mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Data Scientist

Data Scientist adalah seseorang yang ahli dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data besar dengan menggunakan berbagai metode, algoritma, dan teknik.

profesi data scientist

Deskripsi Profesi Data Scientist

Data Scientist adalah seseorang yang ahli dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data besar dengan menggunakan berbagai metode, algoritma, dan teknik.

Data scientist harus mampu menggunakan ilmu komputer, matematika, dan statistik untuk mengolah data dari berbagai sumber, merancang dan menerapkan algoritma, menemukan pola dan tren, serta membuat visualisasi data.

Data Scientist biasanya memiliki latar belakang pendidikan di bidang matematika, statistika, ilmu komputer, atau bidang terkait. Data Scientist bertujuan untuk menemukan pola, tren, dan wawasan yang berguna dari data yang kompleks dan tidak terstruktur.

Data Scientist juga dapat membuat model prediktif, visualisasi data, dan rekomendasi berdasarkan hasil analisisnya. Data Scientist sangat dibutuhkan di berbagai industri, seperti kesehatan, keuangan, e-commerce, media sosial, dan lainnya.

Jobdesk Data Scientist

Tugas dan Tanggung Jawab Data Scientist

Secara garis besar, tugas dan tanggung jawab data scientist antara lain:

  • Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan analisis data dalam organisasi
  • Menentukan rangkaian data dan variabel yang tepat untuk menganalisis masalah tersebut
  • Mengumpulkan data terstruktur maupun tidak terstruktur dari bermacam-macam sumber, seperti database, web, media sosial, sensor, atau survei
  • Membersihkan dan memvalidasi data untuk memastikan kualitas dan akurasi data
  • Merancang dan menerapkan algoritma untuk mencari informasi baru dari data, seperti klasifikasi, klastering, regresi, prediksi, atau optimisasi
  • Menganalisis data untuk menemukan pola kecenderungan, hubungan kausalitas, anomali, atau outlier
  • Menafsirkan data serta menemukan solusi dan kesempatan yang mendukung tercapainya tujuan organisasi
  • Membuat visualisasi data yang menarik dan informatif untuk menyajikan hasil analisis kepada pemangku kepentingan
  • Membuat laporan dan presentasi yang menjelaskan metodologi, temuan, rekomendasi, dan nilai tambah dari analisis data
  • Berkomunikasi dan berkolaborasi dengan tim lain dalam organisasi untuk memahami kebutuhan bisnis dan mengimplementasikan solusi berbasis data
  • Menjaga kerahasiaan dan keamanan data sesuai dengan standar etika dan hukum
  • Menjaga pengetahuan dan keterampilan terkini dengan mengikuti perkembangan terbaru di bidang data science

Kualifikasi Data Scientist

  • Gelar sarjana atau pascasarjana dalam bidang Ilmu Data, Ilmu Komputer, Statistik, atau bidang terkait.
  • Pengalaman kerja minimal 3 tahun sebagai Data Scientist atau peran terkait.
  • Penguasaan dalam penggunaan bahasa pemrograman seperti Python, R, atau SQL.
  • Memiliki pemahaman yang kuat tentang algoritma Machine Learning dan teknik statistik.
  • Pengalaman dalam menganalisis dan memanipulasi data menggunakan alat seperti Pandas, NumPy, atau MATLAB.
  • Familiaritas dengan platform dan alat analitik seperti TensorFlow, PyTorch, atau Tableau.
  • Kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif, serta memiliki keterampilan presentasi yang baik.
  • Kemampuan analitis yang kuat dan kecakapan dalam memecahkan masalah kompleks.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Data Scientist

Untuk menjadi data scientist yang handal, ada beberapa keahlian yang harus dimiliki, antara lain:

Probabilitas dan Statistik

Probabilitas dan statistik adalah ilmu yang mempelajari tentang ketidakpastian dan variasi dalam data. Data scientist harus menguasai konsep-konsep dasar probabilitas dan statistik, seperti distribusi, uji hipotesis, interval kepercayaan, regresi, analisis varians, korelasi, dan lain-lain. Keahlian ini penting untuk melakukan analisis data yang valid dan reliabel.

Kalkulus Multivariat dan Aljabar Linier

Kalkulus multivariat dan aljabar linier adalah cabang matematika yang mempelajari tentang fungsi, vektor, matriks, dan operasi-operasinya. Data scientist harus menguasai keahlian ini untuk memahami dan menerapkan algoritma-algoritma yang digunakan dalam data science, seperti optimisasi, diferensiasi, integrasi, transformasi, dan lain-lain.

