mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Mekanik Pesawat

Mekanik Pesawat adalah sebuah profesi di industri penerbangan yang bertanggung jawab untuk melakukan perawatan, perbaikan, dan inspeksi pesawat terbang.

profesi mekanik pesawat

Deskripsi Profesi Mekanik Pesawat

Mekanik pesawat adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memastikan pesawat terbang beroperasi dengan baik dan aman. Mereka melakukan perawatan rutin, perbaikan, serta inspeksi pesawat untuk memastikan bahwa semua sistem dan komponen berfungsi dengan optimal. Sebagai bagian dari industri penerbangan, pekerjaan ini memainkan peran penting dalam menjaga keselamatan penerbangan.

Pekerjaan mekanik pesawat adalah sebuah profesi di industri penerbangan yang bertanggung jawab untuk melakukan perawatan, perbaikan, dan inspeksi pesawat terbang. Mekanik pesawat memiliki tugas penting dalam menjaga keselamatan dan kinerja optimal pesawat untuk memastikan penerbangan yang aman bagi penumpang dan kru pesawat.

Seorang mekanik pesawat melakukan berbagai tugas terkait dengan pemeliharaan pesawat. Mereka melakukan perawatan rutin untuk memastikan bahwa semua sistem dan komponen pesawat berfungsi dengan baik. Hal ini mencakup pemeriksaan berkala, penggantian suku cadang yang aus, dan pemeliharaan sistem seperti mesin, sistem listrik, sistem hidrolik, dan lain-lain.

Selain itu, mekanik pesawat juga bertanggung jawab dalam melakukan perbaikan ketika ada kerusakan atau masalah yang terjadi pada pesawat. Mereka harus mampu mengidentifikasi sumber masalah, melakukan troubleshooting, dan melakukan perbaikan dengan akurat dan cepat.

Inspeksi juga menjadi bagian penting dalam pekerjaan mekanik pesawat. Mekanik pesawat melakukan inspeksi menyeluruh terhadap pesawat sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Mereka memeriksa semua sistem dan komponen untuk memastikan bahwa pesawat memenuhi standar keamanan dan regulasi penerbangan yang berlaku. Setelah melakukan perbaikan, mekanik pesawat juga melakukan pengujian dan verifikasi sistem pesawat untuk memastikan bahwa pesawat siap untuk beroperasi kembali.

Dalam menjalankan tugas-tugas tersebut, seorang mekanik pesawat harus memiliki pengetahuan teknis yang mendalam tentang sistem pesawat terbang, termasuk mesin, avionik, sistem kelistrikan, sistem hidrolik, dan struktur pesawat. Mereka juga harus memiliki kemampuan troubleshoot yang baik, keterampilan fisik untuk mengangkat dan memasang komponen pesawat yang berat, serta keahlian dalam membaca dan memahami manual dan dokumen teknis terkait pesawat.

Selain itu, mekanik pesawat juga harus memahami dan mematuhi semua peraturan keamanan yang ditetapkan oleh otoritas penerbangan. Mereka harus menjaga kepatuhan terhadap prosedur keselamatan yang ketat dalam melaksanakan tugas mereka.

Pekerjaan mekanik pesawat menawarkan peluang karir yang menarik dalam industri penerbangan. Dalam industri yang terus berkembang, permintaan terhadap mekanik pesawat yang terampil dan berkualitas tinggi juga terus meningkat. Profesi ini membutuhkan dedikasi, keterampilan teknis, dan komitmen terhadap keselamatan terbang untuk memastikan pesawat terbang dengan aman dan efisien.

