mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Wedding Planner

Wedding planner adalah orang yang bertanggung jawab untuk merencanakan, mengkoordinasikan, dan mengawasi semua aspek pernikahan, mulai dari konsep, anggaran, vendor, lokasi, dekorasi, undangan, catering, hiburan, souvenir, hingga protokol.

profesi wedding planner

Deskripsi Profesi Wedding Planner

Apa itu Pekerjaan Wedding Planner ?

Apakah Anda menyukai pernikahan? Apakah Anda memiliki bakat untuk merencanakan dan mengatur acara? Apakah Anda ingin membantu pasangan mempersiapkan hari spesial mereka? Jika jawaban Anda ya, maka pekerjaan “wedding planner” mungkin cocok untuk Anda.

Wedding planner adalah orang yang bertanggung jawab untuk merencanakan, mengkoordinasikan, dan mengawasi semua aspek pernikahan, mulai dari konsep, anggaran, vendor, lokasi, dekorasi, undangan, catering, hiburan, souvenir, hingga protokol. Wedding planner bekerja sama dengan klien untuk memahami keinginan, harapan, dan gaya mereka, serta memberikan saran dan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

Wedding planner biasanya bekerja dengan pasangan yang akan menikah untuk menentukan visi, anggaran, tema, gaya, lokasi, vendor, dan detail lainnya yang berkaitan dengan pernikahan mereka.

Wedding planner adalah pekerjaan yang menarik dan bermanfaat bagi orang-orang yang menyukai tantangan, kreativitas, dan kerjasama. Wedding planner juga memiliki kesempatan untuk melihat hasil kerja mereka menjadi momen yang tak terlupakan bagi pasangan yang akan menikah dan tamu mereka.

Namun, wedding planner juga harus siap menghadapi tekanan, stres, dan tanggung jawab yang besar dalam menjalankan pekerjaan mereka. Wedding planner harus mampu bekerja di bawah deadline ketat, mengatur banyak hal sekaligus, dan berurusan dengan berbagai macam orang dengan latar belakang dan kebutuhan yang berbeda-beda.

Jobdesk Wedding Planner

Sebagai wedding planner, Anda akan memiliki banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan sebelum, selama, dan sesudah pernikahan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Mengadakan konsultasi dengan klien untuk mengetahui visi, tema, anggaran, jumlah tamu, tanggal, dan preferensi mereka.
  • Membuat proposal dan kontrak yang mencakup layanan yang ditawarkan, biaya, syarat dan ketentuan.
  • Mencari dan merekomendasikan vendor yang sesuai dengan kebutuhan klien, seperti lokasi, dekorator, fotografer, videografer, penata rias, penjahit busana pengantin, katering, hiburan, dll.
  • Menegosiasikan harga dan kontrak dengan vendor dan memastikan bahwa mereka memenuhi standar kualitas dan kesepakatan.
  • Membuat jadwal dan timeline pernikahan yang detail dan realistis.
  • Mengawasi proses persiapan pernikahan dari awal hingga akhir.
  • Mengkoordinasikan semua vendor dan staf yang terlibat dalam pernikahan.
  • Menyelesaikan masalah atau kendala yang mungkin timbul sebelum atau selama pernikahan.
  • Memastikan bahwa semua aspek pernikahan berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.
  • Memberikan evaluasi dan laporan setelah pernikahan selesai.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Wedding Planner

Untuk menjadi wedding planner yang sukses, Anda harus memiliki beberapa keahlian berikut:

  • Kreatif: Anda harus mampu menciptakan konsep dan ide pernikahan yang unik, menarik, dan sesuai dengan gaya klien.
  • Komunikatif: Anda harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan klien, vendor, staf, dan tamu, baik secara lisan maupun tertulis. Anda juga harus mampu mendengarkan, memahami, dan menanggapi kebutuhan dan harapan klien.
  • Organisasi: Anda harus mampu merencanakan, mengatur, dan mengelola semua aspek pernikahan dengan efisien dan efektif. Anda juga harus mampu mengatur waktu, anggaran, dan sumber daya dengan baik.
  • Fleksibel: Anda harus mampu beradaptasi dengan perubahan atau situasi yang tidak terduga yang mungkin terjadi sebelum atau selama pernikahan. Anda juga harus mampu menawarkan solusi alternatif atau kreatif jika diperlukan.
  • Detail: Anda harus mampu memperhatikan setiap detail pernikahan dan memastikan bahwa tidak ada yang terlewat atau salah. Anda juga harus mampu memeriksa dan mengevaluasi kualitas layanan dan produk yang disediakan oleh vendor.
  • Stres: Anda harus mampu bekerja di bawah tekanan dan menangani stres dengan baik. Anda juga harus mampu menenangkan dan memberi dukungan kepada klien jika mereka merasa cemas atau khawatir.

Cara Menjadi Wedding Planner

Jika Anda tertarik untuk menjadi wedding planner, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Melakukan riset tentang pekerjaan wedding planner, termasuk tugas, tanggung jawab, keahlian, gaji, dan prospek karirnya.
  • Mengembangkan keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi wedding planner, seperti kreativitas, komunikasi, organisasi, fleksibilitas, detail, dan stres. Anda dapat belajar dari buku, kursus online, atau workshop yang berkaitan dengan perencanaan pernikahan.
  • Membangun portofolio dan jaringan. Anda dapat mulai dengan menjadi asisten atau magang di perusahaan wedding planner yang sudah berpengalaman. Anda juga dapat menawarkan jasa Anda secara gratis atau murah kepada teman atau keluarga yang akan menikah. Dengan begitu, Anda dapat mendapatkan pengalaman, referensi, testimoni, dan foto-foto pernikahan yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan diri Anda.
  • Mempromosikan diri Anda sebagai wedding planner profesional. Anda dapat membuat website, blog, media sosial, atau brosur yang menampilkan portofolio dan layanan Anda. Anda juga dapat bergabung dengan komunitas atau asosiasi wedding planner untuk meningkatkan kredibilitas dan jangkauan Anda. Selain itu, Anda dapat mengikuti pameran pernikahan atau acara lain yang berkaitan dengan industri pernikahan untuk menjalin hubungan dengan vendor dan klien potensial.

