mployee logo
gaji kerja di hotel

11 Daftar Gaji Kerja di Hotel di Indonesia

Bekerja di hotel merupakan keinginan sebagian orang. Beberapa pertimbangan lain adalah pengalaman bekerja di bidang pelayanan juga mengenai gaji kerja di hotel. Gaji kerja di hotel menjadi faktor utama beberapa orang tertarik untuk melamar di bidang perhotelan.

Bekerja di hotel merupakan bagian dari industri hospitality. Apa itu? Hospitality merupakan bagian pekerjaan yang berhubungan dengan perhotela dan pariwisata. Saat ini industri wisata baik di Indonesia lambat laun mulai dibuka secara normal setelah pandemi.

Hal ini lah yang membuat banyak industri perhotelan sedang membutuhkan banyak tenaga kerja yang dibutuhkan. Jika kamu tertarik bekerja di bidang perhotelan, intip daftar gaji kerja di hotel di Indonesia berikut ini.

Gaji kerja di hotel di Indonesia beserta bagiannya  

Bagi kamu yang tertarik dengan bidang hospitality terutama pada bagian perhotelan, berikut ini beberapa daftar kisaran gaji kerja di hotel Indonesia berserta deskripsi pekerjaannya.

Room attendant

Room attendant memiliki tugas dalam hal pembersihan kamar-kamar tamu, memastikan standar kebersihan, kerapian, memberi laporan terkait kerusakan yang ditemukan hingga menangani komplain dan permintaan para customer. Adapun gaji sebagai room attendant berkisar mulai dari Rp 2.100.000. Gaji room attendant bisa jadi berbeda tergantung pada predikat hotel dan UMK masing-masing kota.

Cleaning service

Cleaning service merupakan pekerjaan yang berfokus pada bidang kebersihan. Umumnya bidang ini akan selalu dibutuhkan di berbagai industri mulai dari hotel, kantor, rumah sakit, dan lainnya. Adapun cleaning service di hotel tentu berfokus pada kebersihan lingkungan hotel dan memberi kenyamanan para tamu dalam hal kebersihan dan kerapian sekitar hotel. Gaji kerja di hotel bagian cleaning service mulai dari Rp 2.100.000. Bisa jadi berbeda tergantung pada jenis hotel dan UMK pada setiap kota.

Housekeeping

Housekeeping merupakan bagian dari hotel yang berfokus pada kenyamanan tamu dan departemen yang berperan penting dalam visual hotel. Tugas dan tanggung jawab divisi ini meliputi kebersihan, keindahan, kebutuhan rumah tangga seperti makanan atau minuman, hingga kenyamanan para tamu. Seorang housekeeping juga harus siap siaga dalam melayani permintaan tamu. Gaji kerja di hotel bagian housekeeping mulai dari Rp 2.100.000 dan bisa jadi berbeda tergantung pada pengalaman kerja, UMK, dan reputasi hotel.

Waitress

Waitress merupakan bagian dari pekerjaan hospitality yang tidak terpisahkan dari hotel. Tugas dan tanggung jawab seorang waitress adalah mencatat, mengantarkan, dan melayani berbagai pemesanan para tamu. Waitress juga harus siap dengan berbagai permintaan dan komplain para tamu hotel. Profesi ini berfokus pada bagian café atau restoran hotel. Adapun gaji waitress di hotel mulai dari Rp 2.000.000 hingga Rp 4.000.000 tergantung pada reputasi hotel dan UMK masing-masing kota.

Chef hotel

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai makanan lezat dari hotel. Hampir banyak hotel memberikan kenyamanan dan pengalaman tamu terbaik salah satunya dengan hidangan penggugah selera. Salah satu yang paling berkontribusi dalam membuat berbagai hidangan lezatnya adalah chef hotel.

Chef di hotel memiliki standar tinggi dan terbaik untuk memberikan kenyamanan tamu. Hotel terbaik selalu memberikan chef dengan kualifikasi terbaik. Untuk kamu yang tertarik bekerja sebagai chef tentu harus memiliki keahlian khusus dalam memasak. Gaji kerja di hotel sebagai chef berkisar mulai dari Rp 3.000.000 hingga Rp12.000.000.