Jobdesk Mekanik Pesawat

Tanggung Jawab Pekerjaan:

  1. Melakukan pemeliharaan rutin, perbaikan, dan inspeksi pesawat sesuai dengan standar keselamatan dan regulasi industri.
  2. Mengidentifikasi dan mendiagnosis kerusakan atau masalah teknis pada pesawat dan sistemnya.
  3. Melakukan perbaikan dan penggantian komponen pesawat yang rusak atau aus.
  4. Mengoperasikan peralatan dan perangkat pengujian untuk memeriksa dan memvalidasi kinerja pesawat.
  5. Memeriksa dan memastikan kepatuhan pesawat terhadap pedoman perawatan dan peraturan yang berlaku.
  6. Melakukan perbaikan dan pemeliharaan pada sistem avionik, termasuk komponen navigasi, komunikasi, dan kontrol.
  7. Menyusun laporan pemeliharaan, inspeksi, dan perbaikan pesawat yang akurat dan lengkap.
  8. Berkoordinasi dengan tim terkait, seperti pilot dan staf teknis lainnya, untuk memastikan keselamatan dan kinerja pesawat.
  9. Mengikuti prosedur keamanan dan peraturan keselamatan yang berlaku dalam setiap tugas dan kegiatan.
  10. Mengikuti perkembangan teknologi dan tren dalam industri penerbangan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis.

Kualifikasi yang Dibutuhkan:

  1. Gelar Sarjana (S1) atau Diploma (D3) dalam Teknik Penerbangan, Teknik Mesin, atau bidang terkait.
  2. Sertifikat Lisensi Mekanik Pesawat yang valid (Aircraft Maintenance License).
  3. Pengalaman kerja minimal 3 tahun sebagai Mekanik Pesawat atau posisi terkait.
  4. Pengetahuan yang mendalam tentang sistem pesawat, mesin pesawat, dan sistem avionik.
  5. Memahami pedoman perawatan pesawat dan peraturan keselamatan penerbangan yang berlaku.
  6. Kemampuan dalam membaca dan memahami manual teknis, blueprints, dan diagram pesawat.
  7. Keterampilan pemecahan masalah yang baik dan kemampuan analitis yang tinggi.
  8. Kemampuan untuk bekerja secara mandiri dan dalam tim, serta memiliki keterampilan komunikasi yang baik.
  9. Kemampuan fisik yang memadai untuk melakukan tugas-tugas yang membutuhkan kekuatan fisik dan keterampilan teknis.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Mekanik Pesawat

Untuk berhasil dalam pekerjaan sebagai mekanik pesawat, seorang profesional harus memiliki beberapa keahlian khusus, antara lain:

  1. Pengetahuan Teknis: Memiliki pemahaman yang mendalam tentang sistem pesawat terbang, termasuk mesin, peralatan listrik, avionik, sistem hidrolik, dan struktur pesawat. Pengetahuan teknis ini diperoleh melalui pendidikan formal dan pengalaman kerja.
  2. Kemampuan Troubleshooting: Mekanik pesawat harus memiliki kemampuan analitis yang baik untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang kompleks pada pesawat. Kemampuan troubleshoot yang kuat sangat penting dalam menangani situasi darurat.
  3. Keterampilan Fisik: Pekerjaan mekanik pesawat sering melibatkan tugas fisik, seperti mengangkat dan memasang komponen pesawat yang berat. Oleh karena itu, seorang mekanik pesawat harus memiliki kekuatan fisik yang cukup dan keterampilan kerja yang presisi.
  4. Ketelitian dan Perhatian Terhadap Detail: Seorang mekanik pesawat harus sangat teliti dan berhati-hati dalam melaksanakan tugasnya. Kesalahan kecil dalam perawatan pesawat dapat memiliki konsekuensi serius terhadap keselamatan penerbangan.

Cara Menjadi Mekanik Pesawat

Cara Menjadi Mekanik Pesawat

Mekanik pesawat adalah orang yang bertanggung jawab untuk memeriksa, memperbaiki, dan merawat pesawat terbang. Mereka harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas tentang sistem mekanik, elektrik, hidrolik, dan pneumatik yang ada di pesawat. Mereka juga harus mengikuti standar keselamatan dan kualitas yang ketat yang ditetapkan oleh otoritas penerbangan.