Jenjang Karir Wedding Planner

Sebagai wedding planner, Anda dapat memiliki jenjang karir sebagai berikut:

  • Asisten Wedding Planner: Anda akan membantu wedding planner senior dalam merencanakan dan mengkoordinasikan pernikahan. Anda akan bertanggung jawab untuk tugas-tugas administratif, seperti membuat proposal, kontrak, jadwal, daftar vendor, dll. Anda juga akan membantu dalam mengawasi proses persiapan pernikahan dan menyelesaikan masalah yang mungkin timbul.
  • Wedding Planner: Anda akan bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengkoordinasikan pernikahan secara mandiri. Anda akan berkomunikasi langsung dengan klien untuk memahami visi, tema, anggaran, dan preferensi mereka. Anda juga akan mencari dan merekomendasikan vendor yang sesuai dengan kebutuhan klien. Selain itu, Anda akan mengawasi semua aspek pernikahan dari awal hingga akhir dan memastikan bahwa semuanya berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.
  • Wedding Planner Senior: Anda akan bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengkoordinasikan pernikahan berskala besar atau mewah. Anda akan berkomunikasi langsung dengan klien VIP yang memiliki ekspektasi tinggi dan anggaran besar. Anda juga akan mencari dan merekomendasikan vendor terbaik yang dapat memberikan layanan dan produk berkualitas tinggi. Selain itu, Anda akan mengawasi semua aspek pernikahan dari awal hingga akhir dan memastikan bahwa semuanya berjalan sempurna dan memuaskan klien.
  • Pemilik Perusahaan Wedding Planner: Anda akan bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan bisnis wedding planner Anda sendiri. Anda akan merekrut, melatih, dan memimpin tim wedding planner yang bekerja di bawah Anda. Anda juga akan mencari dan menjaga hubungan baik dengan vendor dan klien potensial. Selain itu, Anda akan menentukan strategi dan tujuan bisnis Anda, seperti misi, visi, nilai, layanan, harga, promosi, dll.

Yang Harus Kalian Ketahui Wedding Planner

Sebelum Anda memutuskan untuk menjadi wedding planner, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Pekerjaan wedding planner tidak selalu glamor dan menyenangkan. Anda akan menghadapi banyak tantangan dan tekanan, seperti deadline ketat, klien yang sulit, vendor yang tidak kooperatif, anggaran yang terbatas, persaingan yang ketat, dll. Anda juga harus siap bekerja di luar jam kerja normal, terutama di akhir pekan atau hari libur.
  • Pekerjaan wedding planner membutuhkan komitmen dan dedikasi yang tinggi. Anda harus selalu memberikan layanan dan hasil yang terbaik untuk klien Anda. Anda juga harus selalu belajar dan mengikuti perkembangan tren dan teknologi yang berkaitan dengan industri pernikahan. Anda juga harus bersedia menginvestasikan waktu dan uang untuk meningkatkan keterampilan dan kredibilitas Anda sebagai wedding planner.
  • Pekerjaan wedding planner membutuhkan kerjasama dan koordinasi yang baik. Anda tidak akan bisa bekerja sendiri sebagai wedding planner. Anda harus bisa bekerja sama dengan klien, vendor, staf, dan kolega Anda. Anda juga harus bisa mengkoordinasikan semua aspek pernikahan dengan baik dan efisien. Anda juga harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan semua pihak yang terlibat dalam pernikahan.

Profesi Lainnya

profesi teknisi robot

Teknisi Robot

Dalam era teknologi yang terus berkembang dengan pesat, peran robot dalam kehidupan sehari-hari semakin meningkat. Dari pabrik manufaktur hingga rumah tangga, robot telah menjadi bagian

Read More »
filsuf

Filsuf

Pekerjaan seorang filsuf adalah profesi yang terkait erat dengan eksplorasi pemikiran dan penelitian filosofis. Seorang filsuf memusatkan perhatian pada pertanyaan-pertanyaan mendasar mengenai eksistensi, pengetahuan, etika,

Read More »
profesi astronot

Astronot

Astronot adalah orang yang telah menjalani pelatihan untuk memimpin, mengendalikan, atau anggota awak pesawat ruang angkasa. Astronot bekerja untuk penerbangan luar angkasa yang dijalankan oleh pemerintah,

Read More »
profesi wartawan

Wartawan

Wartawan itu bahasa Indonesia, dari kara warta (berita) dan wan (orang), sebagaimana istilah hartawan, dermawan, fisikawan, atau relawan. Berdasarkan UU No. 40 Tahun 1999: Wartawan adalah orang yang teratur

Read More »

Branch Manager

Dalam dunia bisnis, peran seorang Branch Manager sangat penting dalam memastikan kesuksesan operasional cabang perusahaan. Branch Manager adalah individu yang bertanggung jawab atas pengelolaan, koordinasi,

Read More »
management trainee

Management Trainee

Apa itu Management Trainee? Management Trainee adalah program pengembangan karir yang ditawarkan oleh banyak perusahaan untuk lulusan baru atau profesional muda yang ingin mempelajari seluk-beluk

Read More »