mployee logo

Profesi Kontraktor

Profesi kontraktor merupakan sebuah badan atau lembaga atau perorangan yang mengupayakan atau melakukan aktifitas pengadaan.

profesi kontraktor

Deskripsi Profesi Kontraktor

Kontraktor adalah perorangan atau badan hukum yang dikontrak atau disewa oleh pemilik proyek untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan perjanjian kontrak yang telah disepakati dan sesuai dengan keahliannya.

Pekerjaan kontraktor dibatasi oleh waktu penyelesaian, biaya, dan hal-hal yang harus diselesaikan sesuai kontrak.

Kontraktor sering diidentikkan dengan orang yang menjalankan usaha di bidang jasa konstruksi.

Dilansir dari Chron, kontraktor bangunan tempat tinggal biasanya mengawasi pembangunan rumah-rumah dan proyek perumahan.

Dalam pekerjaan konstruksi biasanya seorang kontraktor akan terspesialisasi, misalnya pekerjaan instalasi, konstruksi khusus, konstruksi prapabrikasi, penyelesaian bangunan, dan penyewaan peralatan.

Perlu di pahami bahwa jasa kontraktor sendiri berupa pengadaan barang dan jasa yang berhubungan dengan pekerjaan, seperti pembangunan jalan, konstruksi jembatan dan yang lainnya.

Secara umum kontraktor mendapatkan proyek pekerjaan dengan dua cara, yaitu ditunjuk langsung oleh pemilik proyek untuk mengerjakan pembangunan atau melalui lelang yang diselenggarakan oleh pemilik proyek.

Pemenang lelang merupakan kontraktor yang mengajukan harga terbaik dan produk berkualitas serta memenuhi kriteria yang ditetapkan pemilik proyek.

Banyak orang menyebut kontraktor sebagai pemborong, padahal ada perbedaan antara kontraktor dan pemborong.

Sistem kerja kontraktor berdasarkan kontrak tertulis, tetapi pemborong bekerja berdasarkan perjanjian lisan saja. Selain itu, kontraktor selalu berbadan hukum, sedangkan pemborong kebalikannya.

Jenis-Jenis Kontraktor

Bidang usaha jasa ini tidak hanya mencakup pembangunan rumah dan gedung tinggi. Ternyata ada banyak bidang yang sesuai dengan kapasitas dan jasa yang ditawarkan. 

1. Bidang Arsitektur

Bidang arsitektur paling sering berguna untuk masyarakat umum. Pekerjaannya meliputi arsitektur bangunan yang berteknologi sederhana, teknologi menengah, hingga teknologi tinggi, juga arsitektur interior, lanskap dan perawatannya. 

2. Bidang Mekanikal

Jasa kontraktor mekanikal bertanggung jawab terhadap instalasi  AC, mesin industri, minyak atau gas konstruksi lift dan eskalator hingga perawatannya.

3. Bidang Sipil

Jasa pekerjaan sipil ini meliputi pembuatan jembatan, jalanan, pembangunan jalur kereta api, landasan pesawat,jalan bawah tanah, terowongan, bendungan, hingga drainase. Pembuatan infrastruktur gedung, konstruksi pabrik dan tambang menjadi tugas bagian dari jasa bidang ini. 

4. Bidang Lingkungan

Bidang ini mengurus hal-hal yang berhubungan dengan rencana penataan perkotaan, meliputi analisis dampak lingkungan, teknik lingkungan, bangunan pengolahan air bersih, dan pengolahan limbah. Pengembangan wilayah, perpipaan, air bersih dan limbah, hingga perawatannya. 

5. Bidang Elektrikal

Jasa elektrikal memiliki tanggung jawab terhadap kelistrikan seperti instalasi pembangkt instalasi listrik jaringan transmisi dan distribusi, sinyal dan telekomunikasi kereta api, telekomunikasi dan sarana bantu navigasi udara dan laut penangkal petir hingga pemancar radio. 

