuhi kriteria di atas, maka Anda berpeluang untuk bergabung dengan perusahaan kami sebagai sales manager. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi yang menyediakan solusi-solusi inovatif untuk berbagai sektor industri. Kami memiliki visi untuk menjadi mitra terpercaya bagi pelanggan kami dalam menghadapi tantangan era digital.

Sebagai sales manager di perusahaan kami, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat, seperti:

– Gaji pokok yang kompetitif dan insentif penjualan yang menarik.
– Tunjangan kesehatan, transportasi, dan komunikasi.
– Pelatihan dan pengembangan karir yang berkelanjutan.
– Lingkungan kerja yang dinamis, profesional, dan kolaboratif.
– Kesempatan untuk berkontribusi dalam proyek-proyek berskala nasional maupun internasional.

Jika Anda tertarik untuk melamar posisi ini, silakan kirimkan CV dan surat lamaran Anda ke alamat email berikut: recruitment@company.com. Cantumkan kode posisi SM-2023 di subjek email Anda. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan diproses lebih lanjut. Batas waktu pengiriman lamaran adalah 31 Juli 2023.

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk jenjnag karir Anda sebagai sales manager. Kami tunggu lamaran Anda segera!

Yang Harus Kalian Ketahui Sales Manager

Yang Perlu Diketahui Sebelum Bekerja sebagai Sales Manager a. Tingkat Stres yang Tinggi: Pekerjaan Sales Manager seringkali penuh dengan tekanan dan stres. Menghadapi target penjualan yang ambisius dan mengelola tim penjualan yang kompleks bisa menjadi tantangan yang menuntut.

b. Mobilitas yang Tinggi: Sales Manager seringkali perlu melakukan perjalanan bisnis untuk bertemu dengan klien, menghadiri konferensi, atau mengawasi tim penjualan di berbagai lokasi.

c. Pengembangan Karir: Karir dalam penjualan biasanya melibatkan kemajuan melalui tingkatan hierarki, seperti menjadi Sales Manager Regional atau Sales Director. Mempersiapkan rencana pengembangan karir jangka panjang akan membantu mencapai tujuan pribadi dan profesional.

Profesi Lainnya

profesi content writer

Content Writer

Content writer adalah seorang penulis profesional yang memproduksi konten-konten menarik di media daring. Jika diartikan secara harfiah, content writer atau yang akrab disapa sebagai penulis konten

Read More »
profesi ilustrator

Ilustrator

lustrator adalah seorang seniman atau desainer grafis yang membuat gambar atau ilustrasi untuk media cetak atau digital, seperti buku, majalah, iklan, poster, kartu ucapan, situs

Read More »
dealer makelar saham

Dealer Keuangan Makelar Saham

Dealer Keuangan Makelar Saham adalah seorang profesional yang berperan sebagai perantara antara investor dan pasar saham. Tugas utamanya adalah membeli dan menjual saham atas nama

Read More »
profesi penari

Penari

Profesi penari merupakan salah satu bentuk ekspresi seni yang menggabungkan gerakan tubuh, ritme, dan musik. Seorang penari memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan dan emosi melalui

Read More »
profesi hakim

Hakim

Hakim adalah pejabat yang memimpin persidangan. Istilah “hakim” sendiri berasal dari kata Arab حكم yang berarti “aturan, peraturan, kekuasaan, pemerintah”. Ia yang memutuskan hukuman bagi

Read More »
dosen

Dosen

Dosen adalah pendidik profesional yang bekerja di satuan pendidikan tinggi tertentu. Dosen kerap disebut sebagai Ilmuwan karena kapasitas ilmu yang ia miliki. Namun, cecara umum profesi

Read More »