mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Masinis

Masinis adalah orang yang bertugas mengoperasikan atau menjalankan mesin kereta api. Masinis juga berperan sebagai pemimpin perjalanan kereta api yang bertanggung jawab atas keselamatan dan kenyamanan penumpang maupun barang yang diangkut.

profesi masinis

Deskripsi Profesi Masinis

Apa itu Pekerjaan Masinis ?

Masinis adalah orang yang bertugas mengoperasikan atau menjalankan mesin kereta api. Masinis juga berperan sebagai pemimpin perjalanan kereta api yang bertanggung jawab atas keselamatan dan kenyamanan penumpang maupun barang yang diangkut. Pekerjaan masinis merupakan pekerjaan yang menarik dan menantang, namun juga membutuhkan kompetensi, kedisiplinan, dan komitmen yang tinggi.

Seorang masinis harus mampu mengoperasikan kereta api sesuai dengan sinyal, semboyan, jadwal, dan aturan yang berlaku. Selain itu, seorang masinis juga harus bisa mengatasi berbagai situasi darurat yang mungkin terjadi di jalur kereta api, seperti gangguan teknis, cuaca buruk, atau kecelakaan.

Untuk menjadi seorang masinis, seseorang harus mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) “Darman Prasetyo” di Yogyakarta. Di sana, calon masinis akan mendapatkan materi teori dan praktik tentang dasar-dasar perkeretaapian, operasi kereta api, mekanika kereta api, keselamatan kerja, dan lain-lain.

Selain itu, calon masinis juga harus menjalani magang di lapangan untuk mendapatkan pengalaman langsung dalam mengoperasikan kereta api. Magang ini dilakukan di bawah bimbingan masinis senior yang berpengalaman. Calon masinis juga akan dilatih menggunakan simulator kereta api yang menyerupai kabin masinis aslinya.

Setelah lulus dari pendidikan dan pelatihan, seorang masinis akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang berlaku selama lima tahun. Sertifikat ini harus diperpanjang setiap lima tahun dengan mengikuti ujian ulang. Selain itu, seorang masinis juga harus menjaga kesehatan fisik dan mentalnya dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Pekerjaan masinis adalah pekerjaan yang menantang dan menyenangkan bagi orang yang menyukai transportasi dan perjalanan. Seorang masinis bisa melihat berbagai pemandangan indah di sepanjang jalur kereta api dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai daerah. Namun, pekerjaan ini juga memiliki risiko dan tanggung jawab yang besar. Oleh karena itu, seorang masinis harus selalu siap dan profesional dalam menjalankan tugasnya.

Jobdesk Masinis

Pekerjaan masinis meliputi beberapa tugas dan tanggung jawab, antara lain:

  • Menemukan informasi rute atau mengetahui rute yang akan dilalui.
  • Memeriksa kargo atau muatan barang yang akan diangkut di gerbong kereta.
  • Pemeriksaan kondisi mesin sebelum dan sesudah beroperasi.
  • Mengikuti sinyal di jalan rel dan mengatur kecepatan dan pengereman kereta api.
  • Menghafal urutan stasiun dan paham maksud simbol kereta.
  • Mengikuti peraturan keselamatan dan ketertiban perjalanan kereta api.
  • Melaporkan segala kejadian atau kendala yang terjadi selama perjalanan kereta api.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Masinis

Keahlian yang harus dimiliki pekerjaan masinis antara lain:

  • Memiliki kemampuan fisik dan mental yang baik.
  • Memiliki kemampuan komunikasi dan koordinasi yang baik dengan tim kerja.
  • Memiliki kemampuan analisis dan pemecahan masalah yang baik.
  • Memiliki kemampuan mengoperasikan mesin kereta api dengan baik.
  • Memiliki pengetahuan tentang peraturan perkeretaapian, sinyal, simbol, rute, dan kondisi rel.
  • Memiliki sikap disiplin, bertanggung jawab, jujur, teliti, dan profesional.

