mployee logo

Profesi Model

Model atau peragawan adalah seseorang yang dipekerjakan untuk tujuan menampilkan dan mempromosikan pakaian mode atau produk lainnya dan untuk tujuan iklan atau promosi atau yang berpose untuk karya seni.

profesi model

Deskripsi Profesi Model

Apa itu model? Secara umum model adalah seseorang yang dipekerjakan untuk tujuan menampilkan dan mempromosikan pakaian mode atau produk lainnya dan untuk tujuan iklan atau promosi atau yang berpose untuk karya seni.

Model merupakan profesi yang banyak diminati terutama oleh kalangan perempuan karena dinilai memiliki image yang baik.

Meski demikian, model juga dapat diperagakan oleh seorang laki-laki dan kerap disebut dengan istilah peragawan. Profesi tersebut kerap mengundang opini publik bahwa yang bersangkutan adalah makhluk yang sempurna dan seksi.

Pendapat tersebut memang tak sepenuhnya salah, namun sejatinya pekerjaan tersebut tak hanya menonjolkan tampilan fisik semata.

Macam-macam Model

a. Plus-Size Model

Plus-Size Model adalah model dengan bentuk tubuh yang gemuk atau montok. Kebanyakanya Plus-Size model itu bergerak di pasar Fashion untuk keperluan prodak wanita. Meningkatknya angka obesitas di Amerika Serikat ditengarai sebagai lahirnya Model Plus-Size di kancah Internasional.

b. Catwalk Model

Catwalk Model atau di Indonesai lebih dikenal sebagai seorang pragawati atau model yang khusus berjalan di red carpet untuk memperagakan busana.

Peragawati memiliki syarat mutlak dalam hak kondisi fisik seperti tinggi badan bagi wanita sebesar 173 cm dan 180 cm untuk pria. Tergantung dari designer juga sih sebenarnya namun tinggi badan ini adalah nilai umum.

Kebanyakan dari model peragawati ini juga memiliki dada dan lingkar dada kecil. Biar lebih fit dan bersifat umum sih pada saat mengenakan baju dari desainernya. Kalau kalian kenal dengan Victoria’s Anggel, nah ini contoh paling bonafit dari kelas seorang model.

c. Foto Model

Foto model atau biasa lebih dikenal debutan talent foto. Kebanyakan mereka yang tidak memiliki syarat yang mumpuni untuk menjadi model pragawati akan terjun ke dunia foto model yang syarat fisiknya lebih longgar.

Anda hanya perlu terlihat menarik saja di depan kamera, tidak melulu cantik karena cantik itu relatif.

d. Model Pakaian Dalam

Model pakaian dalam juga menjadi salah satu segmentasi tersendiri sih. Syarat fisiknya juga sedikit lebih longgar dari pragawati seperti Anda hanya perlu berdada ideal dan proporsional serta memiliki pinggul yang kecil. Tinggi badan tidak menjadi masalah karena biasanya proses editing akan menutupi hal tersebut.

e. Body Part Model

Body part model ada model yang khusus menunjukkan bagian tubuhnya yang dianggap memiliki nilai jual. Biasanya bagian tubuh yang dimaksud memiliki ikatan kuat dengan fashion item.

Misalkan mata untuk produk kecantikan mata, lengan untuk tas, gelang dan jam tangan, dada dan leher untuk iklan kalung atau kaki untuk pelembab, sepatu, sendal dan stocking.

f. Model Situasional

Model situasional adalah model atau talen yang dibutuhkan hanya pada kondisi tertentu, sehingga biasanya pekerjaannya lebih cenderung ke arah display dan menarik perhatian.

Berbeda dengan beberap model sebelumnya, model situasional harus bisa beradaptasi dengan keadaan dengan cepat.

Model situasional pun ada banyak jenis seperti berikut ini:

1. Model Promosi

Model promosi atau yang lebih dikenal dengan Sales Promotion Girls (SPG) juga salah satu jenis segmentasi model loh.

Contoh kasus, jika ada brand yang memasang wanita cantik sebagai penjual produk laki-laki padahal tugas sales itu biasanya memperkenalkan produk dengan detail, apa yang Anda pahami?

Nah, tujuannya adalah menarik perhatian atau tidak lain adalah point of interest dari sebuah penjualan.

2. Spokes Model

Spokes model adalah model yang dibayar untuk mewakili prodak tertentu namun tidak mesti angkat bicara mengenai jenis produk yang mereka perkenalkan. Umumnya spokes model dikenal dengan sebutan Brand Ambasador (BA).

