mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Dosen

Dosen adalah seorang akademisi atau pengajar di institusi pendidikan tinggi seperti universitas, perguruan tinggi, atau institusi sejenisnya.

dosen

Deskripsi Profesi Dosen

Dosen adalah pendidik profesional yang bekerja di satuan pendidikan tinggi tertentu. Dosen kerap disebut sebagai Ilmuwan karena kapasitas ilmu yang ia miliki. Namun, cecara umum profesi satu ini tidak berbeda jauh dengan guru, karena sama-sama sebagai tenaga pendidik atau pengajar. 

Dosen adalah seorang akademisi atau pengajar di institusi pendidikan tinggi seperti universitas, perguruan tinggi, atau institusi sejenisnya. Dosen memiliki pengetahuan yang mendalam dan keahlian dalam bidang studi tertentu, dan tugas utama mereka adalah memberikan pengajaran, membimbing, dan melakukan penelitian atau kontribusi akademik dalam disiplin ilmu yang mereka geluti.

Dosen memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan materi pelajaran kepada mahasiswa, mengajar dalam bentuk kuliah, diskusi, dan tutorial, serta melakukan penilaian dan evaluasi terhadap kinerja mahasiswa. Selain itu, dosen juga bertanggung jawab dalam mengembangkan kurikulum, merancang program studi, dan mengawasi tugas akhir atau penelitian mahasiswa.

Selain mengajar, dosen juga berperan dalam penelitian dan publikasi ilmiah di bidang studi mereka. Mereka dapat melakukan penelitian, menulis makalah ilmiah, dan berkontribusi pada perkembangan pengetahuan dalam disiplin ilmu yang mereka tekuni. Dosen juga sering terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat, seperti memberikan kuliah umum, menjadi konsultan, atau berpartisipasi dalam proyek-proyek yang relevan dengan bidang studi mereka.

Selain itu, dosen juga dapat menjadi pembimbing akademik bagi mahasiswa, memberikan nasihat dan arahan dalam pemilihan mata kuliah, pengembangan karir, atau masalah akademik lainnya. Mereka juga bisa menjadi mentor bagi mahasiswa yang tertarik pada penelitian atau karir akademik.

Secara umum, dosen memiliki peran penting dalam mendidik generasi muda, menyebarkan pengetahuan, dan berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat secara luas. Mereka membawa pengalaman dan keahlian mereka ke dalam lingkungan akademik untuk membentuk dan menginspirasi calon profesional di bidang yang mereka geluti.

Jobdesk Dosen

Tugas dan tanggung jawab seorang dosen antara lain: 

  • Memberikan pengajaran berkualitas kepada mahasiswa di tingkat sarjana atau pascasarjana sesuai dengan program studi yang relevan.
  • Merancang dan mengembangkan kurikulum serta materi pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan terbaru dalam bidang studi.
  • Melakukan penelitian atau kontribusi akademik lainnya di bidang studi yang ditekuni, termasuk publikasi ilmiah, seminar, atau konferensi.
  • Melakukan bimbingan akademik kepada mahasiswa, seperti membimbing tugas akhir, penelitian, atau proyek-proyek lainnya.
  • Berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat, seperti memberikan kuliah umum, menjadi konsultan, atau berkolaborasi dengan industri atau lembaga lainnya.
  • Berkontribusi dalam pengembangan program studi, peningkatan kualitas pengajaran, dan partisipasi dalam kegiatan akademik institusi.

Mengenai tugas maupun tanggung jawab seorang dosen lainnya, yakni dengan melihat isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tugas ini meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan tuga rutin lainnya.

Semua tugas ini wajib dijalankan oleh dosen, sehingga selepas mengajar yang hanya beberapa jam saja sehari. Intinya dosen masih akan disibukan dengan berbagai kegiatan mulai dari penelitian, menulis laporan penelitian, mengoreksi tugas mahasiswa, menyiapkan materi kuliah besok, dan lain-lain.

