mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Staf Maskapai Penerbangan

Staf maskapai penerbangan merupakan individu yang bekerja di industri penerbangan untuk membantu dalam mengoperasikan dan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan penerbangan.

staff maskapai penerbangan

Deskripsi Profesi Staf Maskapai Penerbangan

Pekerjaan “Staf Maskapai Penerbangan” merujuk pada peran yang diemban oleh individu yang bekerja di industri penerbangan, terutama di maskapai penerbangan. Staf maskapai penerbangan bertanggung jawab untuk membantu dalam mengoperasikan dan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan penerbangan, dengan fokus pada pelayanan pelanggan, keselamatan penumpang, dan dukungan operasional maskapai secara keseluruhan.

Staf maskapai penerbangan merupakan individu yang bekerja di industri penerbangan untuk membantu dalam mengoperasikan dan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan penerbangan. Mereka bertanggung jawab untuk memberikan layanan pelanggan yang baik, menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang, serta mendukung operasional maskapai penerbangan secara keseluruhan.

Seorang staf maskapai penerbangan berada di garis depan dalam melayani penumpang. Mereka bertanggung jawab untuk memberikan informasi tentang penerbangan, membantu dalam proses check-in dan boarding, menjawab pertanyaan penumpang, dan memberikan layanan pelanggan yang ramah dan profesional. Mereka juga berperan penting dalam menjaga keselamatan penumpang, termasuk memberikan instruksi keselamatan sebelum penerbangan dan menangani situasi darurat jika terjadi.

Selain itu, staf maskapai penerbangan juga bertanggung jawab untuk menangani bagasi penumpang, mengkoordinasikan dengan awak kabin, melakukan tugas administratif seperti pengelolaan dokumen perjalanan, dan memproses klaim penumpang. Mereka perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan layanan pelanggan yang unggul, dan pengetahuan tentang prosedur keselamatan penerbangan.

Pekerjaan sebagai staf maskapai penerbangan biasanya melibatkan jadwal kerja yang fleksibel, termasuk shift malam, akhir pekan, dan hari libur. Selain itu, mereka mungkin juga perlu melakukan perjalanan yang sering dalam rangka tugas kerja. Pekerjaan ini dapat melibatkan situasi yang menantang, seperti penundaan penerbangan atau penumpang yang tidak puas, sehingga membutuhkan kemampuan untuk menghadapi tekanan dengan tenang dan menangani situasi dengan profesionalisme.

Meskipun persyaratan pendidikan dapat bervariasi, gelar sarjana di bidang penerbangan, manajemen perhotelan, pariwisata, atau bidang terkait seringkali diharapkan. Namun, beberapa maskapai penerbangan juga menerima kualifikasi pendidikan yang setara atau pengalaman kerja yang relevan sebagai pengganti gelar sarjana.

Pekerjaan staf maskapai penerbangan menawarkan peluang untuk berkarir dan naik pangkat, dengan peluang untuk memajukan diri menjadi posisi manajerial dalam departemen layanan penumpang, pelatihan, atau manajemen operasional. Maskapai penerbangan biasanya menyediakan pelatihan kepada staf mereka sebelum memulai tugas, yang mencakup prosedur keselamatan penerbangan, keterampilan layanan pelanggan, dan penanganan situasi darurat.

Jobdesk Staf Maskapai Penerbangan

a. Melayani Pelanggan: Staf maskapai penerbangan bertanggung jawab untuk memberikan layanan pelanggan yang ramah dan profesional. Mereka menjawab pertanyaan penumpang, membantu dengan proses check-in dan boarding, serta memberikan informasi tentang penerbangan dan fasilitas maskapai.

b. Keselamatan Penumpang: Menjaga keselamatan penumpang adalah prioritas utama staf maskapai penerbangan. Mereka memberikan instruksi keamanan sebelum penerbangan, memastikan penumpang mematuhi peraturan keselamatan, dan siap untuk menangani situasi darurat jika terjadi.

c. Penanganan Bagasi: Staf maskapai penerbangan juga bertanggung jawab untuk menangani bagasi penumpang. Mereka memastikan bagasi dimuat dengan aman ke dalam pesawat dan diserahkan kepada penumpang dengan tepat setelah pendaratan.

d. Koordinasi dengan Awak Kabin: Staf maskapai penerbangan bekerja sama dengan awak kabin untuk memastikan bahwa proses penerbangan berjalan lancar. Mereka menyampaikan informasi penting, seperti perubahan jadwal atau kondisi cuaca, kepada awak kabin.

e. Administrasi dan Dokumentasi: Sebagai bagian dari tugas mereka, staf maskapai penerbangan juga melakukan tugas administratif, seperti mengelola dokumen perjalanan, mengisi formulir, dan memproses klaim penumpang.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Staf Maskapai Penerbangan

a. Komunikasi Efektif: Staf maskapai penerbangan harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Mereka harus dapat berkomunikasi dengan jelas dan ramah kepada penumpang dari berbagai latar belakang budaya dan bahasa.

