mployee logo

Profesi Fisioterapis

Fisioterapis adalah profesional kesehatan yang bertanggung jawab dalam mengembalikan, mempertahankan, dan meningkatkan mobilitas serta fungsi fisik seseorang yang mengalami gangguan atau cedera.

profesi fisioterapi

Deskripsi Profesi Fisioterapis

Fisioterapis adalah profesional kesehatan yang bertanggung jawab dalam mengembalikan, mempertahankan, dan meningkatkan mobilitas serta fungsi fisik seseorang yang mengalami gangguan atau cedera. Mereka bekerja dengan pasien yang memiliki beragam kondisi, seperti cedera olahraga, kelumpuhan akibat stroke, gangguan neurologis, atau penyakit kronis. Fisioterapis berfokus pada pemulihan dan rehabilitasi pasien, dengan tujuan mengurangi rasa sakit, meningkatkan kekuatan dan mobilitas, serta meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Pekerjaan fisioterapis adalah profesi kesehatan yang berfokus pada pemulihan dan rehabilitasi fisik seseorang yang mengalami gangguan atau cedera. Fisioterapis bekerja dengan pasien dari berbagai rentang usia dan dengan berbagai kondisi medis, mulai dari cedera olahraga hingga kelumpuhan akibat stroke atau penyakit kronis. Tujuan utama fisioterapis adalah membantu pasien mengurangi rasa sakit, meningkatkan mobilitas, memperbaiki kekuatan dan keseimbangan, serta meningkatkan fungsi fisik secara keseluruhan.

Fisioterapis melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi fisik pasien untuk menentukan diagnosis dan merencanakan program rehabilitasi yang sesuai. Mereka menggunakan berbagai teknik dan intervensi fisik, seperti latihan terapeutik, mobilisasi sendi, pemijatan, manipulasi, modalitas fisik (seperti panas atau es), dan elektroterapi, untuk membantu pasien mencapai pemulihan optimal.

Selain itu, fisioterapis juga memberikan edukasi kepada pasien tentang kondisi mereka, memberikan saran untuk perawatan mandiri, serta melatih mereka dalam melakukan latihan atau aktivitas yang mendukung pemulihan. Mereka bekerja sama dengan tim medis lainnya, seperti dokter, ahli terapi lainnya, dan perawat, untuk menyusun rencana perawatan yang komprehensif.

Pekerjaan fisioterapis dapat dilakukan di berbagai setting, termasuk rumah sakit, klinik fisioterapi, pusat rehabilitasi, fasilitas perawatan jangka panjang, tim olahraga, atau praktik pribadi. Fisioterapis juga dapat memilih untuk spesialisasi dalam bidang tertentu, seperti fisioterapi olahraga, fisioterapi pediatri, fisioterapi neurologis, atau fisioterapi geriatri.

Secara keseluruhan, pekerjaan fisioterapis sangat penting dalam memfasilitasi pemulihan fisik dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Mereka menggali potensi tubuh manusia dan bekerja secara holistik untuk membantu individu mencapai kondisi fisik yang optimal.

Jobdesk Fisioterapis

Tanggung Jawab Pekerjaan:

  1. Melakukan evaluasi fisik dan analisis kebutuhan pasien untuk merencanakan perawatan fisioterapi yang sesuai.
  2. Melakukan perawatan fisioterapi, seperti latihan terapeutik, terapi manual, dan penggunaan modalitas fisik (seperti pijatan, kompres panas/dingin, atau elektrostimulasi) untuk memulihkan fungsi tubuh.
  3. Membantu pasien dalam meningkatkan mobilitas, kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi gerakan.
  4. Memberikan edukasi kepada pasien dan keluarga tentang latihan dan perawatan mandiri untuk mempercepat pemulihan.
  5. Memonitor dan melacak perkembangan pasien secara teratur serta menyesuaikan rencana perawatan sesuai kebutuhan.
  6. Menjaga dokumentasi yang akurat dan rahasia mengenai rekam medis pasien.
  7. Berkomunikasi dengan tim medis dan kolaborasi dengan ahli kesehatan lainnya untuk memberikan perawatan yang holistik dan terintegrasi.
  8. Mengikuti standar etika dan praktik fisioterapi yang relevan.

