mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Patisseri

Patisseri merupakan profesi yang bertanggung jawab untuk membuat kue dan dessert, seperti pastry, roti, mousse, kue kering, dan masih banyak lainnya.

pettyserry

Deskripsi Profesi Patisseri

Patisseri atau yang dikenal dalam bahasa asalnya Pâtissier, merupakan profesi yang bertanggung jawab untuk membuat kue dan dessert, seperti pastry, roti, mousse, kue kering, dan masih banyak lainnya. Patisseri merupakan bahasa serapan dari bahasa Prancis yaitu Pâtissier dan pâtissière untuk penyebutan chef pastry perempuan. 

Meski sama-sama membuat kue, patisseri bukan sembarang pastry chef lho! Untuk menyandang nama patisseri kamu harus menempuh pendidikan khusus dan beberapa ujian dari lembaga-lembaga terkait. Dalam membuat kue dibutuhkan jiwa seni juga ketelitian tingkat tinggi. Nggak heran kebanyakan pastry chef adalah orang yang sangat detail. 

Nah, untuk jadi seorang patisseri kamu nggak sekadar bisa bikin kue, tapi harus jago melakukan presentasi, mencipta resep, juga mempertanggung jawabkan hasil kreasinya. Selain rasa kue yang enak dan kamu juga haru memerhatikan tekniknya.

Jadi, ketika orang lain ingin meniru resepnya, paling tidak hasilnya mirip. Nah, jika kamu seorang patisseri maupun patissiere yang akan membuka toko kue sendiri maka toko tersebut layak disebut dengan Pâtisserie.

Jobdesk Patisseri

Sebagai seorang patisseri, kamu memiliki beberapa jobdesk, tugas dan tanggung jawab yang harus kamu lakukan dengan baik dan profesional. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Membuat kreasi berbagai jenis kue-kue khas Eropa.
  • Melakukan eksperimen untuk mencipta resep kue dan melakukan evaluasi terhadap hasil kreasinya.
  • Menyiapkan berbagai jenis hidangan pastry untuk dijual di pastry shop, breakfast, afternoon tea, dessert untuk buffet dan a la carte, dan sebagainya.
  • Merencanakan, mengatur dan mengawasi pekerjaan di dalam pastry.
  • Mengawasi staf pastry dalam menggunakan mesin-mesin dan fasilitas pastry lainnya secara efisien.
  • Bertanggung jawab terhadap bahan makanan dan biaya bahan makanan.
  • Menjaga kebersihan dan keamanan di area kerja pastry.
  • Menyimpan dan mengolah bahan-bahan pastry dengan cara yang tepat dan higienis.
  • Memastikan kualitas dan kuantitas produk pastry sesuai dengan standar yang ditetapkan.
  • Menyajikan produk pastry dengan cara yang menarik dan menggugah selera.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Patisseri

Untuk menjadi seorang patisseri yang handal, kamu harus memiliki beberapa keahlian yang mendukung pekerjaanmu. Berikut adalah beberapa keahlian yang harus kamu miliki:

  • Kemampuan berpikir kreatif. Kamu harus bisa menciptakan berbagai macam kreasi kue yang unik, menarik, dan lezat. Kamu juga harus bisa menyesuaikan kreasi kue dengan tema, selera, atau permintaan pelanggan.
  • Kemampuan berinovasi. Kamu harus selalu update dengan perkembangan tren dan teknologi di dunia pastry. Kamu juga harus mau belajar hal-hal baru dan mencoba resep-resep baru yang belum pernah kamu buat sebelumnya.
  • Kemampuan memasak. Kamu harus menguasai berbagai teknik memasak yang berkaitan dengan pastry, seperti mengukur, mencampur, mengaduk, menggiling, menguleni, membentuk, memanggang, menghias, dan lain-lain. Kamu juga harus paham bagaimana cara memilih bahan-bahan terbaik, sehingga perlu mengenali strong point setiap jenis bahan supaya bisa menghasilkan produk pastry yang lezat.
  • Kemampuan berkomunikasi. Kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan staf pastry lainnya, atasan, maupun pelanggan. Kamu harus bisa menyampaikan ide, instruksi, saran, maupun kritik dengan cara yang sopan dan jelas. Kamu juga harus bisa menerima masukan dan tanggapan dari orang lain dengan sikap terbuka.
  • Kemampuan bekerja sama. Kamu harus bisa bekerja sama dengan staf pastry lainnya dalam menyelesaikan pekerjaan di dalam pastry. Kamu harus bisa saling membantu, menghormati, dan menghargai peran dan tanggung jawab masing-masing. Kamu juga harus bisa bekerja sama dengan pihak-pihak lain yang berhubungan dengan pastry, seperti supplier bahan makanan, manajemen hotel atau restoran, maupun pelanggan.