Front office crew

Front office crew atau umumnya disebut dengan resepsionis merupakan bagian dari hotel yang berfokus pada administrasi pemesanan kamar hingga ballroom hotel. Resepsionis memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pendataan check in dan check out para tamu.

Tak hanya itu, para resepsionis juga harus membuat laporan kasir setiap harinya. Untuk Anda yang tertarik dengan bidang ini, harus menguasai pada bidang pelayanan dan memiliki sikap bertanggung jawab, ramah, dan informatif. Front office crew memiliki kisaran gaji mulai dari Rp 2.500.000 sampai Rp 5.000.000 tergantung pada reputasi hotel, UMK masing-masing kota, dan pengalaman bekerja.

Personal butler

Personal butler merupakan profesi di bidang hospitality yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melayani tamu VIP. Ia akan membantu membawakan berbagai barang para tamu, serta membantu check in dan check out tamu VIP. Adapun gaji personal butler mulai dari Rp 2.000.000 sampai Rp 5.000.000. Bagi kamu yang tertarik menjadi personal butler pastikan harus memiliki sikap sopan santun yang sangat tinggi serta mampu dalam mengatasi berbagai permintaan dan keluhan para tamu VIP.

Manajer hotel

Hampir seluruh industri pekerjaan tentu akan memiliki seorang manajer. Di bidang hospitality, terdapat manajer hotel yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjalin hubungan baik dengan travel agent dan tamu. Manajer hotel juga bertanggung jawab untuk mengatur dan berkoordinasi dengan berbagai bagian lain di hotel untuk memastikan seluruh tugas dan tanggung jawab berjalan dengan baik. Gaji manajer hotel berkisar mulai dari Rp 6.000.000 hingga Rp 8.500.000.

Butler

Butler merupakan profesi yang berfokus pada pelayanan individu. Profesi ini memiliki tugas di tiga departemen meliputi front office, housekeeping, dan F&B. Beberapa tugas dan tanggung jawab butler seperti mengantarkan tamu ke kamar, memastikan kebersihan kamar, menyiapkan sarapan, makan siang, dan makan malam, dan lainnya. Gaji seorang butler berkisar Rp 2.000.000 – Rp5.000.000. Butler sendiri lebih umum sedangkan personal butler melayani berbagai tamu VIP.

Engineering hotel

Engineering hotel memiliki tugas dan tanggung jawab mengatasi masalah pada alat, mesin, dan instalasi listrik, dan berbagai permasalahan mesin lainnya di hotel. Setiap hotel tentu memiliki engineering untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan di hotel.

Untuk bergabung menjadi engineering hotel, kamu harus memiliki keahlian khusus di salah satu bidang. Seperti listrik, mesin, komputer, dan lain sebagainya. Gaji kerja di hotel sebagai engineering adalah Rp 2.000.000 hingga Rp 6.000.000 tergantung pada reputasi hotel dan UMK masing – masing kota.

Sales executive

Setiap hotel tentu harus memiliki bagian divisi pemasaran untuk mempromosikan hotelnya. Salah satu yang memiliki tanggung jawab dalam bidang pemasaran, penjualan, dan promosi hotel adalah ssales executive. Gaji kerja di hotel sebagai sales executive berkisar mulai dari Rp 3.500.000 sampai Rp 5.000.000. Sama seperti sebelumnya, bisa jadi berbeda terngantung pada reputasi bintang hotel, pengalaman bekerja, dan UMK masing-masing kota.

Baca juga:

Pengertian Interview User dan Berbagai Hal yang Perlu Diketahui

Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan saat Wawancara Kerja

Bagi kamu yang berminat bekerja di hotel terdapat beberapa keahlian yang perlu kamu kuasai seperti menguasai bahasa asing yaitu minimal bahasa Inggris, kemampuan komunikasi yang baik, hingga keterampilan koordinasi yang baik. Selain itu sikap santun, mampu melayani dengan baik, bertanggung jawab dan jujur menjadi sikap utama yang harus dimiliki para hotelier. Itulah beberapa daftar gaji kerja di hotel di berbagai bidang. Semoga membantu.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email