mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Account Manager

Account manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik dengan klien dan memastikan kepuasan mereka terhadap produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan.

account manager

Deskripsi Profesi Account Manager

Account manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik dengan klien dan memastikan kepuasan mereka terhadap produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan. Account manager juga berperan sebagai perantara antara klien dan tim internal perusahaan, seperti tim penjualan, pemasaran, atau pengembangan produk.

Account Manager adalah profesi yang ada pada sebuah perusahaan dan memiliki tanggung jawab terhadap manajemen penjualan dan hubungan dengan pelanggan tertentu. Account Manager bertugas mengelola akun dan menjaga relasi dengan klien yang sudah menandatangani kontrak kerja sama dengan perusahaan. Account Manager juga harus memastikan kebutuhan klien terpenuhi, menangani keluhan dari klien, dan mencari peluang bisnis baru.

Pekerjaan account manager melibatkan banyak aktivitas, seperti:

  • Mengidentifikasi kebutuhan dan harapan klien, serta memberikan solusi yang sesuai dengan tujuan bisnis mereka.
  • Membangun dan memelihara hubungan jangka panjang dengan klien, serta menangani keluhan atau masalah yang mungkin timbul.
  • Membuat dan menyajikan laporan berkala tentang kinerja produk atau layanan, serta memberikan saran untuk meningkatkan hasilnya.
  • Menegosiasikan kontrak dan perjanjian dengan klien, serta memastikan pembayaran tepat waktu.
  • Bekerja sama dengan tim internal perusahaan untuk mengkoordinasikan proyek atau kampanye yang melibatkan klien.
  • Mencari peluang baru untuk memperluas portofolio klien atau meningkatkan penjualan.

Pekerjaan account manager adalah pekerjaan yang menantang namun juga menarik. Anda akan berinteraksi dengan berbagai macam klien dan tim internal perusahaan, serta memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam mencapai tujuan bisnis perusahaan.

Jobdesk Account Manager

Account Manager memiliki jobdesk, tugas, dan tanggung jawab yang cukup banyak dan bervariasi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Bekerja sama dengan tim sales dan marketing untuk menentukan metode penjualan produk
  • Membuat strategi pemasaran
  • Membuat proposal penawaran untuk ke calon klien
  • Mengatur budget untuk biaya pemasaran, serta menghitung pendapatan
  • Mencari bisnis baru yang potensial, serta mencari segmen pasar yang baru
  • Melakukan pemantauan penggunaan produk oleh klien
  • Melayani klien dengan baik melalui komunikasi via email atau telepon
  • Menyajikan solusi sesuai dengan kebutuhan klien
  • Menampung semua calon investor yang memiliki tujuan yang sama dengan perusahaan
  • Mengomunikasikan agenda klien ke tim lain yang berhubungan

Keahlian Yang Harus Dimiliki Account Manager

Account Manager harus memiliki beberapa keahlian yang mendukung pekerjaannya. Berikut ini adalah beberapa keahlian yang dibutuhkan oleh Account Manager:

  • Kemampuan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan
  • Kemampuan negosiasi yang baik untuk mencapai kesepakatan dengan klien
  • Kemampuan jeli melihat peluang bisnis dan mengembangkan strategi pemasaran
  • Kemampuan perhatian terhadap detail untuk memastikan kepuasan klien
  • Kemampuan problem solving untuk menyelesaikan masalah yang muncul
  • Kemampuan dalam membangun relasi yang baik dengan klien dan tim internal

Cara Menjadi Account Manager

Untuk menjadi Account Manager, Anda harus memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang sesuai dengan persyaratan perusahaan. Anda juga harus memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab Anda. Selain itu, Anda juga harus memiliki motivasi dan minat yang tinggi terhadap bidang pekerjaan ini. Anda bisa mencari lowongan pekerjaan sebagai Account Manager di berbagai platform online, seperti Indeed, Glints, Jobstreet, atau LinkedIn. Anda juga bisa mengembangkan jaringan profesional Anda dengan bergabung dengan komunitas atau organisasi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan ini.

Jenjang Karir Account Manager

Account Manager memiliki jenjang karir yang cukup menjanjikan. Anda bisa naik pangkat menjadi Senior Account Manager, Account Director, atau Sales Manager jika Anda berhasil menunjukkan kinerja yang baik dan mencapai target yang ditetapkan. Anda juga bisa berpindah ke bidang lain yang berkaitan dengan sales, marketing, atau customer service jika Anda ingin mencoba tantangan baru.

Yang Harus Kalian Ketahui Account Manager

Sebelum bekerja sebagai Account Manager, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, seperti:

  • Anda harus siap bekerja dengan target dan tekanan yang tinggi
  • Anda harus siap bekerja dengan berbagai macam klien dengan karakter dan kebutuhan yang berbeda-beda
  • Anda harus siap bekerja dengan tim internal dan eksternal yang terdiri dari berbagai latar belakang dan bidang keahlian
  • Anda harus siap mengikuti perkembangan pasar dan tren produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda
  • Anda harus siap belajar dan mengembangkan diri secara terus-menerus untuk meningkatkan kualitas pekerjaan Anda

Profesi Lainnya

instruktur

Instruktur Pelatihan Kejuruan

Pekerjaan sebagai Instruktur Pelatihan Kejuruan melibatkan memberikan pelatihan dan pembelajaran kepada individu yang ingin mengembangkan keterampilan kejuruan dalam bidang tertentu. Seorang instruktur pelatihan kejuruan bertanggung

Read More »
profesi customer service

Customer Service

Apa itu Pekerjaan Customer Service ? Customer service adalah salah satu pekerjaan yang paling penting dalam dunia bisnis. Customer service adalah orang yang bertanggung jawab

Read More »
pengrajin mebel

Pengrajin Mebel

Pekerjaan sebagai pengrajin mebel adalah salah satu profesi yang memadukan kreativitas, keterampilan teknis, dan dedikasi terhadap kerajinan kayu. Pengrajin mebel menciptakan karya seni yang indah

Read More »
profesi hrd

HRD (Human Resources Development)

HRD adalah singkatan dari Human Resources Development. Apabila diterjemahkan HRD adalah Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pengertian HRD adalah kerangka kerja untuk membantu karyawan mengembangkan keterampilan, pengetahuan,

Read More »
profesi auditor

Auditor

Untuk memiliki keuangan yang sehat, setiap lembaga, instansi ataupun perusahaan memerlukan peran seorang auditor. Sebenarnya apa pengertian auditor tersebut? Auditor merupakan seseorang yang memeriksa dan

Read More »
profesi data scientist

Data Scientist

Data Scientist adalah seseorang yang ahli dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data besar dengan menggunakan berbagai metode, algoritma, dan teknik. Data scientist harus mampu menggunakan

Read More »