mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Penata Rias Make Up Artist

Penata rias make up artist adalah orang yang ahli dalam mengaplikasikan make up pada wajah dan tubuh seseorang untuk menciptakan tampilan yang sesuai dengan keinginan klien, tema, atau acara.

profesi make up artist

Deskripsi Profesi Penata Rias Make Up Artist

Apakah Anda suka berkreasi dengan make up dan ingin menjadikannya profesi? Jika ya, maka pekerjaan “Penata Rias Make Up Artist” mungkin cocok untuk Anda. Penata rias make up artist adalah orang yang ahli dalam mengaplikasikan make up pada wajah dan tubuh seseorang untuk menciptakan tampilan yang sesuai dengan keinginan klien, tema, atau acara. Penata rias make up artist dapat bekerja di berbagai bidang, seperti film, televisi, teater, periklanan, mode, pernikahan, atau salon kecantikan.

Pekerjaan ini biasanya dilakukan untuk keperluan seni, hiburan, periklanan, mode, atau kecantikan. Penata rias make up artist harus memiliki pengetahuan tentang berbagai jenis produk kosmetik, teknik aplikasi, warna kulit, bentuk wajah, dan gaya rambut. Mereka juga harus memiliki kreativitas, ketelitian, kesabaran, dan kemampuan berkomunikasi dengan baik.

Pekerjaan penata rias make up artist dapat dilakukan di berbagai tempat, seperti salon kecantikan, studio foto, teater, televisi, film, atau acara-acara khusus. Mereka dapat bekerja secara mandiri atau menjadi bagian dari tim produksi. Beberapa penata rias make up artist juga memiliki spesialisasi dalam bidang tertentu, seperti efek khusus, karakterisasi, pengantin, atau mode. Pekerjaan ini membutuhkan fleksibilitas waktu dan mobilitas yang tinggi.

Untuk menjadi penata rias make up artist yang profesional, diperlukan pendidikan dan pelatihan yang sesuai. Biasanya, penata rias make up artist harus menempuh pendidikan formal di sekolah kecantikan atau akademi make up yang terakreditasi. Di sana, mereka akan belajar tentang dasar-dasar kosmetologi, anatomi wajah, sejarah dan tren make up, serta praktik-praktik profesional. Selain itu, penata rias make up artist juga harus mengikuti kursus-kursus atau workshop yang berkaitan dengan bidang spesifik yang diminati. Mereka juga harus memiliki portofolio yang menunjukkan hasil karya mereka kepada calon klien atau pemberi kerja.

Pekerjaan penata rias make up artist adalah pekerjaan yang menarik dan menantang. Mereka harus mampu mengubah penampilan seseorang sesuai dengan konsep dan tujuan yang diinginkan. Mereka juga harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan industri kecantikan. Pekerjaan ini juga memberikan kesempatan untuk bertemu dan bekerja dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan bidang. Namun, pekerjaan ini juga memiliki tantangan dan risiko tersendiri. Mereka harus bersaing dengan penata rias make up artist lainnya yang mungkin lebih berpengalaman atau terkenal. Mereka juga harus siap menghadapi tekanan kerja yang tinggi dan permintaan klien yang bervariasi.

Jobdesk Penata Rias Make Up Artist

Sebagai penata rias make up artist, Anda memiliki beberapa jobdesk, tugas, dan tanggung jawab utama, seperti:

  • Berkomunikasi dengan klien untuk memahami konsep, tujuan, dan harapan mereka terkait dengan make up yang diinginkan.
  • Merencanakan dan mendesain make up yang sesuai dengan karakteristik wajah dan tubuh klien, tema atau acara yang dihadiri klien, serta anggaran dan waktu yang tersedia.
  • Memilih dan menyiapkan produk dan alat make up yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan make up pada klien.
  • Membersihkan wajah klien dari sisa-sisa kosmetik sebelumnya dan memberikan perawatan kulit dasar jika diperlukan.
  • Mengaplikasikan make up pada wajah dan tubuh klien dengan teknik yang tepat dan rapi.
  • Memeriksa hasil akhir make up dan melakukan perbaikan jika ada kesalahan atau permintaan perubahan dari klien.
  • Memberikan saran kepada klien tentang cara merawat make up agar tahan lama dan tidak rusak selama acara berlangsung.
  • Membersihkan dan merawat produk dan alat make up setelah digunakan dan menyimpannya dengan baik.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Penata Rias Make Up Artist

