mployee logo
pexels-caleb-oquendo-3051576

Apa itu Company Confidential? Cek Tips Melamar di Lowongan Seperti Ini

Apa itu Company Confidential?

Company confidential adalah istilah bagi lowongan pekerjaan yang tidak menampilkan identitas lengkap perusahaan atau instansi yang sedang membuka lowongan pekerjaan tersebut. Istilah ini cenderung masih asing bagi mayoritas, terutama bagi yang sedang dalam masa awal mencari pekerjaan di situs penyedia lowongan pekerjaan.

Informasi yang biasanya umum dicantumkan dalam lowongan pekerjaan, tidak begitu dengan lowongan pekerjaan berjenis company confidential ini. Perusahaan bisa hanya mencantumkan posisi yang dibutuhkan dan lokasi perusahaan, tapi tidak menyebutkan nama perusahaan. Perusahaan bisa mencantumkan nama perusahaan dan lokasi, tapi tidak menyebutkan posisi yang dicari. Perusahaan juga bisa tidak mencantumkan nominal gaji yang ditawarkan.

Sehingga company confidential ini cenderung menuntut kandidat yang ingin melamar pekerjaan tersebut untuk mencari tahu lebih lanjut. Hal ini diantaranya karena informasi yang disampaikan di iklan tidak menyeluruh sehingga kandidat perlu mencari tahu lebih kenyataan dari iklan tersebut.

Dampak dari iklan tersebut membuat kandidat juga ikut selektif dalam menghubungi pengiklan lowongan pekerjaan tersebut. Dampak tersebut sudah diperkirakan oleh perusahaan. Tinggal selanjutnya perusahaan bisa menghubungi kandidat yang menurut mereka potensial.

Perbedaan iklan lowongan pekerjaan company confidential dengan yang tanpa menggunakan pilihan tersebut terletak pada informasi yang dipasang oleh perusahaan pengiklan. Terkait proses perekrutannya pun tidak berbeda dengan proses pada umumnya.

Berdasarkan perspektif perusahaan, ada beberapa alasan yang mendasari mereka memasang iklan lowongan pekerjaan company confidential. Alasan-alasan tersebut di antaranya sebagai berikut.

Alasan Perusahaan Memasang Company Confidential

1. Beberapa perusahaan tidak ingin informasi lowongan pekerjaannya diketahui oleh publik secara luas.

Bisa jadi hal ini dikarenakan misalnya tidak semua pegawai mereka mengetahui perusahan sedang membuka lowongan pekerjaan. Tetapi bisa juga mereka meminimalisir kemungkinan informasi lowongan pekerjaan lebih mendominasi hasil pencarian di internet daripada hasil kerja perusahaan mereka. Hal ini mungkin terjadi jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan terkenal yang menjadi tempat kerja impian banyak orang.

2. Terkadang perusahaan sedang mencari pegawai baru untuk menggantikan salah satu posisi yang akan kosong atau bahkan masih diisi

Perusahaan tidak ingin merugi dengan adanya posisi yang kosong atau fase transisi. Apalagi jika posisi yang kosong tersebut adalah posisi yang penting dalam perusahaan. Sehingga iklan lowongan pekerjaan company confidential ini memberikan kesempatan untuk membuka lowongan sambil menunggu pegawai perusahaan yang dimaksud meninggalkan perusahaan.

3. Perusahaan tidak ingin perusahaan lain atau kompetitornya tahu daftar keahlian kandidat yang sedang dibutuhkan

Bagi kandidat, hal ini mungkin terlihat tidak berpengaruh. Namun bagi pegawai perusahaan yang sudah memahami cara kerja perusahaan tersebut, alasan ini penting bagi mereka.

4. Perusahaan tidak ingin harga saham jatuh

Menurut mereka hal tersebut dapat terjadi misalnya ketika publik mengetahui pegawai yang paling terkenal akan kontribusinya pada perusahaan berhenti sehingga perlu pengganti. Ketika perusahaan besar dan terkenal membuka lowongan pekerjaan, mereka pasti akan berhati-hati dalam membuat apapun keputusannya.

5. Anak usaha dari perusahaan besar

Ketika anak usaha baru didirikan, perekrut ingin menarik banyak pegawai baru untuk membangun anak usaha ini dari bawah. Berada di bawah naungan perusahaan yang lebih besar dan terkenal, membuat mereka cenderung lebih memilih untuk menyembunyikan identitas tersebut.

Misalnya dikarenakan mereka berharap untuk mendapatkan kandidat yang dapat berkontribusi dan mendorong kemajuan anak usaha yang baru tersebut. Bukan yang hanya ingin bekerja di anak perusahaan terkenal.