Cara Menjadi Patisseri

Cara Menjadi Patissier Pembuat Kue

Apakah Anda memiliki minat dan bakat dalam membuat kue? Apakah Anda ingin mengembangkan kemampuan Anda dan menjadi seorang patissier profesional? Jika jawabannya ya, maka artikel ini akan memberikan beberapa tips dan langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mencapai impian Anda.

Patissier adalah seorang ahli dalam bidang pastry, yaitu seni membuat kue-kue manis dan gurih yang lezat dan indah. Patissier harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas tentang bahan-bahan, teknik-teknik, dan dekorasi kue. Patissier juga harus memiliki kreativitas dan inovasi untuk menciptakan kue-kue baru yang menarik dan unik.

Untuk menjadi seorang patissier, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik sejak awal. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

1. Belajar dasar-dasar pastry. Anda harus menguasai dasar-dasar pastry, seperti membuat adonan, krim, ganache, mousse, puding, dan lain-lain. Anda juga harus tahu cara mengukur, menimbang, mencampur, mengocok, menggiling, memotong, dan membentuk bahan-bahan pastry. Anda dapat belajar dari buku-buku, video, kursus online, atau kursus offline yang tersedia di berbagai tempat.
2. Praktik membuat kue secara teratur. Anda harus rajin berlatih membuat kue dengan berbagai resep dan variasi. Anda dapat mencoba membuat kue-kue klasik, seperti croissant, tart, cake, pie, brownies, dan lain-lain. Anda juga dapat bereksperimen dengan bahan-bahan lokal atau eksotis untuk menciptakan rasa dan tekstur yang berbeda. Anda dapat meminta masukan dari keluarga, teman, atau orang lain yang mencicipi kue Anda untuk meningkatkan kualitasnya.
3. Mengikuti pendidikan formal atau sertifikasi pastry. Jika Anda ingin menjadi seorang patissier profesional, Anda harus memiliki pendidikan formal atau sertifikasi pastry yang diakui oleh industri. Anda dapat mengikuti program diploma atau sarjana di bidang pastry di perguruan tinggi atau universitas yang memiliki reputasi baik. Anda juga dapat mengikuti program sertifikasi pastry dari lembaga-lembaga ternama, seperti Le Cordon Bleu, Culinary Institute of America, atau International Culinary Center. Dengan mengikuti pendidikan formal atau sertifikasi pastry, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang lebih mendalam dan sistematis tentang pastry. Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dari para ahli pastry yang berpengalaman dan bergaul dengan sesama patissier dari berbagai negara.
4. Magang atau bekerja di tempat pastry profesional. Setelah Anda memiliki dasar-dasar pastry yang kuat dan pendidikan formal atau sertifikasi pastry yang memadai, Anda harus mencari pengalaman kerja di tempat pastry profesional. Anda dapat magang atau bekerja di hotel, restoran, bakery, cafe, atau tempat pastry lainnya yang memiliki standar tinggi dan reputasi baik. Dengan magang atau bekerja di tempat pastry profesional, Anda akan belajar banyak hal dari praktik nyata di lapangan. Anda akan belajar cara bekerja di bawah tekanan, menyesuaikan diri dengan permintaan pelanggan, bekerja sama dengan tim pastry, dan mengembangkan gaya dan identitas pastry Anda sendiri.
5. Terus belajar dan berkembang sebagai patissier. Dunia pastry adalah dunia yang dinamis dan kompetitif. Anda harus terus belajar dan berkembang sebagai patissier untuk tetap relevan dan unggul di bidang ini. Anda harus selalu mengikuti perkembangan dan tren terbaru di dunia pastry, seperti bahan-bahan, teknik-teknik, alat-alat, dan dekorasi kue. Anda juga harus selalu mencari inspirasi dan ide-ide baru untuk membuat kue-kue yang menarik dan unik. Anda dapat membaca buku-buku, majalah, blog, atau media sosial tentang pastry. Anda juga dapat menghadiri seminar, workshop, kompetisi, atau pameran pastry yang diadakan di berbagai tempat. Anda juga dapat berkolaborasi dengan patissier lainnya untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Menjadi seorang patissier pembuat kue adalah impian bagi banyak orang yang memiliki minat dan bakat dalam membuat kue. Namun, impian tersebut tidak akan terwujud tanpa usaha dan dedikasi yang tinggi. Anda harus bersiap untuk menghadapi tantangan dan hambatan yang mungkin Anda temui di jalan menuju kesuksesan. Anda juga harus memiliki semangat dan motivasi yang kuat untuk terus belajar dan berkembang sebagai patissier. Jika Anda memiliki semua hal tersebut, maka Anda akan dapat menjadi seorang patissier pembuat kue yang profesional dan dihormati.