b. Keterampilan Layanan Pelanggan: Kemampuan dalam memberikan layanan pelanggan yang baik sangat penting dalam pekerjaan ini. Staf maskapai penerbangan harus dapat menjaga ketenangan dalam situasi yang menantang dan memberikan bantuan kepada penumpang dengan sikap yang profesional.

c. Kemampuan Penyelesaian Masalah: Staf maskapai penerbangan perlu memiliki keterampilan dalam menyelesaikan masalah dengan cepat dan efektif. Mereka harus dapat mengatasi tantangan yang mungkin timbul, seperti penundaan penerbangan atau keluhan penumpang, dengan cara yang memuaskan.

d. Pengetahuan tentang Keselamatan Penerbangan: Pengetahuan yang baik tentang prosedur keselamatan penerbangan merupakan keahlian yang penting bagi staf maskapai penerbangan. Mereka harus mengerti dan mampu mengkomunikasikan instruksi keselamatan kepada penumpang dengan tepat.

Cara Menjadi Staf Maskapai Penerbangan

Untuk menjadi staf maskapai penerbangan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Memperoleh Pendidikan yang Relevan: Sebagian besar maskapai penerbangan mengharapkan calon staf maskapai penerbangan memiliki setidaknya gelar sarjana di bidang penerbangan, manajemen perhotelan, pariwisata, atau bidang terkait. Pendidikan formal ini akan memberikan pengetahuan dasar tentang industri penerbangan dan persyaratan keselamatan.
  2. Mencari Informasi dan Mengikuti Pelatihan: Lakukan penelitian menyeluruh tentang maskapai penerbangan yang Anda minati. Cari tahu persyaratan khusus dan pelatihan yang mereka tawarkan. Beberapa maskapai penerbangan memiliki program pelatihan internal yang dirancang untuk melatih staf maskapai penerbangan baru.
  3. Meningkatkan Kemampuan Bahasa: Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris umumnya diperlukan dalam pekerjaan ini. Selain itu, kemampuan dalam bahasa lain, terutama bahasa yang umum digunakan di rute-rute penerbangan maskapai penerbangan yang Anda minati, akan menjadi nilai tambah. Tingkatkan kemampuan bahasa Anda melalui kursus atau belajar mandiri.
  4. Kembangkan Keterampilan Layanan Pelanggan: Pekerjaan staf maskapai penerbangan melibatkan interaksi langsung dengan penumpang, sehingga keterampilan layanan pelanggan yang baik sangat penting. Cari kesempatan untuk mengembangkan keterampilan ini, seperti melalui pengalaman kerja di industri layanan pelanggan atau berpartisipasi dalam pelatihan khusus.
  5. Bergabung dengan Maskapai Penerbangan: Kunjungi situs web maskapai penerbangan yang Anda minati dan lihat apakah ada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan minat Anda. Kirimkan lamaran kerja yang lengkap sesuai petunjuk yang diberikan.
  6. Mengikuti Proses Seleksi: Jika lamaran Anda diterima, Anda akan mengikuti proses seleksi yang mungkin meliputi wawancara, tes kemampuan bahasa, dan tes keselamatan. Persiapkan diri dengan baik untuk setiap tahap seleksi ini dan tunjukkan kemampuan dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan maskapai penerbangan.
  7. Menjalani Pelatihan: Jika Anda berhasil melewati proses seleksi, Anda akan menjalani pelatihan yang disediakan oleh maskapai penerbangan. Pelatihan ini akan meliputi pengetahuan tentang prosedur keselamatan penerbangan, keterampilan layanan pelanggan, penanganan situasi darurat, dan aspek-aspek lain yang relevan dengan pekerjaan staf maskapai penerbangan.
  8. Memulai Karir sebagai Staf Maskapai Penerbangan: Setelah menyelesaikan pelatihan, Anda akan memulai karir sebagai staf maskapai penerbangan. Dalam pekerjaan ini, terus tingkatkan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman Anda untuk mencapai kemajuan dalam karir Anda.

Ingatlah bahwa persyaratan dan proses seleksi dapat bervariasi antara maskapai penerbangan. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk dan persyaratan yang diberikan oleh maskapai penerbangan yang Anda minati.

Jenjang Karir Staf Maskapai Penerbangan

Pekerjaan sebagai staf maskapai penerbangan menawarkan peluang untuk mengembangkan karir di dalam industri penerbangan. Berikut adalah beberapa jenjang karir yang mungkin dapat ditempuh oleh seorang staf maskapai penerbangan:

  1. Staf Maskapai Penerbangan (Flight Attendant): Posisi awal sebagai staf maskapai penerbangan melibatkan pelayanan pelanggan di dalam pesawat, memberikan instruksi keselamatan kepada penumpang, melayani makanan dan minuman, dan menjaga kenyamanan penumpang selama penerbangan.
  2. Senior Staf Maskapai Penerbangan (Senior Flight Attendant): Setelah memiliki pengalaman yang cukup sebagai staf maskapai penerbangan, seseorang dapat naik pangkat menjadi senior flight attendant. Posisi ini biasanya memiliki tanggung jawab tambahan, seperti mengawasi dan memberikan bimbingan kepada staf maskapai penerbangan baru, serta berperan sebagai koordinator dalam manajemen penerbangan.
  3. Instruktur Penerbangan (Flight Instructor): Jika Anda memiliki minat dalam mengajar dan berbagi pengetahuan tentang penerbangan, Anda dapat menjadi instruktur penerbangan. Sebagai instruktur, Anda akan melatih calon staf maskapai penerbangan baru atau melakukan pelatihan lanjutan kepada staf yang sudah berpengalaman.
  4. Manajer Layanan Penumpang (Passenger Service Manager): Seiring dengan pengalaman dan pengetahuan yang terkumpul, seseorang dapat maju ke posisi manajerial dalam departemen layanan penumpang. Sebagai manajer layanan penumpang, Anda akan mengawasi operasional layanan pelanggan, mengkoordinasikan staf, dan memastikan pengalaman penumpang yang optimal.
  5. Manajemen Operasional Penerbangan (Flight Operations Management): Bagi mereka yang tertarik dengan aspek operasional penerbangan secara keseluruhan, ada peluang untuk berkarir di bidang manajemen operasional penerbangan. Dalam peran ini, Anda akan terlibat dalam perencanaan jadwal penerbangan, manajemen kru, pemantauan kinerja penerbangan, dan pengelolaan sumber daya operasional.
  6. Manajer Pelatihan Penerbangan (Flight Training Manager): Jika Anda memiliki minat dalam mengembangkan program pelatihan dan mengawasi pengembangan keterampilan staf maskapai penerbangan, Anda dapat mengejar karir sebagai manajer pelatihan penerbangan. Tugas-tugas Anda akan meliputi perancangan kurikulum pelatihan, pengawasan instruktur, dan memastikan kualitas pelatihan yang tinggi.

Penting untuk dicatat bahwa jenjang karir dapat bervariasi tergantung pada maskapai penerbangan dan kebijakan mereka. Beberapa maskapai penerbangan mungkin memiliki jalur karir yang lebih terstruktur, sementara yang lain mungkin menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dalam perjalanan karir. Penting untuk aktif dalam mencari peluang pengembangan dan pendidikan yang tersedia dalam maskapai penerbangan yang Anda pilih, serta menunjukkan dedikasi dan kinerja yang baik untuk memajukan karir Anda.

Yang Harus Kalian Ketahui Staf Maskapai Penerbangan

Sebelum memutuskan untuk bekerja sebagai staf maskapai penerbangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

a. Jadwal Kerja yang Fleksibel: Pekerjaan ini seringkali melibatkan jadwal kerja yang tidak tetap, termasuk shift malam, akhir pekan, dan hari libur. Fleksibilitas dalam mengatur jadwal pribadi sangat penting.

b. Kemungkinan Perjalanan yang Sering: Staf maskapai penerbangan mungkin harus melakukan perjalanan yang sering dalam rangka tugas kerja. Hal ini dapat memengaruhi kehidupan pribadi dan membutuhkan kesiapan untuk menyesuaikan diri dengan perjalanan yang rutin.

c. Tekanan dan Situasi Darurat: Pekerjaan ini dapat melibatkan situasi yang menantang, seperti penundaan penerbangan, penumpang yang tidak puas, atau situasi darurat. Staf maskapai penerbangan perlu dapat menghadapi tekanan dengan tenang dan dapat menangani situasi yang muncul dengan profesionalisme.

Profesi Lainnya

personal assistant

Personal Assistant

Personal Assistant adalah seorang yang bertugas menjadi tangan kanan dari seseorang dengan jabatan tinggi, seperti C-level (seperti CEO, CFO, dll.) dan orang penting lainnya. Tugas

Read More »
profesi jaksa

Jaksa

Profesi Jaksa berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia adalah Pejabat Fungsional yang diberi wewenang oleh undang undang untuk bertindak

Read More »
profesi resepsionis

Resepsionis

Resepsionis merupakan peran yang sudah sangat lumrah ditemui, terlebih di industri yang mengedepankan hospitality seperti perhotelan dan restoran. Tidak hanya di hotel dan restoran, resepsionis

Read More »
admin gudang

Admin Gudang

Sebuah perusahaan dagang dan manufacturing umumnya terdiri atas beberapa divisi, dan salah satu divisinya adalah divisi logistik atau pergudangan. Pada divisi logistik umumnya ada seorang

Read More »
juru masak

Juru Masak

Juru masak adalah profesi yang bertugas dalam membuat resep, menentukan dan menakar bahan masakan sekaligus memasak serta menyajikan hidangan. Hidangan yang dibuat oleh juru masak tentu

Read More »
cyber security

Cyber Security

Di era digital yang semakin maju, keamanan menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi organisasi dan individu. Dalam lingkungan yang terhubung secara online, kebocoran

Read More »