Untuk menjadi penata rias make up artist yang handal, Anda harus memiliki beberapa keahlian, seperti:

  • Keahlian teknis dalam mengaplikasikan make up dengan berbagai teknik, seperti blending, contouring, highlighting, shading, dan lain-lain.
  • Keahlian artistik dalam menciptakan tampilan make up yang indah, menarik, dan sesuai dengan konsep yang diinginkan.
  • Keahlian kreatif dalam berinovasi dan bereksperimen dengan make up untuk menciptakan tampilan yang unik, baru, atau berbeda dari yang biasa.
  • Keahlian komunikatif dalam berinteraksi dengan klien dan pihak lain yang terlibat dalam proyek make up, seperti mendengarkan, menjelaskan, menanyakan, menegosiasikan, dan memberikan umpan balik.
  • Keahlian organisasi dalam merencanakan dan mengatur pekerjaan make up secara efisien dan efektif, seperti menentukan produk dan alat yang dibutuhkan, mengatur jadwal dan anggaran, serta memenuhi deadline.
  • Keahlian adaptasi dalam menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi yang berubah-ubah, seperti perubahan konsep, permintaan klien, atau masalah teknis.

Cara Menjadi Penata Rias Make Up Artist

Jika Anda tertarik untuk menjadi penata rias make up artist, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Menentukan bidang kerja yang ingin Anda tekuni, seperti film, televisi, teater, periklanan, mode, pernikahan, atau salon kecantikan. Setiap bidang kerja memiliki spesifikasi dan tantangan tersendiri yang membutuhkan keterampilan dan pengetahuan khusus.
  • Mengembangkan minat dan bakat Anda dalam make up dengan belajar secara otodidak atau mengikuti kursus atau pelatihan profesional. Anda dapat mempelajari berbagai sumber informasi tentang make up, seperti buku, majalah, video, blog, atau website. Anda juga dapat mencoba berbagai produk dan alat make up untuk mengetahui kualitas dan fungsi mereka.
  • Membuat portofolio yang menampilkan hasil karya Anda dalam berbagai gaya dan situasi. Anda dapat meminta bantuan teman atau keluarga untuk menjadi model Anda atau bekerja sama dengan fotografer profesional untuk mengambil gambar hasil karya Anda. Anda juga dapat membuat website atau media sosial untuk mempromosikan portofolio Anda secara online.
  • Mencari peluang kerja sebagai penata rias make up artist dengan mengirimkan lamaran dan portofolio Anda ke perusahaan atau lembaga yang membutuhkan jasa Anda. Anda juga dapat bergabung dengan komunitas atau asosiasi penata rias make up artist untuk mendapatkan informasi tentang lowongan kerja atau proyek yang tersedia. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan jasa Anda secara mandiri kepada calon klien yang membutuhkan make up untuk acara tertentu.
  • Mengembangkan karir Anda sebagai penata rias make up artist dengan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda melalui pengalaman kerja, pelatihan lanjutan, atau sertifikasi profesional. Anda juga dapat memperluas jaringan dan hubungan Anda dengan sesama penata rias make up artist atau pihak lain yang terkait dengan industri kecantikan dan hiburan. Selain itu, Anda juga dapat menciptakan gaya atau tren make up sendiri yang dapat menjadi ciri khas Anda.

Jenjang Karir Penata Rias Make Up Artist

Sebagai penata rias make up artist, Anda dapat memiliki beberapa jenjang karir sesuai dengan tingkat pengalaman dan prestasi Anda. Berikut adalah beberapa contoh jenjang karir yang dapat Anda capai:

