mployee logo
gaji kerja di astra

Gaji Kerja di Astra Beserta Daftar Posisinya

Selain jenjang karir yang pasti, gaji kerja di Astra juga menjadi pertimbangan sejumlah orang ingin melamar di perusahaan PT Astra Internasional Tbk. Umumnya proses rekrutmen PT Astra Internasional dibuka melalui online dan peserta dapat mendaftarkan dirinya sebagai Manajemen Trainee (MT) di PT Astra Internasional Tbk.

Adapun PT Astra Internasional Tbk sendiri merupakan perusahaan perdagangan umum yang didirikan di Jakarta pada tahun 1957. Sebelumnya, perusahaan ini bernama Astra International Inc. Pada tahun 1990 kemudian berganti nama dengan PT Astra Internasional Tbk.

Perusahaan ini bergerak dalam beberapa segmen usaha yang terdiri dari otomotif, jasa keuangan, alat berat, pertambangn, konstruksi dan energi, agribisnis, infrastruktur dan logistic, teknologi informasi, dan properti. 

Berbagai sektor bisnis yang beragam ini tentu membutuhkan tenaga kerja handal dan profesional sesuai dalam bidang. Untuk itu berikut Mployee ulas mengenai berbagai posisi dan gaji kerja di Astra yang dilansir dari portal lowongan pekerjaan Indeed

Gaji kerja di Astra dan beberapa posisinya

Dilansir dari Indeed rata – rata gaji bulanan dari PT Astra Internasional Tbk berkisar dari kira-kira Rp 5.000.000 per bulan untuk sekretaris hingga Rp 12.500.000 per bulan untuk supervisor akuntansi

Perlu diperhatikan bahwa info gaji berasal dari 534 poin data yang dikumpulkan langsung dari karyawan, pengguna, dan lowongan Indeed dalam kurun 36 bulan terakhir. Berikut ini posisi dan job desk yang diemban.

Supervisor marketing

Supervisor marketing adalah jabatan yang bertugas untuk memonitoring anak buah atau tim yang dipimpinnya dalam bidang penjualan. Tugas utama supervisor marketing adalah memastikan target penjualan perusahaan tercapai atau tidak.

Selain itu terdapat tugas-tugas lainnya seperti membuat strategi pemasaran, menganalisis program pemasaran, mengevaluasi program, mengembangkan relasi untuk kepentingan promosi, hingga memberikan ide mengenai iklan dari produk yang akan dipasarkan. Adapun gaji kerja di Astra untuk posisi supervisor marketing adalah berkisar Rp 7.356.000 per bulannya.

Staf akuntansi

Staf akuntansi merupakan seorang yang bertanggung jawab untuk memeriksa dan melakukan verifikasi transaksi keuangan perusahaan, melakukan pencatatan, dokumentanasi, dan menyusun laporan keuangan secara akurat. 

Skill yang harus dimiliki seorang staf akuntansi adalah kemampuan berhitung, keterampilan dasar matematika, kemahiran dalam mengoperasikan Microsoft Excel, Spreadsheet, dan software hitung lainnya.

Adapun tugas lain yang diemban, seperti membuat pembukuan keuangan kantor, posting jurnal operasional, memasukkan data jurnal akuntansi dalam sistem yang dimiliki perusahaan, dan melakukan verifikasi kelengkapan dokumen yang berhubungan dengan transaksi keuangan. Gaji kerja di Astra untuk posisi staf akuntansi adalah berkisar Rp 7.500.000 per bulan.

Staf administrasi akunting/keuangan

Staf administrasi akunting memiliki deskripsi pekerjaan yang hampir mirip dengan staf akuntansi. Adapun tugas-tugasnya meliputi membuat rencana kuangan perusahaan, mengatur arus uang perusahaan, mengetahui dan membayarkan hutang perusahaan, mengurus surat-surat berharga perusahaa, serta menyusun kebijakan keuangan perusahaan. Gaji kerja di Astra untuk posisi staf administrasi akunting adalah rata-rata 7.800.000 per bulan.

Internal auditor

Internal auditor merupakan karyawan perusahaan yang bertugas untuk melakukan evaluasi terhadap seluruh proses operasional dalam perusahaan. Profesi ini memiliki peran dalam mengumpulkan informasi yang relevan dan objektif terkait perusahaan. Keahlian internal auditor adalah komunikasi, keahlian berpikir kritis, memiliki perspektif bisnis yang luas, dan mampu berpikir terbuka dan luas.