6. Perusahaan mengharapkan kandidat dari luar

Perusahaan mungkin ingin merombak pegawai. Melalui company confidential, kesempatan mereka untuk mendapatkan kandidat baru yang tidak pernah terikat oleh perusahaan menjadi lebih besar.

7. Sedang dalam proses memperbaiki reputasi perusahaan

Beberapa perusahaan mendapat reputasi sebagai tempat kerja yang buruk. Jika mereka menunjukkan identitas perusahaan dalam lowongan pekerjaan, mereka sudah memperhitungkan dampaknya. Cara ini pun dapat membuat banyak kandidat mendaftarkan diri ke perusahaan mereka sebelum kandidat tersebut mengetahui fakta-faktanya.

Jika mereka berniat memperbaiki reputasi, nantinya mereka juga bisa mendapatkan kandidat yang diharapkan. Terlepas dari niat perusahaan tersebut, poin ini menjadi salah satu alasan adanya lowongan pekerjaan company confidential.

8. Perusahaan ingin meminimalisir panggilan dari kandidat yang tidak serius melamar pekerjaan

Hal ini dikarenakan perusahaan berharap agar melalui ‘company confidential’, mereka bisa langsung mendapatkan kandidat yang diharapkan dan tidak membuang-buang waktu.

Itulah beberapa alasan yang mendasari perusahaan menggunakan fitur company confidential dalam memasang iklan lowongan pekerjaan. Bisa jadi ada lebih banyak alasan di luar keenam poin tersebut yang mendasari company confidential karena sifatnya yang tertutup.

Lalu bagaimana dengan perspektif kandidat terkait adanya company confidential ini? Apa yang bisa dilakukan dan perlu diperhatikan jika ingin melamar pekerjaan di perusahaan tersebut?.

Baca Juga: Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melamar di Company Confidential

1. Iklan company confidential tidak menunjukkan identitas perusahaan, tetapi menunjukkan kesempatan

Seperti pengertiannya, iklan company confidential tidak menunjukkan identitas perusahaan seluruhnya. Jika informasi yang disampaikan dalam iklan menarik perhatian kalian, coba pelajari lagi. Jika menurut kalian kesempatan yang ditawarkan menguntungkan untuk kalian, kalian bisa mencoba lamaran pekerjaan tersebut.

Di samping terbatasnya informasi yang disampaikan, kalian bisa mencobanya jika menurut kalian ini adalah kesempatan yang tepat. Selain itu, kalian juga tetap harus berhati-hati.

2. Mempertahankan etika melamar pekerjaan seperti pada umumnya di company confidential

Iklan company confidential tidak terlalu umum bagi mayoritas orang yang baru mencari pekerjaan. Para kandidat ini tidak akan tahu alasan perusahaan membuka lowongan pekerjaan secara tertutup. Melalui perekrutan ini, perusahaan seketike memberikan kandidat kesan yang berbeda.

Oleh karenanya, penting bagi kandidat yang hendak mengikuti perekrutan tetap mengikuti etika melamar pekerjaan yang umum. Mengirim resume, menunggu hingga dihubungi oleh pihak perusahaan, sampai akhirnya nanti diterima.

Hal ini dikarenakan tidak ada yang tahu maksud keseluruhan satu sama lain. Penting bagi kandidat yang hendak melamar untuk mempertimbangkan kesan pertama bahkan sebelum bertemu. Kesan baik pertama yang dimaksud adalah jujur dan berlaku etis.

3. Riset

Riset penting dilakukan sebelum mengirim resume ke perusahaan. Bentuk riset paling awal dan sederhana adalah mencari tahu lewati internet. Meskipun informasi yang tersedia terbatas, zaman sekarang internet menyimpan basis data yang besar. Jika informasi lowongan pekerjaan company confidential diunggah ke situs lowongan pekerjaan, besar juga kemungkinan informasi perusahaan tersebut tersedia di internet.

Apabila kandidat bisa lanjut pada tahap perekrutan berikutnya, terus ikuti perkembangan informasi yang diberikan. Lakukan riset lanjutan. Hal ini juga akan mendorong kesan kandidat kepada perusahaan sebagai sosok yang atentif pada perusahaan.

4. Mempersiapkan resume yang bisa dikirim untuk segala kemungkinan

Kandidat tidak mengetahui identitas perusahaan yang dilamar. Hal tersebut menyebabkan kandidat tidak bisa membuat resume yang umumnya disesuaikan dengan tujuan perusahaan.

