mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Event Planner

Event planner adalah tim atau individu yang membuat berbagai hal dalam program dan event berjalan sesuai dengan rencana.

profesi event planner

Deskripsi Profesi Event Planner

Event planner adalah tim atau individu yang membuat berbagai hal dalam program dan event berjalan sesuai dengan rencana. Mereka memuat jadwal dan memperhitungkan keperluan acara hingga pernak-pernik terkecil. Tidak hanya itu, mereka juga berperan dalam persiapan serba-serbi kebutuhan pra-acara, mulai dari budgeting, hingga memberikan alasan kuat pada publik untuk datang dan menikmati program klien mereka.

Event planner biasanya bernaung di bawah sayap perusahaan berbasis event organizing (EO). Mereka bekerja untuk korporasi dan juga organisasi nonprofit. Dalam kerjanya, mereka merencanakan konferensi, meeting, konvensi, pameran dagang, dan beberapa acara nonprofesional serta internal lainnya.

Namun, tidak berhenti di situ. EO juga sering bekerja sama dengan penyelenggara konser, lembaga pendidikan, bahkan asosiasi medis ataupun religius.

Banyaknya permintaan tak jarang akan memenuhi jadwal seorang event planner. Mendorong mereka untuk bekerja sepenuh minggu mengatur dan melaksanakan setiap rincian acara agar sesuai dengan keinginan klien.

Jobdesk Event Planner

Sebagai dalang dalam kesuksesan sebuah acara, event planner memiliki segudang tugas tanggung jawab yang harus mereka laksanakan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Mengidentifikasi tujuan dan konsep acara sesuai dengan kebutuhan dan harapan klien
  • Menyusun rencana anggaran dan timeline acara
  • Menyediakan venue, vendor, katering, dekorasi, hiburan, undangan, souvenir, dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan untuk acara
  • Menegosiasikan kontrak dan perjanjian dengan pihak-pihak terkait
  • Mengkoordinasikan tim event organizer dan relawan yang terlibat dalam acara
  • Memantau proses persiapan dan pelaksanaan acara
  • Menyelesaikan masalah yang mungkin timbul sebelum atau selama acara
  • Mengevaluasi hasil dan dampak acara serta memberikan laporan kepada klien

Keahlian Yang Harus Dimiliki Event Planner

Untuk menjadi seorang event planner yang handal, tidak cukup hanya memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai. Event planner juga harus memiliki keahlian atau skill tertentu yang mendukung pekerjaan mereka. Beberapa skill yang harus dimiliki oleh event planner adalah:

  • Komunikasi: Event planner harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan klien, tim, vendor, media, dan peserta acara. Mereka harus bisa menyampaikan informasi dengan jelas, mendengarkan masukan dengan baik, dan menangani keluhan dengan profesional.
  • Kreativitas: Event planner harus mampu menciptakan konsep acara yang menarik, inovatif, dan sesuai dengan tujuan klien. Mereka harus bisa berpikir out of the box dan menawarkan solusi yang unik untuk setiap tantangan yang dihadapi.
  • Organisasi: Event planner harus mampu mengatur dan mengelola berbagai aspek acara dengan rapi dan efisien. Mereka harus bisa membuat rencana yang detail, mengatur jadwal yang realistis, dan memastikan semua sumber daya tersedia dan terkoordinasi dengan baik.
  • Fleksibilitas: Event planner harus mampu beradaptasi dengan situasi yang berubah-ubah dan tidak terduga. Mereka harus bisa menyesuaikan diri dengan permintaan klien yang mungkin berubah, kondisi cuaca yang tidak menentu, atau masalah teknis yang mungkin terjadi.
  • Kerjasama: Event planner harus mampu bekerja sama dengan tim event organizer dan pihak-pihak lain yang terlibat dalam acara. Mereka harus bisa membangun hubungan yang baik, saling menghormati, dan saling mendukung.

Cara Menjadi Event Planner

Untuk menjadi seorang event planner, ada beberapa langkah yang bisa diikuti oleh calon event planner. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Menempuh pendidikan formal atau informal yang relevan dengan bidang event planner
  • Mengikuti pelatihan atau kursus yang berkaitan dengan event planner
  • Mendapatkan sertifikat atau lisensi yang menunjukkan kemampuan dalam mengelola acara
  • Membuat portofolio yang menampilkan pengalaman dan hasil kerja sebagai event planner
  • Melamar pekerjaan sebagai event planner di perusahaan event organizing atau perusahaan lain yang membutuhkan jasa event planner
  • Mengembangkan jaringan dan reputasi sebagai event planner yang profesional dan berkualitas

Jenjang Karir Event Planner

Seorang event planner memiliki prospek karir yang cukup baik di Indonesia. Menurut data dari Job Outlook, permintaan pekerjaan sebagai event planner diperkirakan akan meningkat sebesar 8% dari tahun 2019 hingga 2029. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kebutuhan akan acara-acara profesional dan sosial di berbagai sektor.