Jenjang Karir Patisseri

Jenjang Karir Patissier Pembuat Kue

Patissier adalah seorang profesional yang ahli dalam membuat kue dan pastry. Patissier biasanya bekerja di restoran, hotel, kafe, toko roti, atau bisnis katering. Patissier bertanggung jawab untuk menciptakan resep, mengukur bahan, memanggang, menghias, dan menyajikan kue dan pastry yang lezat dan menarik.

Untuk menjadi patissier yang sukses, Anda perlu memiliki bakat, kreativitas, ketelitian, dan kemampuan beradaptasi. Anda juga perlu memiliki pengetahuan tentang teknik memasak, bahan-bahan, alat-alat, dan tren kuliner. Selain itu, Anda perlu memiliki keterampilan komunikasi, kerjasama, manajemen waktu, dan penyelesaian masalah.

Jenjang karir patissier bisa bervariasi tergantung pada pengalaman, pendidikan, dan tempat kerja Anda. Secara umum, ada empat tingkat karir patissier:

– Commis patissier: Ini adalah tingkat awal bagi patissier yang baru lulus dari sekolah kuliner atau kursus memasak. Commis patissier biasanya bekerja di bawah bimbingan patissier senior dan bertugas membantu dalam persiapan bahan, pemanggangan, dan dekorasi kue dan pastry. Commis patissier juga harus belajar tentang standar kebersihan, keselamatan, dan kualitas produk.

– Chef de partie patissier: Ini adalah tingkat menengah bagi patissier yang sudah memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun. Chef de partie patissier bertugas mengawasi bagian pastry di dapur dan memastikan bahwa semua kue dan pastry dibuat sesuai dengan resep dan standar yang ditetapkan. Chef de partie patissier juga harus berkoordinasi dengan chef de cuisine dan chef de service untuk menyusun menu dan jadwal produksi.

– Sous chef patissier: Ini adalah tingkat senior bagi patissier yang sudah memiliki pengalaman kerja minimal lima tahun. Sous chef patissier bertugas membantu executive chef patissier dalam merencanakan, mengelola, dan mengembangkan bagian pastry di dapur. Sous chef patissier juga harus mengawasi dan melatih chef de partie patissier dan commis patissier serta menangani masalah yang mungkin timbul.