3. Model Pameran

Model pameran juga biasa dikenal sebagai seseorang yang memiliki tugas sebagai penjaga booth yang ada pada sebuah pameran atau event. Kita bisa banyak melihat jenis model ini di ajang otomotif dan pameran teknologi seperti IIMS, GIASS dan POMA. Biasanya mereka juga dikenal dengan nama usher.

Jobdesk Model

Model adalah profesi dengan rentetan pekerjaan yang cukup menyita waktu, biaya, tenaga, dan pikiran.

Hal ini dikarenakan jam terbang yang harus dilewati sangat padat bahkan bisa menghabiskan waktu seharian penuh untuk bekerja.

Pekerjaan model adalah terbilang cukup bervariasi karena profesi tersebut bisa disewa atau dipesan untuk berbagai jenis pekerjaan.

Salah satu yang paling umum adalah menjadi model catwalk pada pertunjukan fashion show untuk mempromosikan busana karya seni ataupun busana rancangan para desainer terkenal.

Selain itu, pekerjaan tersebut juga kerap mendapatkan tawaran pemotretan sebagai cover majalah ataupun produk tertentu.

Jadi, untuk job sesuai dengan segmentasi model apa yang digeluti.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Model

  • Gigih

Keahlian yang harus dimiliki model adalah kegigihan yang kuat untuk terus belajar karena profesi tersebut menuntutnya untuk mampu berpose atau berekspresi sesuai instruksi.

Tentunya bukan hal yang mudah untuk bisa tampil sempurna di depan umum seperti pada catwalk.

Tubuh yang lentur, seimbang, dan stabil juga menjadi skill yang harus dimiliki seorang peragawan dan peragawati.

Selain itu, daya tahan atau stamina yang kuat menjadi faktor pendukung dari kinerjanya karena jam kerja yang dimiliki cukup padat dan melelahkan.

  • Berwawasan luas

Menjadi model yang baik bukan hanya dilihat dari fisik saja, memiliki wawasan luas nyatanya juga menjadi hal penting bagi seorang model profesional karena dapat memberikan kesan yang baik pada siapapun.

  • Ber-attitude

Soal menyoal tatakrama dan prilaku juga harus diperhatikan. Salah satu contohnya yaitu dengan memikirkan bagimana orang harus nyaman melakukan kerja sama dengan kita dan senantiasa selalu dihargai.

Cara Menjadi Model

1. Perhatikan Penampilan Fisik

Mulailah sering-sering bermain dengan cermin! Latihlah diri Anda untuk menunjukkan banyak emosi di depan cermin seperti tertawa, tersenyum, nyengir, marah, sedih, bosan dan sebagainya.

Setelah Anda bisa menguasai aura wajahmu. Satukanlah dengan pose yang Anda peragakan agar terlihat lebih natural dan tidak terkesan di buat-buat. The Ultimate model Mood adalah ketika fotografer dan orang lain tidak bisa membedakan antara mimik yang Anda buat dan mood Anda yang sebenarnya.

2. Cocokkan Tujuan Modeling dengan Jenis Tubuh

Secara teknis, setiap orang bisa menjadi model. Ketika Anda sudah mengetahui ingin menjadi model catwalk, foto model, model situasional, dll maka fokuslah mengejar itu.

3. Perkaya Pengetahuan Anda

Pelajari banyak hal dengan membaca buku, blog dan artikel tentang modeling. Membaca panduan, artikel, dan buku yang berkualitas akan membantu Anda meningkatkan keterampilan penting (seperti berpose dan postur yang benar) dan pemahaman yang lebih baik tentang cara kerja bisnis model (cara mendapatkan agen, dll.)

Teliti juga agensi terkemuka yang menempatkan model di tempat-tempat terkenal, seperti majalah dan peragaan busana.

4. Bangunlah Portofolio

Sebelum mulai menerima pekerjaan atau mencari agensi modeling untuk mewakili Anda, Anda harus membuat portofolio foto. Biasanya portofolio model berisi foto yang memperlihatkan pekerjaan di masa lalu, tetapi jika Anda baru saja memasuki dunia modeling, kemungkinan Anda tidak memiliki foto profesional.

Jika Anda memiliki uang tidak ada salahnya membayar fotografer profesional untuk mengambil foto Anda. Itu bisa menjadi pilihan terbaik.

