mployee logo

Profesi Desainer Interior

Desainer interior adalah seseorang yang bekerja dengan klien untuk membuat desain ruangan agar semakin estetik, seperti dilansir dari Career Explorer.

profesi desiain interior

Deskripsi Profesi Desainer Interior

Desainer interior adalah suatu profesi yang bertanggung jawab atas keseluruhan proses desain interior yang terdiri dari perencanaan, penataan dan perancangan ruang-ruang interior.

Desain interior memiliki berbagai bidang spesialisasi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Corporate design

Salah satu spesialisasi desainer interior adalah corporate design. Apabila Anda merasa nyaman di kantor dikarenakan desain yang nyaman, mungkin itu karena pekerjaan mereka.

Biasanya seorang desain interior akan menciptakan desain untuk ruang kerja yang profesional dengan menambahkan value penting yang dimiliki perusahaan ke dalam desainnya.

Ruang kerja yang di desain tentu saja memiliki beberapa aspek penting seperti memiliki tatanan yang nyaman agar karyawan tidak mudah merasa stres dan jenuh saat bekerja.

2. Healthcare design

Spesialisasi interior desain yang kedua adalah healthcare design. Tugasnya tentu saja berkaitan dengan perencanaan desain untuk kantor-kantor kesehatan seperti rumah sakit, klinik, puskesmas, dan fasilitas kesehatan lainnya.

Sebelum mereka membuat desain tentu mereka harus melakukan riset terlebih dahulu, karena desain interior di Rumah sakit tentu saja berbeda dengan desain interior untuk rumah atau kantor.

Mereka harus memperhatikan aspek kenyamanan dan keamanan pasien rumah sakit, seperti apa saja peralatan yang harus ada, meja atau kursi apa yang cocok, sampai dengan poster di dinding yang cocok.

3. Kitchen and bath design

Ada juga spesialisasi desain interior yang khusus membuat perencanaan desain ruangan yang lebih spesifik seperti dapur dan kamar mandi.

Desainer interior yang memiliki spesialisasi ini harus memiliki banyak pengetahuan mengenai perlengkapan yang dibutuhkan untuk dapur dan kamar mandi.

Jobdesk Desainer Interior

Berikut ini adalah Jobdesk seorang Desainer Interior secara umum:

  1. Mencari dan melakukan penawaran untuk suatu proyek terbaru.
  2. Memahami tujuan dan persyaratan yang diberikan oleh klien.
  3. Mempertimbangkan seperti apa ruangan yang akan dibuat berdasarkan keinginan klien.
  4. Membuat sketsa desain awal termasuk menyiapkan tata letak listrik hingga bagian lainnya.
  5. Menentukan bahan material dan perabotan seperti kursi, meja, lantai, hingga dinding.
  6. Membuat timeline untuk pengerjaan proyek dan membuat perkiraan biaya.
  7. Membuat pesanan untuk bahan dan mengawasi pemasangan elemen desain.
  8. Mengawasi konstruksi dengan berkoordinasi dengan kontraktor.
  9. Memastikan klien merasa puas dengan proyek desain interior-nya.
  10. Berunding dengan klien untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan lingkungan interior, seperti anggaran, preferensi arsitektur, tujuan dan fungsi
  11. Memberikan saran pada klien mengenai faktor desain interior, seperti misalnya perencanaan ruang, peletakan dan kegunaan perabotan atau peralatan, serta koordinasi warna
  12. Berkoordinasi dengan para ahli lainnya yang terlibat dalam proyek terkait, seperti kontraktor, arsitek, insinyur, dan teknisi pipa untuk memastikan keberhasilan proyek yang dikerjakan
  13. Memecahkan masalah-masalah yang berhubungan dengan fungsi dan kualitas dari lingkungan ruang interior.
  14. Menjalankan pelayanan jasa yang berhubungan dengan ruang interior secara profesional, meliputi penyusunan program ruang, analisis desain, perencanaan ruang, estetika, dan pengawasan pekerjaan secara berkala di lapangan
  15. Mempersiapkan gambar-gambar serta dokumen-dokumen pelaksanaan yang berhubungan dengan desain interior.
  16. Membuat gambar maupun foto karya-karya desain untuk berbagai kepentingan.
  17. Berkoordinasi dengan kontraktor melalui konsultan pengawas mengadakan perubahan-perubahan dan atau penyesuaian sesuai dengan prinsip dan tujuan desain yang lebih baik.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Desainer Interior

Keahlian apa saja yang harus dimiliki oleh seorang Desainer Interior? Berikut ini adalah beberapa keahlian yang seharusnya dimilikinya:

  • Keterampilan perencanaan ruang.
  • Tools / Aplikasi Wajib: AutoCAD, ArchiCAD, Adobe Photoshop
  • Keterampilan memahami warna dan pemilihan warna yang cocok
  • Mengentahui dasar-dasar dan istilah dalam ilmu bangunan
  • Update dengan style desain interior terbaru
  • Negosiasi dengan klien / vendor
  • Memiliki pengetahuan dalam hal perencanaan ruang, tata letak, perabotan / peralatan dan koordinasi warna
  • Budgetin

Cara Menjadi Desainer Interior

Pendidikan Strata 1

Pendidikan Strata 1 Desain Interior merupakan langkah awal untuk menjadi seorang Desainer Interior.