Cara Menjadi Masinis

Cara menjadi pekerja Masinis adalah sebagai berikut:

  • Memenuhi kualifikasi pendidikan minimal yaitu lulusan SMA/sederajat.
  • Mendaftar secara online melalui laman resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI) atau melalui jalur rekrutmen lainnya.
  • Mengikuti seleksi administrasi, tes tertulis, tes kesehatan, tes psikologi, tes wawancara, dan tes keterampilan.
  • Mengikuti program pendidikan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Traksi (BPPT) selama 6 bulan.
  • Mengikuti program magang di Pusat Perawatan Kereta (DEPOT) selama 6 bulan.
  • Mendapatkan sertifikasi masinis dan menjadi asisten masinis hingga mendapatkan 2000 jam kerja.
  • Mengajukan diri sebagai masinis utama dan mengikuti ujian kenaikan pangkat.

Jenjang Karir Masinis

Jenjang karir pekerjaan masinis adalah sebagai berikut:

  • Asisten Masinis: bertugas membantu masinis dalam mengoperasikan kereta api dan langsiran.
  • Masinis Utama: bertugas mengoperasikan kereta api dan langsiran, serta sebagai pemimpin perjalanan kereta api.
  • Masinis Senior: bertugas mengoperasikan kereta api dan langsiran, serta sebagai pemimpin perjalanan kereta api dengan pengalaman kerja yang lebih lama dan tanggung jawab yang lebih besar.
  • Masinis Instruktur: bertugas memberikan pelatihan dan bimbingan kepada masinis junior atau calon masinis.
  • Masinis Supervisor: bertugas mengawasi dan mengevaluasi kinerja masinis di bawahnya, serta memberikan saran dan masukan untuk peningkatan kualitas pelayanan.

Yang Harus Kalian Ketahui Masinis

Beberapa hal yang perlu diketahui sebelum bekerja sebagai Masinis adalah:

  • Pekerjaan masinis adalah pekerjaan yang menuntut kesiapan fisik dan mental yang baik, karena harus menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang tidak terduga selama perjalanan kereta api.
  • Pekerjaan masinis adalah pekerjaan yang membutuhkan komitmen yang kuat, karena harus rela jauh dari keluarga dan tetap bekerja meskipun hari libur atau tanggal merah.
  • Pekerjaan masinis adalah pekerjaan yang membutuhkan kedisiplinan yang tinggi, karena harus mengikuti jadwal kerja yang ketat dan menghormati peraturan perkeretaapian yang berlaku.
  • Pekerjaan masinis adalah pekerjaan yang memberikan kebanggaan dan kepuasan tersendiri, karena dapat melayani masyarakat dengan memberikan transportasi yang aman, nyaman, dan tepat waktu.

Profesi Lainnya

profesi wedding planner

Wedding Planner

Apa itu Pekerjaan Wedding Planner ? Apakah Anda menyukai pernikahan? Apakah Anda memiliki bakat untuk merencanakan dan mengatur acara? Apakah Anda ingin membantu pasangan mempersiapkan

Read More »
perawat lansia

Perawat Lansia

Pekerjaan perawat lansia adalah pekerjaan di bidang perawatan kesehatan yang khusus melibatkan merawat dan memberikan perhatian medis kepada orang dewasa yang telah mencapai usia lanjut.

Read More »
profesi dokter

Dokter

Dokter yakni seseorang yang telah lulus pendidikan kedokteran yang oleh hukum diberi kewenangan untuk melakukan praktik kedokteran dalam upaya pelayanan kesehatan. Dokter adalah orang yang memiliki kewenangan

Read More »
creative director

Creative Director

Creative Director adalah seorang pemimpin dalam sebuah tim kreatif yang biasanya diisi oleh copywriter, videografer, advertiser, dan desainer. Creative Director umumnya bekerja di badan periklanan

Read More »
translator lisan

Penerjemah Lisan Interpreter

Penerjemah Lisan Interpreter adalah profesional yang memainkan peran penting dalam memfasilitasi komunikasi antara individu atau kelompok yang berbicara dalam bahasa yang berbeda. Mereka bertindak sebagai

Read More »
penulis skenario

Penulis Skenario

Berkecimpung di industri perfilman, tidak melulu hanya tentang aktor, aktris, atau sutradara. Penulis skenario juga mampu menjadi sosok inspiratif dengan segudang sisi menarik yang pastinya

Read More »