– Executive chef patissier: Ini adalah tingkat tertinggi bagi patissier yang sudah memiliki pengalaman kerja minimal sepuluh tahun. Executive chef patissier bertanggung jawab untuk menciptakan visi, misi, dan konsep bagian pastry di dapur. Executive chef patissier juga harus merancang menu, resep, anggaran, inventaris, dan standar kualitas produk. Executive chef patissier juga harus memimpin dan memotivasi tim pastry serta berhubungan dengan pemasok, pelanggan, media, dan pihak lainnya.

Jenjang karir patissier menawarkan banyak peluang bagi Anda yang ingin mengejar passion Anda dalam membuat kue dan pastry. Namun, Anda juga harus siap menghadapi tantangan seperti persaingan yang ketat, tekanan yang tinggi, jam kerja yang panjang, dan kondisi kerja yang panas dan melelahkan. Oleh karena itu, Anda perlu terus belajar, berlatih, bereksperimen, dan berinovasi untuk meningkatkan keterampilan dan reputasi Anda sebagai patissier.

Yang Harus Kalian Ketahui Patisseri

Sebelum kamu memutuskan untuk bekerja sebagai seorang patisseri, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Bekerja sebagai patisseri membutuhkan waktu yang cukup lama dan fleksibel. Kamu harus siap bekerja di pagi hari untuk menyiapkan produk pastry untuk breakfast atau di malam hari untuk menyiapkan produk pastry untuk esok hari. Kamu juga harus siap bekerja di akhir pekan atau hari libur jika ada permintaan khusus dari pelanggan.
  • Bekerja sebagai patisseri membutuhkan fisik yang kuat dan sehat. Kamu harus siap bekerja di bawah tekanan panas dari oven atau kompor, berdiri dalam waktu yang lama, mengangkat barang-barang berat seperti tepung atau gula, serta melakukan gerakan-gerakan repetitif seperti mencampur atau membentuk adonan.
  • Bekerja sebagai patisseri membutuhkan mental yang positif dan sabar. Kamu harus siap menghadapi berbagai macam tantangan dan kesulitan dalam pekerjaanmu, seperti kegagalan dalam membuat kue, keluhan dari pelanggan, persaingan dengan patisseri lainnya, atau perubahan permintaan pasar. Kamu juga harus siap belajar dari kesalahan dan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayananmu.

Profesi Lainnya

profesi ilustrator

Ilustrator

lustrator adalah seorang seniman atau desainer grafis yang membuat gambar atau ilustrasi untuk media cetak atau digital, seperti buku, majalah, iklan, poster, kartu ucapan, situs

Read More »
cleaning service

Cleaning Service

Cleaning service adalah seorang yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kerapian suatu area/tempat baik itu kantor, hotel, mall, restoran dan lain sebagainya. Cleaning

Read More »
profesi penari

Penari

Profesi penari merupakan salah satu bentuk ekspresi seni yang menggabungkan gerakan tubuh, ritme, dan musik. Seorang penari memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan dan emosi melalui

Read More »
sales perumahan

Sales Perusahaan Perumahan

Pekerjaan “Sales Perusahaan Perumahan” adalah peran yang sangat penting dalam industri properti. Sales perusahaan perumahan bertanggung jawab untuk menjual hunian impian kepada calon pembeli. Mereka

Read More »
profesi pustakawan

Pustakawan

Profesi pustakawan memainkan peran penting dalam mengelola, menyusun, dan mempertahankan koleksi buku dan materi pustaka di perpustakaan. Seorang pustakawan bertanggung jawab untuk memastikan akses mudah

Read More »
profesi komisaris perusahaan

Komisaris

Komisaris adalah sekelompok orang yang dipilih atau ditunjuk untuk mengawasi kegiatan suatu perusahaan atau organisasi.  Komisaris adalah posisi yang mewakili pemegang saham dalam sebuah perseroan

Read More »