Kalau tidak, Anda bisa meminta bantuan teman atau anggota keluarga untuk mengambil foto Anda. Pastikan saja Anda menggunakan kamera berkualitas baik dan mendapatkan pencahayaan yang cukup.

5. Carilah “Open Call

Jika Anda tinggal di kota besar, seperti Jakarta atau Surabaya, sebaiknya hubungi agensi modeling besar dan carilah informasi apakah mereka mengadakan “open call”, acara yang dilakukan untuk mengundang model potensial untuk datang berkonsultasi.

Oleh karena itu, dalam kesempatan ini Anda bertemu casting agent secara langsung, Anda dapat memberikan kesan yang baik dengan kepribadian Anda, selain penampilan. Jika Anda tidak tinggal di kota besar, hubungi agensi di kota terdekat dan cari tahu apakah mereka bekerja sama dengan agensi lain yang ada di kota Anda.

Jenjang Karir Model

Prospek kerja model adalah sangat menjanjikan seiring dengan melejitnya kepopuleran dunia entertaiment.

Banyak job yang membutuhkan seorang model sebagai daya tariknya.

Memiliki jenjang karier di dunia model mampu memberikan seseorang pembelajaran tentang bagaimana bertutur, berjalan, bahkan berekspresi untuk dapat meninggikan image yang sudah dibentuk.

Selain itu, model juga dapat dengan mudah bertransformasi menjadi sejumlah profesi yang tak kalah menjanjikan, seperti aktor, komedian, duta besar, penyanyi, maupun bintang iklan.

Yang Harus Kalian Ketahui Model

Sebelum menjadi model, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  • Tidak ada salahnya mencari mentor yang mengenal seluk-beluk dunia model. Jika Anda mendapat kesempatan untuk bekerja dengan model yang lebih berpengalaman, mintalah saran tentang cara mengembangkan karier dan menarik lebih banyak klien.

  • Pertahankan selalu sikap positif dan profesional. Jika klien atau fotografer senang bekerja dengan bakat Anda sebagai model, kemungkinan besar mereka akan memberikan pekerjaan lain di masa mendatang.

  • Love at the first sigth adalah senjata utama dari seorang model dan sangat sulit menerapkan prinsip don’t judge a book by its cover pada profesi model. Sejatinya memiliki tugas sebagai point of interest dulu sebelum akhirnya orang-orang melirik apa yang dikenakan oleh seorang model entah tas, jam tangan, pakaian atau aksesoris yang sedang kamu tunjukkan.

  • Memiliki mental yang kuat juga sangat diperlukan untuk menjadi model terlatih. Guna didikan mental yang kuat bisa menjadikan sang modelagar lebih baik lagi di depan.

  • Gaji yang diperoleh sangat bergantung dari karir jabatan model tersebut karena pada prakteknya seorang model dibagi dalam kategori junior dan senior. Semakin banyak tawaran yang datang maka semakin tinggi pula harga yang diberikan.

Profesi Lainnya

profesi tentara

Tentara

Apa itu Pekerjaan Tentara ? Tentara adalah alat pertahanan suatu negara yang bertugas untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah, dan melindungi keselamatan bangsa dari

Read More »
teller bank

Teller Bank

Teller bank adalah seorang pekerja yang bertugas melakukan transaksi perbankan pada nasabah atau pengunjung bank. Tugas utama teller bank adalah menerima setoran tunai, penarikan tunai,

Read More »
profesi akuntan publik

Akuntan Publik

Pekerjaan “Akuntan Publik” adalah pekerjaan di bidang akuntansi yang melibatkan pemberian layanan akuntansi dan audit kepada klien eksternal. Seorang akuntan publik bertanggung jawab untuk mengaudit

Read More »
profesi data scientist

Data Scientist

Data Scientist adalah seseorang yang ahli dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data besar dengan menggunakan berbagai metode, algoritma, dan teknik. Data scientist harus mampu menggunakan

Read More »
profesi politisi

Politisi

Apa itu Pekerjaan Politisi? Profesi politisi adalah salah satu pekerjaan yang memainkan peran penting dalam sistem pemerintahan dan politik suatu negara. Seorang politisi adalah individu

Read More »
profesi bidan

Bidan

Bidan adalah seorang profesional medis yang khusus terlatih untuk memberikan perawatan kesehatan kepada ibu hamil, melahirkan, dan pasien perempuan lainnya. Profesi ini memegang peranan penting

Read More »