mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Pemandu Tur

Pemandu tur adalah orang yang bertanggung jawab untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan, informatif, dan aman kepada para wisatawan yang mengikuti tur.

profesi tour guide

Deskripsi Profesi Pemandu Tur

Pemandu tur adalah seorang profesional yang bertugas untuk mendampingi, memberikan informasi, dan memperkenalkan tempat-tempat wisata kepada para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Pemandu tur bisa bekerja di berbagai lokasi, seperti museum, galeri seni, perusahaan, bangunan bersejarah, kapal pesiar, atau tempat-tempat alam. 

Pemandu tur adalah orang yang bertanggung jawab untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan, informatif, dan aman kepada para wisatawan yang mengikuti tur. Pemandu tur harus mampu menjelaskan hal-hal yang menarik dan relevan tentang tempat-tempat yang dikunjungi, serta menanggapi pertanyaan dan kebutuhan wisatawan. Pemandu tur juga harus mengawal dan mengatur kelompok wisatawan agar tetap tertib, teratur, dan terlindungi dari bahaya atau gangguan. Pemandu tur bisa bekerja secara mandiri atau bergabung dengan agen perjalanan, biro wisata, atau organisasi lain yang menyediakan layanan tur.

Pemandu tur harus memiliki pengetahuan yang luas tentang sejarah, budaya, geografi, dan atraksi wisata di daerah yang dituju. Pemandu tur juga harus memiliki keterampilan komunikasi, koordinasi, layanan pelanggan, dan bahasa asing yang baik.

Pemandu tur harus memiliki pengetahuan yang luas tentang sejarah, budaya, geografi, dan atraksi lokal dari destinasi wisata. Pemandu tur juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan beradaptasi, dan sikap ramah dan profesional. Pekerjaan pemandu tur dapat dilakukan secara paruh waktu atau penuh waktu, tergantung pada permintaan dan musim wisata. Pekerjaan pemandu tur dapat memberikan pengalaman yang menarik dan bermanfaat bagi mereka yang suka bepergian dan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang.

Jobdesk Pemandu Tur

Jobdesk

Jobdesk pemandu tur adalah untuk memberikan layanan tur yang berkualitas kepada para wisatawan. Pemandu tur harus mampu menjelaskan hal-hal yang menarik dan relevan tentang tempat-tempat yang dikunjungi, serta menanggapi pertanyaan dan kebutuhan wisatawan. Pemandu tur juga harus mengawal dan mengatur kelompok wisatawan agar tetap tertib, teratur, dan terlindungi dari bahaya atau gangguan. Pemandu tur bisa bekerja di berbagai lokasi, seperti museum, galeri seni, perusahaan, bangunan bersejarah, kapal pesiar, atau tempat-tempat alam.

Tugas

Tugas pemandu tur meliputi:

  • Mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan tur, seperti melakukan riset tentang tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi, membuat skenario atau outline tur, memeriksa kondisi cuaca dan transportasi, serta membawa perlengkapan yang diperlukan.
  • Menyapa dan memperkenalkan diri kepada para wisatawan dengan ramah dan sopan, serta memberikan informasi dasar tentang tujuan dan jadwal tur.
  • Menjelaskan hal-hal yang menarik dan relevan tentang tempat-tempat wisata yang dikunjungi dengan jelas, lancar, dan menarik. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, humor, anekdot, atau media visual untuk membuat tur lebih hidup dan interaktif.
  • Mendengarkan dan menjawab pertanyaan atau kebutuhan wisatawan dengan baik. Memberikan solusi atau alternatif jika ada masalah atau keluhan yang muncul selama tur berlangsung.
  • Mengawal dan mengatur kelompok wisatawan agar tetap tertib, teratur, dan terlindungi dari bahaya atau gangguan. Berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti agen perjalanan, biro wisata, pengelola lokasi wisata, sopir, atau pemandu lokal.
  • Memberikan arah dan informasi terkait lainnya untuk wisatawan, seperti tempat makan, belanja, hiburan, atau fasilitas umum. Memberikan rekomendasi atau saran tentang tempat-tempat wisata lain yang bisa dikunjungi.
  • Menjaga profesionalisme, etika, dan integritas dalam bekerja. Menghormati budaya, adat istiadat, dan peraturan yang berlaku di tempat-tempat wisata yang dikunjungi.