Solusi yang dapat dilakukan adalah mempersiapkan resume yang bisa diterima secara umum. Tekankan isi resume pada kelebihan dan keterampilan yang membuat kandidat adalah pilihan terbaik untuk perusahaan tersebut.

5. Tidak memberikan informasi terlalu rinci sejak awal

Tahap awal melamar pekerjaan dengan kondisi ini adalah membuat perusahaan tertarik kepada resume kandidat. Apalagi jika identitas perusahaan belum diketahui. Sebab setelah resume dikirim, perusahaan tersebut memegang informasi identitas kandidat. Sedangkan kandidat masih belum tahu informasi apapun soal perusahaan.

Pastikan untuk tidak memasukkan informasi yang rinci. Jika perusahaan betul-betul serius merekrut kandidat tersebut, mereka pasti akan menindaklanjuti proses ini. Proses ini akan berjalan dengan sendirinya seiring berlangsungnya proses perekrutan.

Oleh sebab itu, tidak perlu membuang-buang waktu untuk membuat cover letter atau resume yang sempurna sejak awal. Cukup buat perusahaan tertarik sehingga bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

6. Jika iklan menyembunyikan informasi penting, kandidat juga bisa melakukannya

Jangan khawatir jika memberikan terlalu sedikit informasi identitas kepada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan melalui cara company confidential. Mereka sendiri pun menyembunyikan identitasnya. Jika sampai terjadi kemungkinan yang buruk, kandidat tidak terlalu resah karena identitas pribadinya berada di  tangan orang yang tidak dikenal

7. Hindari pungutan biaya

Perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dengan jujur tidak pernah menarik pungutan biaya. Apabila dari awal pengiklan sudah menyuruh kandidat untuk membayarkan sejumlah uang, sebaiknya tidak perlu dilanjut.

Jika kandidat saja tidak mengetahui identitas perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, sudah sepatutnya kandidat tidak melanjutkan proses ketika diminta membayarkan sejumlah uang. Tidak perlu berlama-lama curiga dan berharap kepada pengiklan jika sudah jelas.

8. Mengajukan pertanyaan

Saat proses wawancara baik yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, umumnya rekruter mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan apakah kandidat bisa lanjut ke proses perekrutan selanjutnya atau tidak.

Pada umumnya, kandidat sudah tahu informasi umum perusahaan sebelum wawancara. Hanya saja pada company confidential, kandidat tidak tahu identitas perusahaan. Oleh sebab itu, manfaatkan wawancara sebagai kesempatan untuk bertanya seputar identitas perusahaan tersebut.

Perlu diperhatikan, cara bertanya pun sebaiknya dilakukan secara halus. Pertanyaan dan pendekatannya dilakukan tanpa menyudutkan perusahaan tersebut. Dibandingkan bertanya langsung tentang identitas perusahaan, bisa bertanya tentang hal-hal yang terhubung dengan posisi pekerjaan kandidat.

9. Laporkan jika terdapat hal yang janggal atau tidak jelas

Laporan dapat diajukan bergantung pada kendala yang muncul. Kandidat dapat melaporkan kendala yang muncul pada situs kepada penyedia situs lowongan pekerjaan. Kandidat juga dapat melaporkan pada kontak perusahaan atau penyedia iklan yang bisa dihubungi apabila terjadi kendala dalam proses melamar pekerjaan.

Apabila ada persyaratan melamar yang dirasa janggal seperti diminta menyertakan dokumen yang tidak semestinya dibutuhkan dalam proses perekrutan, kandidat dapat melaporkannya ke situs lowongan pekerjaan tersebut. Kandidat juga dapat melaporkan ke forum lowongan pekerjaan.

10. Gunakan situs terpercaya yang menyediakan company confidential

Saat ini mulai tumbuh situs lowongan pekerjaan yang menormalisasi company confidential. Hal ini merupakan upaya agar informasi lowongan pekerjaan company confidential meskipun masih tergolong tertutup, tetap bersifat transparan.

Tujuan hal ini salah satunya adalah untuk melindungi identitas kandidat dan perusahaan itu sendiri. Selain itu, situs lowongan pekerjaan juga melihat potensi ini sebaiknya diregulasi untuk meminimalisir hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

Beberapa situs yang umum diantaranya sebagai berikut.

a. id.indeed.com

b. jobstreet.co.id

c. loker.id

d. karir.com

e. linkedin.com

f. glints.com

Setelah membaca penjelasan di atas, jangan khawatir jika kalian ingin mendaftar pekerjaan di company confidential. Tidak perlu ragu mencoba jika sudah mempertimbangkan berbagai aspek seperti di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca Juga: Contoh Tagline Perusahaan Besar

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email