Untuk menjadi mekanik pesawat, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, antara lain:

1. Menyelesaikan pendidikan formal. Anda harus memiliki ijazah SMA atau sederajat dengan nilai baik di mata pelajaran matematika, fisika, dan bahasa Inggris. Anda juga harus memiliki sertifikat kesehatan yang menunjukkan bahwa Anda tidak memiliki gangguan fisik atau mental yang dapat mengganggu pekerjaan Anda.
2. Mengambil kursus pelatihan teknis. Anda harus mengikuti program pelatihan yang diakreditasi oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DJPU) atau lembaga internasional seperti Federal Aviation Administration (FAA) atau European Aviation Safety Agency (EASA). Program ini biasanya berlangsung selama 18-24 bulan dan mencakup teori dan praktik tentang berbagai aspek perawatan pesawat.
3. Mendapatkan lisensi mekanik pesawat. Setelah menyelesaikan program pelatihan, Anda harus lulus ujian tertulis dan praktik yang diselenggarakan oleh DJPU atau lembaga internasional yang bersangkutan. Ujian ini bertujuan untuk menguji pengetahuan dan keterampilan Anda dalam melakukan perawatan pesawat sesuai dengan standar yang berlaku. Anda juga harus memiliki pengalaman kerja minimal 30 bulan di bawah bimbingan mekanik pesawat berlisensi sebelum Anda dapat mengajukan lisensi Anda sendiri.
4. Mencari pekerjaan sebagai mekanik pesawat. Setelah mendapatkan lisensi, Anda dapat mencari pekerjaan di maskapai penerbangan, bandara, perusahaan penerbangan charter, atau bengkel perawatan pesawat. Anda harus siap untuk bekerja di bawah tekanan, bergiliran, dan di tempat-tempat yang berbeda. Anda juga harus terus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi pesawat terbaru.

Menjadi mekanik pesawat adalah profesi yang menantang dan memuaskan bagi mereka yang menyukai dunia penerbangan. Namun, profesi ini juga membutuhkan dedikasi, tanggung jawab, dan kehati-hatian yang tinggi. Jika Anda tertarik untuk menjadi mekanik pesawat, mulailah dengan menyiapkan diri Anda sebaik mungkin sejak dini.

Jenjang Karir Mekanik Pesawat

Mekanik pesawat adalah salah satu profesi yang menarik dan menantang di bidang penerbangan. Mekanik pesawat bertanggung jawab untuk memeriksa, memelihara, dan memperbaiki pesawat serta komponen-komponennya. Mereka juga harus memastikan bahwa pesawat memenuhi standar keselamatan dan kelaikan terbang yang ditetapkan oleh otoritas penerbangan.

Untuk menjadi mekanik pesawat, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

– Memiliki sertifikat Basic Aircraft Maintenance (BAM) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DJPU).
– Memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun di bengkel pesawat atau maskapai penerbangan.
– Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, baik lisan maupun tulisan.
– Memiliki kesehatan fisik dan mental yang prima, serta tidak buta warna.

Jenjang karir mekanik pesawat terdiri dari beberapa tingkatan, yaitu:

– Mekanik Pesawat Tingkat 1 (MPT 1)

Mekanik pesawat yang baru lulus BAM dan belum memiliki sertifikat khusus untuk jenis pesawat tertentu. Mereka hanya dapat melakukan pekerjaan rutin seperti membersihkan, mengganti, dan menyesuaikan komponen pesawat yang tidak berhubungan dengan sistem utama pesawat. Mereka juga harus bekerja di bawah pengawasan mekanik pesawat tingkat lebih tinggi.

– Mekanik Pesawat Tingkat 2 (MPT 2)

Mekanik pesawat yang telah memiliki sertifikat khusus untuk jenis pesawat tertentu, seperti Boeing, Airbus, atau ATR. Mereka dapat melakukan pekerjaan lebih kompleks seperti memeriksa, menguji, dan memperbaiki sistem utama pesawat seperti mesin, sayap, roda, rem, dan lain-lain. Mereka juga dapat bekerja secara mandiri tanpa pengawasan.

– Mekanik Pesawat Tingkat 3 (MPT 3)

Mekanik pesawat yang telah memiliki sertifikat khusus untuk lebih dari satu jenis pesawat. Mereka dapat melakukan pekerjaan yang lebih spesifik dan detail seperti mengkalibrasi, menginstalasi, dan mengkonfigurasi perangkat elektronik, avionik, dan navigasi pesawat. Mereka juga dapat menjadi pengajar atau pelatih bagi mekanik pesawat tingkat lebih rendah.