Dosen diharapkan dapat terus melakukan penelitian pada bidang keahliannya dan memberikan bimbingan kepada mahasiswa. Sebagai seorang ilmuwan, dosen perlu mempublikasikan secara teratur karya tulis ilmiah dan hasil penelitiannya di konferensi akademik.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Dosen

Mampu Berbahasa Inggris

Jika menjadi dosen hanya perlu menguasai satu bidang ilmu, maka kamu keliru. Justru dosen dituntut untuk serba bisa, atau paling tidak menguasai beberapa hal yang menjadi standar untuk bisa menjadi dosen. Salah satunya, punya kemampuan bahasa Inggris yang baik.

Sebab umumnya lowongan dosen akan mensyaratkan adanya pencapaian TOEFL minimal di angka 500. Angka ini tentu sudah membuktikan bahwa dosen punya tuntutan untuk bisa berbahasa Inggris dengan baik dan benar. Jadi, kalau kamu ingin menjadi dosen usahakan belajar bahasa Inggris yang rajin.

Aktif Menulis

Dosen tidak hanya mengajar dalam kesehariannya, namun juga punya kesibukan lain sesuai dengan tugas utama di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satunya menulis karya ilmiah, bisa dari hasil penelitian maupun menyusun buku pendidikan sesuai bidang ilmu yang dikuasai.

Umumnya buku-buku pendidikan yang tersebar di berbagai toko buku merupakan hasil tulisan para dosen. Buku yang ditulis ini juga masuk ke dalam tugas wajib, sehingga seorang dosen pun perlu mengasah keterampilan menulis. Selain itu juga mengurus penerbitan buku dan karya ilmiah yang ditulis tadi.

Kemampuan menulis memang sangat diperlukan dalam penyusunan hasil penelitian. Poin ini akan membantu profesi dosen untuk terhindar dari masalah seperti plagiarisme.

Tanpa kemampuan menulis yang mumpuni, tentu akan cukup sulit untuk menyusun suatu karya ilmiah.

Apalagi bahasa tulis yang digunakan pada karya ilmiah sangat berbeda dengan bahasa yang ada pada bahan bacaan umum seperti buku, majalah, atau koran.

Kemampuan Berbicara di Depan Umum

Skill yang harus dimiliki oleh seorang dosen selanjutnya adalah kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking.

Tugas utama dari dosen adalah menyampaikan bahan perkuliahan di depan kelas. Jadi tentu saja skill public speaking sangat penting untuk dimiliki.

Tanpa skill yang satu ini, seorang dosen akan kesulitan saat ingin menyampaikan materi.

Hal itu juga akan menyebabkan para siswa kebingungan, karena apa yang disampaikan dosen tidak akan mudah dimengerti.

Jadi, buat Anda yang tertarik mencoba profesi sebagai dosen, tingkatkan dahulu kemampuan berkomunikasi.

Jangan sampai saat mempresentasikan materi di depan kelas, kamu malah bingung dan akhirnya penyampaiannya tidak jelas.

Ahli dalam Bidang yang Ditekuni

Sebelum memutuskan menjadi seorang dosen, tentunya kamu harus yakin dengan keahlian yang Anda miliki.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum menjadi dosen adalah memastikan memiliki keahlian di bidang yang digeluti.

Selain itu, untuk menjadi seorang dosen juga harus memiliki antusiasme yang tinggi pada bidang ilmunya. Dengan memiliki antusiasme yang besar maka akan lebih mudah saat menyampaikan materi kepada siswa.

Jadi, intinya semakin besar passion yang kamu miliki dalam bidang yang digeluti, maka akan lebih mudah pula saat mengajarkannya ke mahasiswa.

Paham Riset

Salah satu tanggung jawab dari profesi dosen adalah melakukan penelitian.

Jadi, memahami teknik dan pengetahuan luas tentang riset akan sangat membantumu untuk terus berkembang dalam profesi ini.

Melakukan penelitian dan mempublikasikan hasilnya akan membuat seorang dosen terlihat kredibel. Akhirnya, jenjang karier akan terus meningkat.

Melakukan penelitian juga bukan hal yang mudah karena kamu dituntut memiliki kemampuan berpikir analitis dan selalu termotivasi untuk mencari solusi.

Selain fokus pada penelitian, dosen juga harus tetap fokus untuk mengajar. Itulah mengapa dosen juga harus mampu mengatur waktu dengan baik.