Kualifikasi yang Dibutuhkan:

  1. Gelar Sarjana (S1) dalam bidang Fisioterapi atau keahlian yang relevan.
  2. Sertifikat dan lisensi yang valid sebagai Fisioterapis.
  3. Pengalaman kerja dalam bidang fisioterapi akan menjadi nilai tambah.
  4. Pengetahuan yang kuat tentang anatomi, fisiologi, dan kondisi muskuloskeletal.
  5. Kemampuan untuk melakukan evaluasi fisik dan merencanakan perawatan fisioterapi yang sesuai.
  6. Keterampilan dalam melakukan berbagai teknik fisioterapi dan modalitas fisik.
  7. Kemampuan komunikasi yang baik dan empati dalam berinteraksi dengan pasien.
  8. Kemampuan organisasi yang baik dan dapat bekerja dengan baik dalam tim maupun secara mandiri.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Fisioterapis

Untuk berhasil sebagai fisioterapis, beberapa keahlian yang penting untuk dimiliki meliputi:

  1. Pengetahuan Anatomi dan Fisiologi: Memahami struktur dan fungsi tubuh manusia, termasuk sistem muskuloskeletal, saraf, dan pernapasan.
  2. Keterampilan Komunikasi: Mampu berkomunikasi dengan baik dengan pasien dan anggota tim medis lainnya, mendengarkan dengan empati, dan menjelaskan informasi secara jelas.
  3. Keterampilan Klinis: Menguasai teknik dan prosedur fisioterapi yang efektif, serta mampu melakukan evaluasi yang akurat dan mengembangkan program rehabilitasi yang tepat.
  4. Keterampilan Interpersonal: Mampu membangun hubungan yang baik dengan pasien, memberikan dukungan emosional, dan memotivasi mereka dalam mencapai tujuan pemulihan.
  5. Keterampilan Pemecahan Masalah: Mampu menganalisis masalah yang kompleks, menentukan diagnosis yang tepat, dan merancang strategi terapi yang efektif.

Cara Menjadi Fisioterapis

Cara Menjadi Fisioterapis

Fisioterapis adalah profesional kesehatan yang membantu pasien mengembalikan, mempertahankan, atau meningkatkan fungsi tubuh yang terganggu oleh penyakit atau cedera. Fisioterapis menggunakan berbagai metode, seperti latihan, pijat, terapi panas atau dingin, listrik, atau cahaya untuk merangsang otot, saraf, dan sendi. Fisioterapis juga memberikan edukasi dan konseling kepada pasien tentang cara mencegah atau mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan gerak tubuh.

Untuk menjadi fisioterapis, Anda harus menempuh pendidikan tinggi di bidang fisioterapi yang diakreditasi oleh pemerintah. Program studi fisioterapi biasanya berlangsung selama empat tahun dan mencakup mata kuliah teori dan praktikum di bidang anatomi, fisiologi, biomekanika, patologi, farmakologi, neurologi, ortopedi, kardiologi, geriatri, pediatri, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga harus melakukan magang klinis di rumah sakit atau pusat rehabilitasi untuk mendapatkan pengalaman langsung dalam menangani pasien.

Setelah lulus dari program studi fisioterapi, Anda harus mengikuti ujian kompetensi yang diselenggarakan oleh asosiasi profesi fisioterapi di negara Anda. Ujian ini bertujuan untuk menguji pengetahuan dan keterampilan Anda dalam bidang fisioterapi. Jika Anda lulus ujian ini, Anda akan mendapatkan sertifikat keahlian dan izin praktik sebagai fisioterapis. Anda juga harus menjaga kompetensi Anda dengan mengikuti pelatihan atau seminar yang berkaitan dengan perkembangan ilmu fisioterapi.

Jenjang Karir Fisioterapis

Fisioterapis adalah profesional kesehatan yang membantu pasien mengembalikan, mempertahankan, atau meningkatkan fungsi tubuh yang terganggu oleh penyakit atau cedera. Fisioterapis menggunakan berbagai metode, seperti latihan fisik, terapi manual, modalitas elektroterapi, pendidikan kesehatan, dan pencegahan. Fisioterapis dapat bekerja di berbagai setting, seperti rumah sakit, klinik, puskesmas, sekolah, tempat kerja, atau rumah pasien.