Tanggung Jawab

Tanggung jawab pemandu tur adalah untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan, informatif, dan aman kepada para wisatawan yang mengikuti tur. Pemandu tur harus bertanggung jawab atas kualitas layanan yang diberikan, kepuasan pelanggan yang dicapai

Keahlian Yang Harus Dimiliki Pemandu Tur

Pemandu tur harus memiliki beberapa keahlian yang mendukung pekerjaannya, antara lain :

  • Keahlian komunikasi: Pemandu tur harus bisa berbicara dengan jelas, lancar, dan menarik di depan kelompok wisatawan, serta bisa mendengarkan dan menjawab pertanyaan dengan baik. Pemandu tur juga harus bisa beradaptasi dengan berbagai jenis audiens, seperti anak-anak, remaja, dewasa, atau lansia.
  • Keahlian bahasa asing: Pemandu tur harus bisa berbahasa asing, terutama bahasa Inggris, untuk bisa melayani wisatawan mancanegara. Pemandu tur juga harus bisa menguasai bahasa lokal atau daerah yang menjadi tujuan wisata, untuk bisa berkomunikasi dengan masyarakat setempat atau mendapatkan informasi tambahan.
  • Keahlian pengetahuan umum: Pemandu tur harus memiliki pengetahuan yang luas tentang tempat-tempat wisata yang dituju, seperti sejarah, budaya, geografi, flora, fauna, dan atraksi lainnya. Pemandu tur juga harus selalu update dengan perkembangan terbaru atau perubahan yang terjadi di lokasi wisata.
  • Keahlian koordinasi: Pemandu tur harus bisa mengatur dan mengawal kelompok wisatawan agar tetap tertib, teratur, dan terlindungi dari bahaya atau gangguan. Pemandu tur juga harus bisa berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti agen perjalanan, biro wisata, pengelola lokasi wisata, sopir, atau pemandu lokal.
  • Keahlian layanan pelanggan: Pemandu tur harus bisa memberikan layanan yang ramah, sopan, dan profesional kepada para wisatawan. Pemandu tur juga harus bisa menangani keluhan, masalah, atau kebutuhan khusus yang mungkin dialami oleh wisatawan.

Cara Menjadi Pemandu Tur

Untuk menjadi pemandu tur, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, antara lain :

  • Menyelesaikan pendidikan formal sesuai dengan bidang yang diminati, seperti pariwisata, sejarah, bahasa asing, atau bidang terkait lainnya. Pendidikan formal ini bisa berupa SMK, D3, S1, atau S2.
  • Mengikuti pelatihan dan ujian kompetensi pemandu wisata yang diselenggarakan oleh lembaga yang berwenang, seperti HPI atau BNSP. Pelatihan dan ujian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pemandu wisata sesuai dengan standar nasional.
  • Mendapatkan sertifikat kompetensi pemandu wisata dari lembaga yang berwenang. Sertifikat ini menunjukkan bahwa pemandu wisata telah memenuhi syarat untuk bekerja di bidangnya.
  • Mencari pekerjaan sebagai pemandu wisata di agen perjalanan, biro wisata, atau organisasi lain yang menyediakan layanan tur. Pekerjaan ini bisa dicari melalui situs lowongan kerja online, media sosial, atau jaringan kontak.
  • Mengembangkan diri secara terus-menerus dengan belajar hal-hal baru tentang tempat-tempat wisata yang dituju, mengikuti pelatihan-pelatihan lanjutan, atau bergabung dengan komunitas pemandu wisata.

Jenjang Karir Pemandu Tur

Jenjang karir pemandu tur adalah tingkatan atau level karir yang bisa dicapai oleh seorang pemandu tur berdasarkan pengalaman, kinerja, dan kualifikasi yang dimiliki. Jenjang karir pemandu tur bisa bervariasi tergantung pada jenis, lokasi, dan organisasi tur yang ditawarkan. Namun, secara umum, jenjang karir pemandu tur adalah sebagai berikut:

  • Pemandu Tur Junior: Pemandu tur yang baru memulai karirnya atau memiliki pengalaman kurang dari 1 tahun. Pemandu tur junior biasanya mendapatkan gaji yang rendah dan harus mengikuti bimbingan atau supervisi dari pemandu tur senior. Pemandu tur junior harus belajar banyak hal tentang tempat-tempat wisata yang dituju, mengembangkan keterampilan komunikasi dan bahasa asing, serta mendapatkan sertifikat kompetensi pemandu tur dari lembaga yang berwenang.
  • Pemandu Tur Senior: Pemandu tur yang memiliki pengalaman lebih dari 1 tahun atau telah memiliki sertifikat kompetensi pemandu tur dari lembaga yang berwenang. Pemandu tur senior biasanya mendapatkan gaji yang lebih tinggi dan memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Pemandu tur senior harus mampu memberikan layanan tur yang berkualitas, informatif, dan aman kepada para wisatawan. Pemandu tur senior juga harus mampu mengatasi berbagai situasi, kondisi, dan tantangan yang mungkin terjadi selama tur berlangsung. Pemandu tur senior juga bisa menjadi mentor atau pembimbing bagi pemandu tur junior.
  • Pemandu Tur Spesialis: Pemandu tur yang memiliki keahlian khusus atau spesifik tentang tempat-tempat wisata tertentu, seperti sejarah, budaya, alam, seni, atau olahraga. Pemandu tur spesialis biasanya mendapatkan gaji yang lebih tinggi dan memiliki peluang kerja yang lebih luas. Pemandu tur spesialis harus memiliki pengetahuan yang mendalam dan luas tentang tempat-tempat wisata yang dituju, serta mampu memberikan informasi yang menarik dan relevan kepada para wisatawan. Pemandu tur spesialis juga harus terus belajar dan mengikuti perkembangan terbaru atau perubahan yang terjadi di lokasi wisata.
  • Pemandu Tur Manajer: Pemandu tur yang memiliki peran sebagai pemimpin atau pengelola tim pemandu tur. Pemandu tur manajer biasanya mendapatkan gaji yang paling tinggi dan memiliki tanggung jawab yang paling besar. Pemandu tur manajer harus mampu merencanakan, mengorganisir, mengkoordinasikan, dan mengawasi kegiatan-kegiatan tur yang dilakukan oleh timnya. Pemandu tur manajer juga harus mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti agen perjalanan, biro wisata, pengelola lokasi wisata, sopir, atau pemandu lokal. Pemandu tur manajer juga harus mampu mengevaluasi kinerja dan kepuasan pelanggan dari layanan

Yang Harus Kalian Ketahui Pemandu Tur

Sebelum bekerja sebagai pemandu tur, ada beberapa hal yang perlu diketahui, antara lain :

  • Pekerjaan pemandu tur membutuhkan fisik dan mental yang kuat, karena harus berhadapan dengan berbagai situasi, kondisi, dan tantangan yang mungkin terjadi selama tur berlangsung. Pemandu tur harus siap untuk bekerja di bawah tekanan, cuaca yang tidak menentu, atau bahaya yang tidak terduga.
  • Pekerjaan pemandu tur juga membutuhkan fleksibilitas dan kreativitas, karena harus bisa menyesuaikan diri dengan keinginan, minat, dan karakteristik wisatawan yang berbeda-beda. Pemandu tur juga harus bisa menciptakan suasana yang menyenangkan, menarik, dan interaktif selama tur berlangsung.
  • Pekerjaan pemandu tur juga membutuhkan komitmen dan tanggung jawab, karena harus bisa memberikan layanan yang terbaik kepada para wisatawan. Pemandu tur harus selalu menjaga profesionalisme, etika, dan integritas dalam bekerja. Pemandu tur juga harus menghormati budaya, adat istiadat, dan peraturan yang berlaku di tempat-tempat wisata yang dikunjungi.

Profesi Lainnya

guru sd

Guru SD

Pekerjaan sebagai guru Sekolah Dasar (SD) memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk generasi muda. Seorang guru SD bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan dasar kepada

Read More »
profesi sutradara

Sutradara

Berhasilnya sebuah film yakni berkat campur tangan konsep dan kreativitas seorang sutradara. Tapi, udah pada tau belum apa sih sutradara itu? Sutradara adalah profesi seseorang

Read More »
profesi welder

Welder

Apa itu Pekerjaan Welder ? Jika Anda tertarik dengan dunia industri, mungkin Anda pernah mendengar istilah welder atau juru las. Welder adalah seorang profesional yang

Read More »
tugas konselor

Konselor

Konselor adalah seorang profesional yang memiliki kompetensi dalam bidang bimbingan dan konseling, yang bertujuan untuk membantu klien mengembangkan potensi, mengatasi masalah, dan meningkatkan kesejahteraan diri.

Read More »
programmer game

Game Programmer Developer

Pekerjaan sebagai Game Programmer Developer merupakan salah satu profesi yang menarik dan menjanjikan di era digital saat ini. Seiring dengan perkembangan teknologi dan popularitas industri

Read More »

Branch Manager

Dalam dunia bisnis, peran seorang Branch Manager sangat penting dalam memastikan kesuksesan operasional cabang perusahaan. Branch Manager adalah individu yang bertanggung jawab atas pengelolaan, koordinasi,

Read More »