– Mekanik Pesawat Tingkat 4 (MPT 4)

Mekanik pesawat yang telah memiliki sertifikat khusus untuk semua jenis pesawat yang ada di maskapai penerbangan tempat mereka bekerja. Mereka dapat melakukan pekerjaan yang paling sulit dan kritis seperti menganalisis, merancang, dan mengembangkan sistem baru atau modifikasi untuk meningkatkan performa dan efisiensi pesawat. Mereka juga dapat menjadi pemimpin atau manajer bagi mekanik pesawat tingkat lebih rendah.

Jenjang karir mekanik pesawat dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan maskapai penerbangan masing-masing. Namun, secara umum, mekanik pesawat harus terus belajar dan mengembangkan kemampuan mereka untuk dapat naik ke tingkat yang lebih tinggi. Selain itu, mekanik pesawat juga harus memiliki sikap profesional, disiplin, teliti, tanggung jawab, dan kerjasama yang baik dengan rekan kerja.

Mekanik pesawat adalah profesi yang menjanjikan dan bermanfaat bagi industri penerbangan. Dengan menjadi mekanik pesawat, Anda dapat berkontribusi dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan para penumpang serta awak pesawat. Anda juga dapat merasakan kebanggaan dan kepuasan saat berhasil menyelesaikan pekerjaan Anda dengan baik.

Yang Harus Kalian Ketahui Mekanik Pesawat

Sebelum memutuskan untuk bekerja sebagai mekanik pesawat, ada beberapa hal yang perlu diketahui:

  1. Jadwal Kerja Fleksibel: Pekerjaan ini seringkali memerlukan jadwal kerja yang fleksibel, termasuk bekerja di malam hari, akhir pekan, dan hari libur. Hal ini dikarenakan perawatan pesawat harus dilakukan sesuai jadwal penerbangan yang padat.
  2. Lingkungan Kerja yang Tergantung pada Cuaca: Mekanik pesawat kadang-kadang harus bekerja di luar ruangan dalam kondisi cuaca yang tidak ideal, seperti panas, dingin, atau hujan. Mereka harus siap menghadapi tantangan ini dan tetap fokus pada tugas mereka.
  3. Kewajiban Keamanan: Mekanik pesawat bertanggung jawab untuk mematuhi semua peraturan keamanan yang ditetapkan oleh otoritas penerbangan. Mereka harus memahami dan mengikuti prosedur keselamatan yang ketat untuk melindungi diri sendiri dan pesawat.

Profesi Lainnya

dokter gigi

Dokter Gigi

Dokter gigi, juga dikenal sebagai dokter gigi atau dentist, adalah profesional medis yang berspesialisasi dalam mendiagnosis, mencegah, dan mengobati masalah kesehatan mulut dan gigi. Mereka

Read More »
profesi komisaris perusahaan

Komisaris

Komisaris adalah sekelompok orang yang dipilih atau ditunjuk untuk mengawasi kegiatan suatu perusahaan atau organisasi.  Komisaris adalah posisi yang mewakili pemegang saham dalam sebuah perseroan

Read More »
instruktur

Instruktur Pelatihan Kejuruan

Pekerjaan sebagai Instruktur Pelatihan Kejuruan melibatkan memberikan pelatihan dan pembelajaran kepada individu yang ingin mengembangkan keterampilan kejuruan dalam bidang tertentu. Seorang instruktur pelatihan kejuruan bertanggung

Read More »
profesi interpreter

Interpreter

Interpreter disebut sebagai salah satu profesi yang bertugas menerjemahkan bahasa secara lisan, tanpa ditulis. Interpreter dikenal sebagai juru bahasa yang tidak perlu menulis terjemahan, tetapi

Read More »
art director

Art Director

Art director sendiri dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “Pengarah Seni”. Pada dasarnya seorang art director memang harus memikirkan tampilan sebuah iklan agar terlihat menarik. Namun

Read More »
profesi fisioterapi

Fisioterapis

Fisioterapis adalah profesional kesehatan yang bertanggung jawab dalam mengembalikan, mempertahankan, dan meningkatkan mobilitas serta fungsi fisik seseorang yang mengalami gangguan atau cedera. Mereka bekerja dengan

Read More »