Cara Menjadi Dosen

Ambil Mata Kuliah Yang Ingin Ditekuni

Jika Anda ingin berkarier pada profesi ini, maka ilmu yang harus Anda kuasai adalah sesuai dengan minat dan bakat Anda. Misalnya saja Anda ingin menjadi dosen Hukum, Anda harus menguasai ilmu Hukum dan menyelesaikan pendidikan yang berbasis dengan keilmuan Hukum.

Bergelar Magister atau Strata 2

Untuk mengejar kualitas pendidikan, banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta mematok standard S2 untuk para dosennya. Berbeda dengan generasi sebelumnya, yang mana lulusan S1 sudah bisa memiliki profesi dosen.

Sekarang ini untuk menjadi dosen gelar magister harus sudah dimiliki, baik itu lulusan S2 dalam ataupun luar negeri.

Syarat yang mutlak dipenuhi oleh aktor intelektual dalam peran serta membangun kualitas pendidikan Indonesia ke level yang lebih baik. Menjadi nilai lebih jika lulusan unversitas tekemuka luar negeri dengan IPK yang memuaskan. Bisa dipastikan akan menjadi dosen yang berdedikasi tinggi dalam dunia pendidikan.

Indeks Prestasi Kumulatif yang Mumpuni

Memiliki nilai akademis yang tinggi dan prestasi yang mumpuni dibidang akademis. Hal tersebut harus sebanding lurus dengan indeks prestasi kumulatif atau IPK semasa mengenyam jenjang pendidikan baik di S1 maupun S2.

Perbanyak Pengalaman

Sebagai dosen harus memiliki pengalaman dalam bidang akademis baik dalam penelitian ilmiah atau sebgai asisten dosen semasa kuliah dulu. Pengalaman tersebut menjadi nilai plus bagi seorang dosen. Karena secara otomatis bisa dengan mudah menghandle situasi kelas.

Selain itu pengalaman ini bisa digunakan mereka yang memiliki profesi dosen dalam melakukan pendekatan kepada mahasiswa dan mahasiswi yang diajar. Karena suatu perbedaan karakter anak ajar dalam kelas adalah hal yang tidak bisa dihindari.

Publikasi Karya Ilmiah

Publikasi karya ilmiah adalah salah satu bentuk bukti nyata dedikasi dosen atau calon dosen dalam dunia pendidikan. Dengan memiliki publikasi ilmiah ini baik dalam bentuk buku maupun jurnal, mengindikasikan yang bersangkutan telah memberikan kontribusi dalam perkembangan dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan untuk masyarakat luas.

Publikasi karya ilmiah sudah diwajibkan bagi mahasiswa skripsi untuk melengkapi tugas akhirnya, bahkan mulai sejak 2013 akhir. Dengan adanya publikasi karya ilmiah ini perbendaharaan referensi ilmu pengetahun akan semakin banyak pilihan yang bisa saling melengkapi.

Jenjang Karir Dosen

  • Asisten Ahli

Jabatan akademik yang pertama kali akan Anda duduki. Syaratnya harus berijazah Magister atau sederajat yang sesuai dengan bidang ilmu penugasan.

Seorang asisten ahli setidaknya memiliki satu karya ilmiah yang dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional sebagai penulis pertama, serta paling sedikit satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Dosen Asisten Ahli dengan pendidikan Magister hanya diberi wewenang dan tanggung jawab untuk mengajar dan melakukan bimbingan tugas akhir di program Sarjana/Diploma.

Dosen Asisten Ahli dengan pendidikan Doktor, selain bertugas di program Sarjana/Diploma, juga diberi wewenang dan tanggung jawab untuk membantu mengajar program Magister dan Doktor, serta membantu bimbingan Tesis.

  • Lektor

Jabatan akademik ini bisa langsung kamu peroleh, asalkan kamu sudah mengantongi ijazah Doktor atau sederajat ketika jadi dosen. Syarat lain dalam pengangkatan pertama jabatan akademik ini kurang lebih sama dengan Asisten Ahli.

Untuk naik jabatan dari Asisten Ahli ke Lektor, harus memenuhi angka kredit 200/300 kumulatif.

Dosen Lektor dengan pendidikan Magister hanya diberi wewenang dan tanggung jawab untuk mengajar dan melakukan bimbingan tugas akhir di program Sarjana/Diploma. Khusus Lektor golongan III/D bisa membantu bimbingan Tesis.