Pemrograman

Pemrograman adalah keahlian untuk membuat instruksi-instruksi yang dapat dijalankan oleh komputer untuk menyelesaikan suatu masalah. Data scientist harus menguasai bahasa pemrograman yang populer digunakan dalam data science, seperti Python, R, SQL, atau Java. Selain itu, data scientist juga harus menguasai penggunaan library atau framework yang mendukung analisis data, seperti NumPy, Pandas, Scikit-learn, TensorFlow, PyTorch, atau Spark.

Manajemen Basis Data

Manajemen basis data adalah keahlian untuk mengelola data yang disimpan dalam suatu sistem penyimpanan data, seperti database relasional atau non-relasional. Data scientist harus menguasai keahlian ini untuk dapat mengakses, memodifikasi, menghapus, atau menambahkan data sesuai dengan kebutuhan analisis. Selain itu, data scientist juga harus menguasai teknik-teknik untuk membersihkan dan memvalidasi data.

Visualisasi Data

Visualisasi data adalah keahlian untuk menyajikan data dalam bentuk grafik, diagram, tabel, atau gambar yang menarik dan informatif. Data scientist harus menguasai keahlian ini untuk dapat berkomunikasi dengan pemangku kepentingan tentang hasil analisis data secara efektif dan persuasif. Selain itu, data scientist juga harus menguasai penggunaan alat-alat visualisasi data, seperti Matplotlib, Seaborn, Plotly, Tableau, atau Power BI.

Machine Learning

Machine learning adalah cabang ilmu komputer yang mempelajari tentang bagaimana membuat sistem yang dapat belajar dari data dan membuat prediksi atau keputusan tanpa pemrograman eksplisit. Data scientist harus menguasai keahlian ini untuk dapat merancang dan menerapkan algoritma-algoritma machine learning yang sesuai dengan masalah yang dihadapi. Selain itu, data scientist juga harus menguasai konsep-konsep machine learning, seperti supervised learning, unsupervised learning, reinforcement learning, deep learning, natural language processing, computer vision, atau recommender systems.

Cloud Computing

Cloud computing adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses sumber daya komputasi melalui internet tanpa perlu memiliki infrastruktur fisik sendiri. Data scientist harus menguasai keahlian ini untuk dapat menggunakan layanan-layanan cloud yang menyediakan platform dan alat-alat untuk analisis data secara cepat dan efisien. Selain itu, data scientist juga harus menguasai penggunaan penyedia layanan cloud yang populer digunakan dalam data science, seperti Amazon Web Services (AWS), Google Cloud Platform (GCP), atau Microsoft Azure.

Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengedit lembar kerja elektronik yang berisi data dalam bentuk sel-sel. Data scientist harus menguasai keahlian ini untuk dapat melakukan analisis data sederhana dengan menggunakan fungsi-fungsi bawaan Excel. Selain itu, data scientist juga harus menguasai penggunaan fitur-fitur Excel yang mendukung analisis data, seperti pivot table, charting tools, vlookup/hlookup/index/match functions, conditional formatting, data validation, macros, or VBA.

Cara Menjadi Data Scientist

  • Mendapatkan Gelar Akademis. Gelar akademis di bidang matematika, statistika, ilmu komputer, atau bidang terkait lainnya akan menjadi nilai tambah bagi calon Data Scientist. Gelar akademis akan membekali kamu dengan pengetahuan teoritis dan praktis yang dibutuhkan untuk mengolah data.
  • Mempertajam Keterampilan yang Relevan. Selain gelar akademis, kamu juga perlu menguasai keterampilan teknis dan non-teknis yang relevan dengan pekerjaan Data Scientist. Keterampilan teknis meliputi bahasa pemrograman (seperti Python, R, atau SQL), tools data science (seperti ML Cloud Service and Platform), metode analisis data (seperti Machine Learning atau Deep Learning), dan visualisasi data (seperti Tableau atau Power BI). Keterampilan non-teknis meliputi komunikasi, presentasi, kerjasama tim, dan pemecahan masalah.
  • Mendapatkan Pekerjaan Junior Data Scientist. Setelah memiliki gelar akademis dan keterampilan yang relevan, kamu bisa mencari pekerjaan sebagai Junior Data Scientist di berbagai perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli data. Pekerjaan ini akan memberi kamu pengalaman langsung dalam mengerjakan proyek-proyek data science yang nyata dan menantang. Kamu juga bisa belajar dari Data Scientist senior yang lebih berpengalaman dan memperluas jaringan profesional kamu.
  • Mempersiapkan Wawancara sebagai Data Scientist. Jika kamu ingin melamar pekerjaan sebagai Data Scientist, kamu harus mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancara yang mungkin melibatkan pertanyaan-pertanyaan teknis maupun non-teknis seputar data science. Kamu harus bisa menunjukkan kemampuan dan motivasi kamu untuk bekerja sebagai Data Scientist, serta portofolio proyek-proyek data science yang pernah kamu kerjakan sebelumnya.