Jenjang karir seorang event planner biasanya dimulai dari posisi junior atau entry level, kemudian naik ke posisi senior atau supervisor, hingga menjadi manajer atau direktur. Berikut adalah beberapa contoh posisi karir untuk event planner:

  • Event Planner Junior: Bertanggung jawab untuk membantu event planner senior dalam merencanakan dan melaksanakan acara. Biasanya memiliki pengalaman kerja kurang dari 2 tahun.
  • Event Planner Senior: Bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan acara secara mandiri atau bersama tim. Biasanya memiliki pengalaman kerja lebih dari 2 tahun dan sertifikat profesional.
  • Event Planner Supervisor: Bertanggung jawab untuk mengawasi dan membimbing event planner junior dan senior dalam merencanakan dan melaksanakan acara. Biasanya memiliki pengalaman kerja lebih dari 5 tahun dan sertifikat profesional.
  • Event Planner Manager: Bertanggung jawab untuk mengelola tim event planner dan berkoordinasi dengan klien dan pihak-pihak lain dalam merencanakan dan melaksanakan acara. Biasanya memiliki pengalaman kerja lebih dari 10 tahun dan sertifikat profesional.
  • Event Planner Director: Bertanggung jawab untuk menentukan visi, misi, strategi, dan target perusahaan event organizing. Biasanya memiliki pengalaman kerja lebih dari 15 tahun dan sertifikat profesional.

Yang Harus Kalian Ketahui Event Planner

Sebelum memutuskan untuk bekerja sebagai event planner, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh calon event planner. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Bekerja sebagai event planner membutuhkan komitmen, dedikasi, dan tanggung jawab yang tinggi. Event planner harus siap bekerja keras, bekerja di bawah tekanan, dan bekerja di luar jam kerja normal untuk memastikan semua rincian acara sesuai dengan keinginan klien.
  • Bekerja sebagai event planner juga membutuhkan kreativitas, fleksibilitas, dan kerjasama yang baik. Event planner harus mampu menciptakan konsep acara yang menarik, menyesuaikan diri dengan situasi yang berubah-ubah, dan bekerja sama dengan tim event organizer dan pihak-pihak lain yang terlibat dalam acara.
  • Bekerja sebagai event planner juga memberikan kesempatan untuk belajar dan berkembang secara profesional. Event planner akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang luas tentang berbagai jenis acara, bertemu dan bekerja sama dengan banyak orang dari berbagai latar belakang, dan mendapatkan kepuasan dan penghargaan ketika berhasil menyelenggarakan acara yang sukses.
  • Bekerja sebagai event planner juga memiliki tantangan dan risiko yang harus dihadapi. Event planner harus siap menghadapi tekanan, kritik, dan kompetisi yang tinggi, mengorbankan waktu pribadi dan keluarga untuk menyelesaikan pekerjaan, dan menghadapi risiko kegagalan atau kerugian akibat acara yang bermasalah.

Profesi Lainnya

lead generator specialist

Lead Generator Specialist

Apa itu profesi Lead Generator Specialist? Lead generator specialist adalah seseorang yang bertugas untuk mencari dan menghubungi calon pelanggan yang berpotensi tertarik dengan produk atau

Read More »
profesi sejarahwan

Sejarawan

Sejarawan adalah para ahli yang mempelajari dan menganalisis sejarah manusia, peristiwa, budaya, dan perkembangan masyarakat melalui penelitian, penulisan, dan interpretasi sumber-sumber sejarah. Mereka berperan penting

Read More »
dokter anak

Dokter Anak

Profesi dokter anak adalah salah satu bidang medis yang fokus pada perawatan kesehatan anak-anak, mulai dari bayi baru lahir hingga remaja. Dokter anak berperan penting

Read More »
electrical engineer

Electrical Engineer

Pekerjaan Electrical Engineer adalah sebuah profesi yang melibatkan perancangan, pengembangan, pengujian, dan pemeliharaan sistem kelistrikan. Seorang Electrical Engineer bertanggung jawab untuk merancang dan mengimplementasikan solusi

Read More »

Branch Manager

Dalam dunia bisnis, peran seorang Branch Manager sangat penting dalam memastikan kesuksesan operasional cabang perusahaan. Branch Manager adalah individu yang bertanggung jawab atas pengelolaan, koordinasi,

Read More »
tugas staff gudang

Staff Gudang

Staff gudang adalah orang-orang yang bertanggung jawab untuk mengelola barang-barang yang masuk dan keluar dari gudang. Mereka harus memastikan bahwa barang-barang disimpan dengan rapi, aman,

Read More »