Jobdesk Kontraktor

  1. Pekerjaan pelaksanaan konstruksi harus sesuai dengan peraturan dan spesifikasi yang telah terencana berdasarkan isi dalam kontrak atau kesepakatan..
  2. Mengupdate laporan perkembangan pelaksanaan proyek atau progress, kepada pemilik proyek dalam halnya yaitu laporan harian, mingguan, serta bulanan. Isi laporan tersebut biasanya meliputi beberapa hal antara lain yaitu, pelaksanaan pekerjaan, perkembangan kerja yang telah tercapai. Jumlah tenaga kerja yang ada, serta pengaruh alam seperti cuaca dan sebagainya.
  3. Terlaksana jadwal pekerjaan sesuai dengan rencana.
  4. Menyediakan tenaga kerja, bahan, tempat  demi kelancaran pelaksanaan pekerjaan tersebut.
  5. Menjaga seluruh alat yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan tersebut.
  6. Melaksanakan pembangunan bekerja sesuai dengan peraturan dan spesifikasi yang telah direncanakan dan ditentukan di dalam kontrak perjanjian.
  7. Bertanggung jawab atas kegiatan pembangunan dan metode pelaksanaan pekerjaan di lapangan
  8. Menjalankan pekerjaan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Kontraktor

  1. Teknik dan Matematika. Dalam merancang bangunan yang aman dan fungsional, Kontraktor harus benar-benar terbiasa dengan kekuatan, kelemahan dan sifat-sifat lain dari berbagai bahan bangunan serta bagaimana setiap struktur bekerja di bawah beban dan tekanan
  2. Memahami Hukum dan regulasi lokal, untuk mengetahui tentang apa yang bisa dibangun, di mana, dan bagaimana
  3. Pengetahuan Bisnis. Seperti halnya seni dan bidang lainnya, menjadi seorang kontraktor yang sukses juga membutuhkan orientasi dan pengetahuan dalam berbisnis
  4. Memiliki etos kerja yang tinggi. Hal ini dikarenakan bidang kerja yang dilakoni oleh perusahan jasa kontraktor cukup sulit, berat dan beresiko tinggi. Tekanan kerja yang berat juga medan yang tak kalah rumit membuat kontraktor membutuhkan karyawan yang tidak suka mengeluh dan berkeyakinan kuat untuk bisa menyelesaikan pekerjaan
  5. Kemampuan adaptasi dengan lingkungan kerja. Perusahaan jasa kontarktor biasanya akan dikontrak dalam jangka waktu yang cukup panjang untuk sebuah proyek. Ditambah dengan medan yang cukup berat. Untuk itulah setiap kontraktor harus bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja dengan baik agar kinerjanya maksimal dan semua proyek berjalan dengan lancar
  6. Seorang kontraktor hendaknya memiliki kreativitas yang kuat, serta dapat bekerja sama dalam sebuah tim. Proyek yang dikerjakan oleh perusahaan jasa kontraktor biasanya cukup besar sehingga membutuhkan kinerja secara tim atau berkelompok
  7. Kemampuan berkomunikasi dengan baik, hal ini dikarenakan perusahaan kontraktor merupakan perusahaan di bidang jasa yang pasti membutuhkan interaksi dengan klien dan pihak luar. Komunikasi sebagai kunci utama kesuksesan perusahaan yang berhubungan dengan jasa.

Cara Menjadi Kontraktor

1. Pendidikan Strata 1 Teknik Sipil

Konstruksi atau jurusan relevan lainnya merupakan langkah awal untuk menjadi seorang kontraktor. Jurusan Teknik sipil lebih disukai sebab perkuliahannya mempelajari bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi mencakup lingkungan kemaslahatan hidup manusia.

Ruang lingkup jurusan ini tidak hanya berfokus pada pembuatan bangunan saja, tetapi bagaimana memilih material yang cocok, mengatur sumber daya air hingga merancang desain konstruksi.

Bangunan yang dimaksud juga sangat beragam, mulai dari bangunan rumah sederhana dan gedung-gedung bertingkat, jembatan, bendungan, hingga bangunan sarana dan prasarana transportasi, pengairan, prasarana produksi, juga bangunan-bangunan lepas pantai seperti pada fasilitas pengeboran minyak lepas pantai semuanya akan dipelajari di jurusan ini. Pendidikan Teknik Sipil akan ditempuh dalam waktu 4 tahun.