Jenjang Karir Data Scientist

Jenjang karir seorang data scientist dapat bervariasi tergantung pada industri, perusahaan, dan pengalaman kerja. Secara umum, ada tiga tingkatan karir data scientist:

  • Junior Data Scientist: merupakan data scientist yang baru memulai karirnya atau memiliki pengalaman kurang dari 3 tahun. Tugas utamanya adalah melakukan analisis data sederhana dengan bimbingan dari senior data scientist. Gaji rata-rata untuk junior data scientist di Indonesia adalah sekitar Rp 4.875.000 per bulan.
  • Senior Data Scientist: merupakan data scientist yang memiliki pengalaman lebih dari 3 tahun atau memiliki gelar magister atau doktor di bidang yang berkaitan dengan data science. Tugas utamanya adalah melakukan analisis data kompleks dan mengembangkan algoritma-algoritma machine learning yang inovatif. Gaji rata-rata untuk senior data scientist di Indonesia adalah sekitar Rp 25.000.000 per bulan.
  • Lead Data Scientist: merupakan data scientist yang memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun dan memiliki keterampilan manajerial dan kepemimpinan. Tugas utamanya adalah memimpin tim data science dan bertanggung jawab atas strategi, arsitektur, dan implementasi solusi berbasis data untuk organisasi. Gaji rata-rata untuk lead data scientist di Indonesia adalah sekitar Rp 40.000.000 per bulan.

Yang Harus Kalian Ketahui Data Scientist

Sebelum bekerja sebagai data scientist, ada beberapa hal yang perlu diketahui, antara lain:

  • Data science adalah bidang yang multidisiplin dan dinamis, sehingga data scientist harus selalu belajar dan mengikuti perkembangan terbaru di bidangnya.
  • Data science adalah bidang yang menantang dan menarik, tetapi juga membutuhkan kerja keras, ketelitian, dan kreativitas.
  • Data science adalah bidang yang memiliki dampak besar bagi organisasi dan masyarakat, sehingga data scientist harus memiliki etika dan tanggung jawab yang tinggi dalam menggunakan data.
  • Data science adalah bidang yang membutuhkan kolaborasi dan komunikasi dengan tim lain dalam organisasi, sehingga data scientist harus memiliki keterampilan interpersonal dan presentasi yang baik.

Profesi Lainnya

profesi petani

Petani

Petani adalah orang yang pekerjaannya bercocok tanam. Petani sendiri sebenarnya berasal dari bahasa sanskerta yang diserap dan digunakan menjadi bahasa Indonesia. Dalam bahasa sanskerta petani

Read More »
guru smp

Guru SMP

Guru SMP adalah profesi yang berperan penting dalam membentuk dan mengembangkan potensi siswa di tingkat pendidikan menengah pertama. Seorang guru SMP bertanggung jawab dalam memberikan

Read More »
staff packing

Staff Packing

Pekerjaan staff packing adalah salah satu pekerjaan yang berhubungan dengan proses pengemasan barang atau produk yang akan dikirimkan ke pelanggan atau konsumen. Pekerjaan ini biasanya

Read More »
notaris

Notaris

Siapa disini yang pernah melihat plang notaris di depan sebuah gedung? Nah, biasanya dibawah tulisan nama notaris ada kalimat tentang no SK Menkumham dan/atau SK

Read More »
profesi mekanik mobil

Mekanik Mobil

Mekanik mobil adalah seorang profesional di bidang otomotif yang ahli dalam memperbaiki dan merawat kendaraan bermotor, terutama mobil. Mereka bertanggung jawab untuk mendiagnosis masalah mekanis,

Read More »
jobdesk general affair

General Affair

General Affair (GA) merupakan posisi dalam suatu perusahaan yang umumnya berada di bawah pimpinan kepala operasional, terkadang pada beberapa perusahaan GA berada dibawah Departemen Personalia (HR).

Read More »