  • Penata Rias Make Up Artist Junior: Ini adalah jenjang karir awal bagi Anda yang baru memulai pekerjaan sebagai penata rias make up artist. Di jenjang ini, Anda biasanya bekerja di bawah bimbingan atau pengawasan penata rias make up artist senior. Tugas utama Anda adalah membantu penata rias make up artist senior dalam melakukan pekerjaan make up sesuai dengan instruksi atau arahan mereka. Di jenjang ini, Anda dapat belajar banyak hal tentang pekerjaan make up dari penata rias make up artist senior yang lebih berpengalaman dan berkualitas.
  • Penata Rias Make Up Artist Senior: Ini adalah jenjang karir selanjutnya bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman dan keterampilan yang cukup sebagai penata rias make up artist. Di jenjang ini, Anda biasanya bekerja secara mandiri atau memimpin tim penata rias make up artist junior. Tugas utama Anda adalah merencanakan dan mendesain make up sesuai dengan konsep dan tujuan klien atau proyek. Anda juga bertanggung jawab untuk mengaplikasikan make up pada klien atau model dengan teknik yang profesional dan berkualitas. Di jenjang ini, Anda dapat menunjukkan kreativitas dan inovasi Anda dalam menciptakan tampilan make up yang menarik dan sesuai dengan tren.
  • Penata Rias Make Up Artist Spesialis: Ini adalah jenjang karir tertinggi bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman dan keterampilan yang luar biasa sebagai penata rias make up artist. Di jenjang ini, Anda biasanya bekerja sebagai penata rias make up artist spesialis di bidang tertentu, seperti film, televisi, teater, periklanan, mode, pernikahan, atau salon kecantikan. Tugas utama Anda adalah merencanakan dan mendesain make up yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan bidang kerja Anda. Anda juga bertanggung jawab untuk mengaplikasikan make up pada klien atau model dengan teknik yang canggih dan detail. Di jenjang ini, Anda dapat menciptakan gaya atau tren make up sendiri yang dapat menjadi ciri khas atau inspirasi bagi penata rias make up artist lain.

Yang Harus Kalian Ketahui Penata Rias Make Up Artist

Sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sebagai penata rias make up artist, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, seperti:

  • Pekerjaan ini membutuhkan komitmen, dedikasi, dan kerja keras yang tinggi. Anda harus siap untuk bekerja dalam waktu yang panjang, tidak teratur, dan fleksibel sesuai dengan jadwal klien atau proyek. Anda juga harus siap untuk bekerja di berbagai tempat dan kondisi, seperti studio, lokasi syuting, panggung teater, hotel, atau rumah klien.
  • Pekerjaan ini membutuhkan investasi yang besar untuk produk dan alat make up yang berkualitas dan bervariasi. Anda harus memiliki produk dan alat make up yang sesuai dengan jenis dan warna kulit wajah klien atau model. Anda juga harus memiliki produk dan alat make up yang sesuai dengan tema atau acara yang dihadiri klien atau model. Selain itu, Anda juga harus merawat produk dan alat make up Anda agar tetap bersih, higienis, dan awet.
  • Pekerjaan ini membutuhkan sikap yang profesional, ramah, dan sopan terhadap klien dan pihak lain yang terlibat dalam proyek make up. Anda harus mampu berkomunikasi dengan baik untuk memahami keinginan dan harapan klien serta memberikan saran atau umpan balik yang konstruktif. Anda juga harus mampu bekerja sama dengan tim penata rias make up artist lain atau pihak lain seperti fotografer, model, sutradara, produser, desainer mode, atau penyelenggara acara.

Profesi Lainnya

profesi asisten manager

Asisten Manager

Apakah Anda tertarik untuk menjadi asisten manager? Jika ya, maka artikel ini akan memberikan Anda informasi lengkap dan detail tentang pekerjaan ini. Anda akan mengetahui

Read More »
dokter anak

Dokter Anak

Profesi dokter anak adalah salah satu bidang medis yang fokus pada perawatan kesehatan anak-anak, mulai dari bayi baru lahir hingga remaja. Dokter anak berperan penting

Read More »
pengasuh bayi

Pengasuh Anak Bayi

Pengasuh anak bayi adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk merawat dan memelihara bayi secara keseluruhan. Pekerjaan ini melibatkan memberikan perhatian dan perawatan pribadi yang

Read More »
profesi manajer produksi

Manajer Produksi

Apa itu Pekerjaan Manajer Produksi ? Manajer produksi adalah seseorang yang memimpin dalam koordinasi, perencanaan dan juga kontrol proses produksi. Selain itu, manajer produksi juga bertugas

Read More »
profesi florist

Florist

Pekerjaan florist, atau sering juga disebut sebagai tukang bunga, melibatkan pengolahan dan penataan bunga segar untuk berbagai keperluan seperti dekorasi, hadiah, pernikahan, acara khusus, dan

Read More »
guru sd

Guru SD

Pekerjaan sebagai guru Sekolah Dasar (SD) memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk generasi muda. Seorang guru SD bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan dasar kepada

Read More »