2. Sertifikat Tenaga Kerja Konstruksi

Sertifikasi kompetensi ini dilakukan untuk menghasilkan SDM atau tenaga kerja konstruksi yang berkualitas. Hal ini sebagaimana tertuang pada Undang-Undang Jasa Konstruksi Nomor 2 Tahun 2017 Pasal 70 yang mengatur bahwa setiap Pekerja Konstruksi yang bekerja di sektor Konstruksi wajib memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja.

Jenjang Karir Kontraktor

Kontraktor bisa merujuk pada orang yang memiliki maupun orang yang mengelola badan usaha jasa konstruksi.

Seorang kontraktor bisa memulai kariernya dengan menjalankan bisnis jasa konstruksi perorangan, kemudian meningkatkan skala usahanya menjadi badan usaha.

Secara umum kontraktor terbagi menjadi 3 tingkatan besar yaitu kontraktor kecil, menengah dan besar. Hal ini tergantung dengan segmen pasar dan nilai kontraknya bahkan teknologi yang digunakan.

  • Kontraktor K-1. Termasuk pada kontraktor berskala kecil. Menangani pekerjaan dengan nilai kontak maksimal Rp 1 miliar.

  • Kontraktor K-2. Termasuk pada kontraktor berskala kecil. Menangani pekerjaan dengan nilai kontak maksimal Rp 1,75 miliar.

  • Kontraktor K-3. Termasuk pada kontraktor berskala kecil. Menangani pekerjaan dengan nilai kontak maksimal Rp 2,5 miliar.

  • Kontraktor M-1. Termasuk pada kontraktor berskala menengah. Menangani pekerjaan dengan nilai kontak maksimal Rp 10 miliar.

  • Kontraktor M-2. Termasuk pada kontraktor berskala menengah. Menangani pekerjaan dengan nilai kontak maksimal Rp 50 miliar.

  • Kontraktor B-1. Termasuk pada kontraktor berskala besar. Menangani pekerjaan dengan nilai kontak maksimal Rp 250 miliar.

  • Kontraktor B-2. Termasuk pada kontraktor berskala besar. Menangani pekerjaan dengan nilai kontak tidak terbatas.

Yang Harus Kalian Ketahui Kontraktor

Sebelum menjadi kontraktor, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini:

Disadur dari Tempo, kontraktor punya kewajiban untuk mempekerjakan tenaga terampil seperti mandor, operator, teknisi, pengawas, juga ahli kesehatan dan keselamatan kerja yang memiliki sertifikasi kompetensi.

Faktanya ada 5 besar perusahaan kontraktor terbaik sekaligus terbesar di Indonesia.

1. PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Salah satu kontraktor terbesar milik pemerintah ini didirikan pada tahun 1960. Tahun 1974 status perusahaan ini berubah menjadi Perseroan Terbatas, kemudian pada tahun 2004 menjadi perusahaan konstruksi pertama yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

2. PT PP (Persero) Tbk.

Didirikan pada tahun 1953 dengan nama N.V Pembangunan Perumahan, saat itu perusahaan dipercaya untuk membangun rumah bagi para petugas PT Semen Gresik Tbk. Setelah itu, perusahaan ini membangun berbagai proyek seperti Hotel Indonesia, Ambarrukmo Palace Hotel, dan Samudra Beach Hotel. Tahun 1971 nama perusahaan ini berubah menjadi PT PP dan telah melakukan inovasi serta memiliki beberapa anak perusahaan.

3. PT Hutama Karya (Persero)

Perusahaan ini resmi berdiri di bawah naungan BUMN melalui PP RI no. 61 tahun 1961. PT Hutama Karya menunjukkan karyanya melalui konstruksi bangunan bernilai sejarah seperti Gedung MPR RI dan Monumen Patung Dirgantara di Jakarta. Perusahaan ini juga membangun infrastruktur dengan konstruksi berteknologi tinggi berupa jembatan bentang panjang seperti Jembatan Ampera di Palembang.