Adapun tugas-tugas lain meliputi mengumpulkan informasi awal terkait bagian yang diaudit, meninjau dokumen, merancang program audit, dan mengecek seluruh sistem yang ada. Gaji kerja di Astra sebagai internal auditor berkisar Rp 7.500.000 per bulan.

Marketing

Marketing merupakan bagian yang tak terpisahkan dari berbagai sektor bisnis apapun. Bagian marketing atau pemasaran memiliki tugas penting untuk mempromosikan bisnis sebuah perusahaan. Untuk tugas utama dari marketing meliputi manajemen kampanye pemasaran, memproduksi materi pemasaran, melakukan riset dan pelanggan dan pasar, menjalin kerjasama vendor, dan lain sebagainya.

Skill yang harus dimiliki seorang marketing adalah negoisasi yang baik, memahami customer experience, dan komunikasi yang baik. Untuk informasi gaji kerja di Astra sebagai marketing berkisar Rp 9.500.000.

HRD

HRD merupakan bagian dari tim manajemen sumber daya manusia yang biasanya menangani manajemen sumber daya manusia seperti elatihan dan pengembangan karyawan dalam organisasi. Tugas dan tanggung jawab HRD adalah melaksanakan rekrutmen dan seleksi karyawan baru, memberikan pelatihan dan pengembangan kepada karyawan.

HRD juga memiliki wewenang dalam merancang program kompensasi hingga benefit karyawan. Skill yang harus dimiliki HRD adalah memahami hukum ketenagakerjaan, mampu berkomunikasi yang baik, dan negoisasi. Adapun gaji kerja di Astra sebagai staff HRD berkisar Rp 9.500.000 per bulan.

Service advisor

PT Astra International bergerak dalam bidang otomotif., maka dari itu terdapat staff service advisor merupakan seorang yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melayani kebutuhan pelanggan yang datang dan keluar bengkel dengan mendengarkan, menganalisa, dan menjelaskan tentang kerusakan kendaraan.

Selain itu service advisor juga berperan untuk membuat PKB dan estimasi waktu serta biaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Gaji kerja di Astra dengan posisi service advisor berkisar Rp 7.500.000 per bulan.

Sekretaris

Sekretaris dalam sebuah perusahaan umumnya memiliki tugas dan tanggung jawab berupa mengatur dan mencatat hasil rapat, melakukan pencatatan administrasi, melakukan supervise terhadap staf dan karyawan baru, mengatur jadwal, serta menyambut tamu bisnis dan klien.

Skill yang harus dimiliki seorang sekretaris adalah kemampuan mengorganisasi banyak hal, komunikasi yang baik, mampu memecahkan masalah, fleksibel dan mampu diandalkan, menguasai berbagai software admistrasi seperti Microsoft Word, Gdocs, pengaturan e-mail, dan paham teknologi. Gaji posisi sekretaris di PT Astra International Tbk berkisar mulai dari Rp 5.000.000 hingga Rp 10.000.000 per bulan.

Staf administrasi

Staf administrasi umumnya bertugas untuk mengurus dan mengorganisasi seluruh pekerjaan administrasi atau tata usaha perusahaan.Tugas dan tanggung jawab lain seorang staf administrasi adalah melakukan kegiatan pembukuan dasar, merencanakan rapat, mengatur dan menyediakan dokumen, menyorti dan mendistribusikan surat menyurat dan lain sebagainya.

Skill yang harus dimiliki, seperti memahami fungsi Microsoft office, kemampuan menulis, komunikasi yang baik, dan memperhatikan detail dan ketelitian. Gaji kerja di Astra sebagai staf administrasi berkisar Rp 5.000.000 per bulan.

Staff sales proyek

Profesi ini bertugas untuk memberikan presentasi produk perusahaan kepada klien, melakukan penjualan produk, mengolah, dan mengembangkan database dan lain sebagainya. Staff sales proyek juga harus memiliki keterampilan secara kuantatif yang baik. Gaji staff sales proyek di PT Astra International adalah Rp 5.000.000 per bulan.

Baca juga:

Nah itulah beberapa daftar gaji kerja di Astra dan 10 profesi dengan gaji yang cukup menjanjikan. Untuk kamu yang tertarik menjadi bagian dari PT Astra International Tbk, dapat mengunjungi laman resminya career.astra.co.id maupun media sosial dari PT Astra International.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email