Pendidikan ini akan ditempug selama 4 tahun. Perencanaan tata letak dan perancangan ruang dalam di dalam bangunan adalah materi perkuliahan yang akan dipelajari. Keadaan fisiknya memenuhi kebutuhan dasar manusia akan naungan dan perlindungan, disamping itu sebuah desain interior juga mempengaruhi pandangan, suasana hati dan kepribadian penghuni.

Oleh karena itu, tujuan dari perancangan interior yakni pengembangan fungsi, pengayaan estetis dan peningkatan psikologi ruang interior. Selain itu akan jurusan ini juga mempelajari pengetahuan seni meliputi estetika, menggambar, sejarah desain.

Kemudian, pengetahuan desain meliputi elemen dan prinsip ruang, faktor manusia dalam sebuah desain, psikologi persepsi, psikologi lingkungan. Serta praktik desain interior meliputi programming, design process, presentasi dan komunikasi.

Sertifikasi

Mengambil sertifikasi Desainer Interior Pratama, Sertifikasi Desainer Interior Madya, Sertifikasi Desainer Interior Utama, juga bergabung di HDII sebagai kumpulan para desainer interior yang berkepedulian tinggi terhadap dunia arsitektur interior akan membuka peluangmu untuk bekerja di bidang ini.

Hingga kini HDII telah menjalin kemitraan dengan beberapa instansi pemerintahan, di antaranya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Dinas Perindustrian,  Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK), dan Kementrian Perdagangan.

Jenjang Karir Desainer Interior

Jenjang karir seorang desainer interior tergantung dari sertifikasi profesi yang dimilikinya.

Sertifikasi tersebut dikeluarkan oleh Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) berdasarkan penilaian terhadap pengalaman ataupun portofolio seorang desainer interior.

Nah, kalau punya sertifikasi maka profesinya diakui dan bisa menjalankannya sesuai standar yang berlaku. Secara umum ada 3 tingkatan desainer interior.

Desainer Interior Pratama

Menangani desain ruangan-ruangan rumah atau residensial dengan total luas 500 meter persegi.

Desainer Interior Madya

Menangani desain ruangan-ruangan rumah dan gedung komersial dengan total luas 1.000 meter persegi.

Desainer Interior Utama

Menentukan pelaksanaan desain karena bertindak sebagai manajemen dan eksekutor.

Selain itu, dikutip melalui laman akupintar, lulusan desainer interior memiliki prospek kerja yang luas.

1. Bergabung dengan biro konsultan desain interior

Biro konsultan arsitektur yang menangani desain interior juga bisa menjadi awal yang baik untuk karirmu kedepannya.

Biro-biro jasa tersebut biasanya melayani penawaran konsep interior, gambar teknik, gambar sketsa, visualisasi gambar, video 3D, ide-ide penggunaan material, furnitur, dan sebagainya. Jasa konsultasi tak melulu dilakukan secara offline – dengan bertatap muka langsung antara Desainer Interior dengan klien, tapi juga dapat dilakukan secara online.

Saat ini, banyak Desainer Interior yang menjadi konsultan, menjual, dan menerima pesanan via sosial media ataupun website perusahaan. Memahami seluk beluk setiap pekerjaan sebagai karyawan atau pegawai disebuah biro konsultan desain interior maupun arsitektur dapat membekalimu dengan pengetahuan bermanfaat saat nantinya kamu menjankan biro jasa sendiri.

2. Menjadi seorang freelancer

Bisa bekerja lepas, menjadi seorang Visualizer 3D ataupun Drafter. Syaratnya, Anda musti memiliki jaringan kerja dan portofolio yang menarik.

Seharusnya tak terlalu rumit karena sebagai seorang lulusan Desain Interior, Anda telah dibekali dengan keterampilan dan kemampuan yang spesifik, termasuk visualisasi desain interior dalam format gambar dan video.

Berawal dari freelance, Anda bisa saja membangun usaha pada bidang yang sama.