4. PT Total Bangunan Persada Tbk.

Diresmikan pada tahun 1970, 11 tahun kemudian nama perusahaan ini berubah menjadi PT Total Bangunan Persada Tbk. Hasil karya perusahaan ini selama 40 tahun antara lain adalah JIExpo Convention and Theatre, ICE BSD, Menara Astra, Menara Kompas, BRI BSD Tower, dan lain-lain.

5. PT Indonesia Pondasi Raya (Indopora) Tbk.

  • Perusahaan ini didirikan tahun 1977 dan berfokus pada pembuatan pondasi, dinding penahan tanah, dan perbaikan tanah. Tahun 2018, PT Indonesia Pondasi Raya Tbk mendapatkan Indonesia Most Admired Companies (IMACO) Award untuk kategori construction.

  • Kontraktor harus mampu menggunakan teknologi agar memiliki peluang untuk bersaing mendapatkan pekerjaan. Selain itu, kontraktor juga harus mengedepankan kualitas yang unggul, ketepatan waktu, dan efisiensi biaya, seperti dikutip dari Okezone.com.

Menurut Canadian Home Builders’ Association (CHBA), Anda perlu memeriksa calon kontraktor secara menyeluruh sebelum memutuskan siapa yang akan dipekerjakan.

Walaupun Anda mendapatkan referensi positif dari teman atau tetangga, periksa juga reputasi kontraktor dan pahami layanan yang dapat dikerjakan oleh kontraktor tersebut. Berikut ini beberapa layanan yang ditawarkan oleh kontraktor secara umum.

  • Jasa desain

Setelah berdiskusi dengan pemilik proyek dan melakukan survei lahan, kontraktor akan memberikan jasa desain proyek secara detail. Mulai dari desain interior, eksterior, hingga fasilitas. Desain ini akan dibuat sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan bujet pemilik proyek.

  • Bangunan dan material

Pada tahap ini, kontraktor bertanggung jawab secara penuh terhadap pembersihan lahan, penggalian tanah untuk keperluan pondasi, dan pembuatan sumur resapan. Jika diperlukan, kontraktor akan menggunakan berbagai alat berat untuk kelancaran proyek.

  • Renovasi atau remodeling

Pada tahap ini, kontraktor akan melakukan renovasi atau remodeling seperti pembongkaran dan perbaikan. Kontraktor bisa saja melakukan perombakan yang berkaitan dengan interior, eksterior, dan fasilitas rumah atau gedung.

Profesi Lainnya

profesi digital marketing

Digital Marketing Specialist

Percaya atau tidak digital marketing di era saat ini menjadi salah satu kunci sukses dalam memasarkan produk baik itu jasa maupun barang. Secara umum digital marketing adalah suatu

Read More »
profesi auditor

Auditor

Untuk memiliki keuangan yang sehat, setiap lembaga, instansi ataupun perusahaan memerlukan peran seorang auditor. Sebenarnya apa pengertian auditor tersebut? Auditor merupakan seseorang yang memeriksa dan

Read More »
profesi konsultan bisnis

Konsultan Bisnis

Istilah konsultan bisnis tersusun dari dua kata, business yang berarti bisnis dan consultant yang memiliki arti penasihat. Konsultan bisnis adalah seseorang / perusahaan yang memberikan nasihat

Read More »
profesi psikolog

Psikolog

Psikolog adalah seorang ahli psikologi dalam bahasa inggris yaitu psychologist sebagai pakar yang menguasai bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang tingkah laku dan proses mental

Read More »
pemandu wisata tour guide

Pemandu Wisata (Tour Guide)

Di dunia pariwisata banyak istilah yang sering didengar. Salah satunya adalah tour guide yang dalam bahasa Indonesianya disebut pramuwisata.  Definisi dari tour guide secara umum ialah orang yang

Read More »
art director

Art Director

Art director sendiri dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “Pengarah Seni”. Pada dasarnya seorang art director memang harus memikirkan tampilan sebuah iklan agar terlihat menarik. Namun

Read More »