Dosen Lektor dengan pendidikan Doktor, selain bertugas di program Sarjana/Diploma dan Magister, juga diberi wewenang dan tanggung jawab untuk membantu mengajar program Doktor, serta membantu bimbingan Disertasi.

  • Lektor Kepala

Kenaikan jabatan dari Lektor ke Lektor Kepala, harus memenuhi angka kredit 400/550/700 kumulatif.

Dosen Lektor Kepala dengan pendidikan Magister diberi wewenang dan tanggung jawab untuk mengajar dan melakukan bimbingan tugas akhir di program Sarjana/Diploma dan Magister, serta membantu di program Doktor.

Dosen Lektor Kepala dengan pendidikan Doktor, diberi wewenang dan tanggung jawab untuk mengajar di semua program, melakukan bimbingan tugas akhir dan Tesis, serta membantu bimbingan Disertasi.

  • Guru Besar

Kenaikan jabatan dari Lektor Kepala ke Guru Besar, harus memenuhi angka kredit 850/1.050 kumulatif.

Jabatan akademik Guru Besar hanya diberikan pada dosen yang berpendidikan terakhir Doktor. Guru Besar punya wewenang dan tanggung jawab untuk mengajar dan melakukan bimbingan di semua program.

Yang Harus Kalian Ketahui Dosen

Sebelum menjadi dosen, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  • Dosen sering dianggap sebagai profesi yang cukup mulia. Pasalnya, ada banyak tanggung jawab yang dibebankan pada profesi ini.

  • Tidak hanya memberikan ilmu akademis saja, dosen juga dituntut membantu para mahasiswanya untuk mengembangkan cara berpikir mereka.

  • Dosen dituntut untuk terus belajar dan berproses, sehingga untuk menjadi dosen sebaiknya berasal dari niat dalam hati. Jangan sampai karena paksaan atau ikut teman sejawat, sebab sepanjang umur kamu akan aktif belajar. Bahkan ketika memasuki usia pensiun yakni di usia 60-70-an tahun.

  • Di Indonesia, calon pemilik profesi dosen diwajibkan untuk lulus dari jenjang magister atau S2. Sehingga ketika punya impian menjadi dosen perlu ancang-ancang kuliah S2 saat kuliah S1 masih berjalan. Selain itu, saat ini semakin banyak dosen yang lulus S3. Sehingga kalau kamu menekuni profesi ini dijamin akan berusaha meraih gelar S3 juga.

  • Dosen ternyata memiliki masa kerja yang terbilang panjang, sebab di Indonesia usia pensiun untuk profesi ini adalah 65 tahun. Bahkan beberapa dosen masih aktif mengajar di atas usia tersebut dan pensiun di usia 70 tahun.

Profesi Lainnya

polisi

Polisi

Anggota polisi adalah orang yang bekerja sebagai petugas atau pegawai pada institusi kepolisian. Tugas utama anggota polisi adalah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta menegakkan

Read More »
jobdesk general affair

General Affair

General Affair (GA) merupakan posisi dalam suatu perusahaan yang umumnya berada di bawah pimpinan kepala operasional, terkadang pada beberapa perusahaan GA berada dibawah Departemen Personalia (HR).

Read More »
software developer

Software Developer

Software Developer adalah seorang yang bertugas untuk mengembangkan sebuah aplikasi perangkat lunak sehingga menghasilkan produk (aplikasi/software) yang baik dan berkualitas. Software Developer adalah seorang profesional

Read More »
profesi software engineering

Software Engineering

Software engineering adalah profesi dengan ahli dalam suatu pendekatan teknologi secara sistematis, terstruktur dan disiplin. Melansir riset Bureau of Labor Statistics, Amerika Serikat, demand perusahaan untuk ahli software engineering diperkirakan akan

Read More »
profesi content strategist

Content Strategist

Content Strategist adalah profesi yang bertanggung jawab untuk menentukan strategi konten yang tepat untuk mencapai tujuan pemasaran/penjualan suatu perusahaan. Dimulai dari riset konten, produksi sampai

Read More »
account manager

Account Manager

Account manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik dengan klien dan memastikan kepuasan mereka terhadap produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan.

Read More »