Semakin besar skala usahamu, regional, nasional, atau internasional, mungkin nantinya Anda perlu mengembangkannya menjadi sebuah badan usaha.

3. Bekerja pada perusahaan konstruksi, properti, atau kontraktor

Anda bisa menjadi seorang Desainer Interior pada perusahaan-perusahaan konstruksi, properti, maupun kontraktor. Selain Desainer Interior, kamu juga bisa mengisi posisi pengawas pelaksana pekerjaan interior, manajer proyek konstruksi, atau bahkan bila dianggap layak Anda dapat mengelola sebuah tim konstruksi.

4. Menjadi distributor produk-produk interior, termasuk meubelair

Yang namanya interior, takkan terpisahkan dari segala sesuatu yang mengisi ruangan – furnitur, lukisan, karpet, lampu hias, atau yang lain.

Seorang Desainer Interior tentunya paham dengan produk-produk interior terbaik dikelasnya, dan Anda bisa menjadi distributor atau suplier produk-produk tersebut.

Untuk menjadi seorang distributor produk, Anda perlu membekali diri dengan riset pasar untuk melihat siapa yang nantinya berpotensi menjadi pelangga dan mencari produsen yang menghasilkan produk-produk berkualitas.

5. Merancang dan memproduksi furnitur dengan ciri khas

Agar furnitur bikinan Anda tetap beda dan menarik, Anda perlu menciptakan ciri khas tersendiri. Saat ini, model Scandinavian sepertinya sedang merajai.

6. Bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil pada Badan Usaha Milik Negara ataupun instansi pemerintah

Dapat mengikuti ujian CPNS di Kementerian Perindustrian, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Sekretariat Negara, atau Kementerian Perdagangan. Anda juga bisa melamar kerja pada BUMN yang bergerak dibidang jasa konstruksi, seperti PT Wijaya Karya Persero, Waskita, Adhi Karya, Nindya Karya, dan lain-lain.

Yang Harus Kalian Ketahui Desainer Interior

Sebelum menjadi desainer interior, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  • Banyak orang mengira desain interior hanya membuat desain rumah dan apartemen seperti di katalog properti. Padahal, keahlian ini bisa bermanfaat dan dibutuhkan dalam berbagai profesi.

  • Selain bisa menggambar, seorang desainer interior juga harus bisa menguasai aneka program dan perangkat lunak yang mendukung pekerjaannya seperti AutoCAD, ArchiCAD dan banyak lainnya seperti yang ditulis dalam Kompas.

  • Melansir dari Kontan, seorang desainer interior bisa terlibat dari awal pengerjaan proyek perancangan ataupun renovasi ruangan.

  • Ada hal yang dapat dipahami tentang profesi yang satu ini, yaitu seorang desainer interior biasanya adalah kontraktor independen yang harus mencari klien sendiri. Namun, ada juga yang bekerja untuk sebuah perusahaan yang menawarkan jasa desain interior.

  • Selain itu, dalam pengerjaan proyeknya seorang desainer interior tidak hanya perlu memperhatikan unsur estetika saja. Namun, mereka juga perlu memperhatikan sisi fungsi dan keamanan.

  • Sebagai seorang desainer interior Anda jangan sampai gagap dalm teknologi! Teknologi tidak cuma digunakan dalam proses kerja tapi juga dalam memasarkan kemampuan Anda.

Profesi Lainnya

profesi auditor

Auditor

Untuk memiliki keuangan yang sehat, setiap lembaga, instansi ataupun perusahaan memerlukan peran seorang auditor. Sebenarnya apa pengertian auditor tersebut? Auditor merupakan seseorang yang memeriksa dan

Read More »
kepala desa

Kepala Desa

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Kepala Desa – Peran kepala desa sangat penting lho! Jangan remehkan profesi satu ini, karena tanpa ada kepala desa, tidak

Read More »
social media officer

Social Media Officer

Social Media Officer adalah sebuah bidang pekerjaan yang masuk dalam ranah komunikasi dengan tugas untuk melakukan pengelolaan terhadap akun sosial media perusahaan yang didalamnya menyangkut

Read More »
profesi resepsionis

Resepsionis

Resepsionis merupakan peran yang sudah sangat lumrah ditemui, terlebih di industri yang mengedepankan hospitality seperti perhotelan dan restoran. Tidak hanya di hotel dan restoran, resepsionis

Read More »
pegawai negeri sipil

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah seorang pegawai yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri,

Read More »
profesi arsitek

Arsitek

Arsitek yakni seseorang yang memiliki lisensi dan profesional dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan.  Arsitek harus menguasai desain dan konstruksi bangunan yang mayoritas terkait dengan

Read More »