Untuk menjadi fisioterapis, seseorang harus menempuh pendidikan tinggi di program studi fisioterapi yang terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Setelah lulus, seseorang harus mengikuti ujian kompetensi yang diselenggarakan oleh Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) dan mendapatkan surat tanda registrasi (STR) dari Kementerian Kesehatan. STR harus diperbarui setiap lima tahun sekali dengan mengikuti program pendidikan berkelanjutan.

Jenjang karir fisioterapis dapat dibedakan menjadi tiga tingkat, yaitu:

– Fisioterapis muda: memiliki pengalaman kerja kurang dari lima tahun dan belum memiliki spesialisasi. Fisioterapis muda bertugas melakukan asesmen, intervensi, evaluasi, dan dokumentasi fisioterapi sesuai dengan standar profesi dan etika. Fisioterapis muda juga harus mengembangkan kompetensi profesional dan klinis melalui pembelajaran seumur hidup.
– Fisioterapis ahli: memiliki pengalaman kerja minimal lima tahun dan telah memiliki spesialisasi dalam bidang tertentu, seperti geriatri, neurologi, ortopedi, pediatri, atau kardiopulmonal. Fisioterapis ahli bertugas melakukan asesmen, intervensi, evaluasi, dan dokumentasi fisioterapi dengan tingkat kompleksitas yang lebih tinggi dan menggunakan pengetahuan ilmiah yang lebih mendalam. Fisioterapis ahli juga harus berperan sebagai konsultan, supervisor, mentor, peneliti, atau pengajar dalam bidang spesialisasinya.
– Fisioterapis konsultan: memiliki pengalaman kerja minimal sepuluh tahun dan telah memiliki spesialisasi dalam lebih dari satu bidang. Fisioterapis konsultan bertugas memberikan saran, rekomendasi, atau solusi untuk masalah fisioterapi yang bersifat strategis, inovatif, atau multidisipliner. Fisioterapis konsultan juga harus berkontribusi dalam pengembangan kebijakan, standar, pedoman, atau kurikulum fisioterapi di tingkat nasional atau internasional.

Yang Harus Kalian Ketahui Fisioterapis

Sebelum memutuskan untuk bekerja sebagai fisioterapis, ada beberapa hal yang perlu diketahui:

  1. Kondisi Fisik yang Baik: Pekerjaan ini membutuhkan kekuatan fisik yang baik dan ketahanan untuk melakukan tugas-tugas yang membutuhkan interaksi fisik dengan pasien dan penggunaan teknik fisioterapi yang memerlukan kekuatan.
  2. Ketersediaan Waktu yang Fleksibel: Fisioterapis sering bekerja di luar jam kerja reguler, termasuk akhir pekan atau malam hari, tergantung pada kebutuhan pasien dan tempat kerja.
  3. Keterlibatan Emosional: Bekerja dengan pasien yang menderita cedera atau gangguan fisik dapat menjadi tugas yang mempengaruhi emosi. Fisioterapis perlu siap secara emosional dan memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk memberikan dukungan kepada pasien.

Profesi Lainnya

dokter anak

Dokter Anak

Profesi dokter anak adalah salah satu bidang medis yang fokus pada perawatan kesehatan anak-anak, mulai dari bayi baru lahir hingga remaja. Dokter anak berperan penting

Read More »
profesi kontraktor

Kontraktor

Kontraktor adalah perorangan atau badan hukum yang dikontrak atau disewa oleh pemilik proyek untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan perjanjian kontrak yang telah disepakati dan sesuai

Read More »
system analyst

System Analyst

System analyst merupakan profesi di bidang teknologi informasi yang fokus pada aktivitas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, juga pemilihan perangkat lunak dan sistem untuk mengakomodasi kebutuhan institusi.  Posisi

Read More »
profesi sutradara

Sutradara

Berhasilnya sebuah film yakni berkat campur tangan konsep dan kreativitas seorang sutradara. Tapi, udah pada tau belum apa sih sutradara itu? Sutradara adalah profesi seseorang

Read More »
translator lisan

Penerjemah Lisan Interpreter

Penerjemah Lisan Interpreter adalah profesional yang memainkan peran penting dalam memfasilitasi komunikasi antara individu atau kelompok yang berbicara dalam bahasa yang berbeda. Mereka bertindak sebagai

Read More »
market researcher

Market Researcher

Market researcher adalah seorang profesional yang melakukan analisis pasar dan mengumpulkan data untuk membantu perusahaan membuat keputusan strategis. Tugas utama market researcher adalah mengidentifikasi tren

Read More »