mployee logo
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Profesi Data Engineer

Data engineer bertanggung jawab untuk mendesain, membangun, dan mengelola infrastruktur data yang digunakan oleh perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data dalam skala besar.

profesi data engineer

Deskripsi Profesi Data Engineer

Apa itu Pekerjaan Data Engineer ?

Data engineer adalah salah satu profesi yang berkembang pesat di era digital saat ini. Data engineer bertanggung jawab untuk mendesain, membangun, dan mengelola infrastruktur data yang digunakan oleh perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data dalam skala besar.

Data engineer adalah orang yang bertanggung jawab terhadap infrastruktur data di sebuah perusahaan. Mereka bertugas membangun sistem atau infrastruktur yang berkaitan dengan volume data dalam jumlah besar, seperti database, pipeline, data warehouse, atau sistem lainnya yang dirancang untuk memproses data berskala besar. Data engineer bekerja sama dengan data analyst dan data manager untuk mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menganalisis data yang dibutuhkan untuk kepentingan bisnis.

Data engineer bekerja sama dengan data analyst, data scientist, dan manajemen bisnis untuk memahami kebutuhan dan tujuan perusahaan terkait data. Data engineer kemudian merancang dan mengimplementasikan sistem yang dapat mengintegrasikan data dari berbagai sumber, memastikan kualitas dan keamanan data, serta menyediakan akses yang mudah dan cepat bagi pengguna data.

Data engineer harus memiliki kemampuan teknis yang kuat di bidang pemrograman, database, big data, cloud computing, dan machine learning. Beberapa bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh data engineer adalah SQL, Python, Java, Scala, dan R. Beberapa platform dan teknologi yang sering digunakan oleh data engineer adalah Hadoop, Spark, Kafka, AWS, Azure, dan Google Cloud.

Data engineer juga harus memiliki kemampuan analitis yang baik untuk memahami dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data. Data engineer harus mampu berpikir secara logis, kritis, dan kreatif untuk merancang solusi yang optimal dan efisien. Data engineer juga harus memiliki kemampuan komunikasi dan kolaborasi yang baik untuk bekerja dengan tim lintas fungsi dan disiplin ilmu.

Menjadi data engineer membutuhkan pendidikan formal atau non-formal di bidang informatika, matematika, statistika, atau bidang terkait lainnya. Selain itu, data engineer juga harus memiliki sertifikat profesional yang dapat membuktikan kompetensi mereka di bidang data. Beberapa sertifikat profesional yang populer di kalangan data engineer adalah Google Professional Data Engineer, IBM Certified Data Engineer, dan AWS Certified Data Analytics.

Pekerjaan data engineer menawarkan prospek karier yang menarik dan menjanjikan di masa depan. Menurut laporan dari Glassdoor, gaji rata-rata seorang data engineer di Indonesia adalah Rp 12 juta per bulan. Selain itu, permintaan akan data engineer juga terus meningkat seiring dengan perkembangan industri digital dan startup di Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang data engineer profesional, Anda harus terus belajar dan mengasah kemampuan Anda di bidang data. Anda juga harus mengikuti perkembangan terbaru dan tren di dunia data. Anda dapat belajar dari berbagai sumber online seperti blog, video, podcast, kursus online, atau buku-buku tentang data engineering.

Jobdesk Data Engineer

Data engineer memiliki jobdesk, tugas, dan tanggung jawab yang berkaitan dengan siklus hidup data di sebuah perusahaan. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Merancang dan membangun sistem atau infrastruktur data yang efisien, andal, dan skalabel.
  • Mengumpulkan dan mengekstraksi data dari berbagai sumber, baik internal maupun eksternal.
  • Membersihkan dan menormalkan data untuk memastikan kualitas dan integritasnya.
  • Mengimplementasikan algoritma atau metode untuk mengolah dan menganalisis data sesuai dengan kebutuhan bisnis.
  • Membuat pipeline atau alur kerja data yang otomatis dan mudah dipantau.
  • Membuat laporan atau dashboard untuk menyajikan hasil analisis data kepada stakeholder.
  • Melakukan pengujian dan pemeliharaan sistem atau infrastruktur data secara berkala.
  • Menjaga keamanan dan kerahasiaan data sesuai dengan standar dan regulasi yang berlaku.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Data Engineer

Data engineer harus memiliki keahlian teknis dan non-teknis yang mendukung pekerjaannya. Berikut adalah beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh seorang data engineer:

  • Keahlian teknis:
    • Menguasai bahasa pemrograman yang umum digunakan untuk keperluan data, seperti SQL, Python, Java, Scala, atau R.
    • Menguasai konsep dan teknik database, seperti relational database (MySQL, PostgreSQL), NoSQL database (MongoDB, Cassandra), atau cloud database (Google BigQuery, Amazon Redshift).
    • Menguasai teknologi big data, seperti Hadoop, Spark, Kafka, Hive, atau Pig.
    • Menguasai teknologi cloud computing, seperti Google Cloud Platform, Amazon Web Services, atau Microsoft Azure.
    • Menguasai teknik pengolahan dan analisis data, seperti ETL (Extract, Transform, Load), data mining, data warehousing, data modeling, atau machine learning.
    • Menguasai alat atau platform untuk membuat pipeline atau dashboard data, seperti Airflow, Luigi, Tableau, Power BI, atau QlikView.
  • Keahlian non-teknis:
    • Memiliki kemampuan logis dan analitis yang baik.
    • Memiliki kemampuan komunikasi dan kolaborasi yang baik dengan tim dan stakeholder.
    • Memiliki kemampuan belajar dan beradaptasi yang cepat dengan perkembangan teknologi data.
    • Memiliki kemampuan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan yang baik.
    • Memiliki kemampuan manajemen waktu dan prioritas yang baik.

Cara Menjadi Data Engineer

Untuk menjadi seorang data engineer, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan, seperti:

  • Menempuh pendidikan formal di bidang Informatika atau Matematika dan Statistika, atau bidang terkait lainnya.
  • Mengikuti kursus atau pelatihan online yang berkaitan dengan data engineer, seperti di Coursera, Udemy, DataCamp, atau edX.
  • Mendapatkan sertifikat profesional dari lembaga terpercaya, seperti Google Professional Data Engineer atau IBM Certified Data Engineer.
  • Membuat portofolio atau proyek pribadi yang menunjukkan kemampuan Anda dalam membangun dan mengelola sistem atau infrastruktur data.
  • Melamar pekerjaan data engineer di perusahaan yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda.
  • Terus belajar dan mengembangkan skill Anda sesuai dengan perkembangan teknologi data.

Jenjang Karir Data Engineer

Jenjang karir data engineer biasanya terdiri dari beberapa level, seperti:

  • Junior Data Engineer: merupakan level awal bagi data engineer yang baru memulai karier mereka. Mereka bertugas melakukan tugas-tugas dasar yang berkaitan dengan sistem atau infrastruktur data, seperti mengumpulkan, membersihkan, dan menyimpan data. Mereka juga belajar dari data engineer senior untuk meningkatkan skill mereka.
  • Data Engineer: merupakan level lanjutan bagi data engineer yang sudah memiliki pengalaman minimal 2 tahun. Mereka bertugas melakukan tugas-tugas yang lebih kompleks dan mandiri, seperti membangun, mengoptimalkan, dan memelihara sistem atau infrastruktur data. Mereka juga berkolaborasi dengan tim lain untuk menganalisis dan menyajikan data.
  • Senior Data Engineer: merupakan level tertinggi bagi data engineer yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun. Mereka bertugas melakukan tugas-tugas yang paling sulit dan strategis, seperti merancang dan mengimplementasikan solusi data berskala besar. Mereka juga bertanggung jawab untuk memimpin dan membimbing tim data engineer lainnya.

Yang Harus Kalian Ketahui Data Engineer

Sebelum bekerja sebagai data engineer, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, seperti:

  • Pekerjaan data engineer adalah pekerjaan yang menantang dan dinamis. Anda harus siap menghadapi berbagai masalah dan tantangan yang berkaitan dengan sistem atau infrastruktur data. Anda juga harus siap untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi data.
  • Pekerjaan data engineer adalah pekerjaan yang kolaboratif dan komunikatif. Anda harus mampu bekerja sama dengan tim dan stakeholder lainnya untuk memastikan kualitas dan kegunaan data. Anda juga harus mampu menyampaikan hasil analisis data secara jelas dan efektif.
  • Pekerjaan data engineer adalah pekerjaan yang berdampak besar bagi perusahaan. Anda harus mampu memberikan solusi data yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya. Anda juga harus mampu menjaga keamanan dan kerahasiaan data sesuai dengan standar dan regulasi yang berlaku

Profesi Lainnya

profesi account executive

Account Executive

Pada dasarnya AE atau Account Executive adalah orang yang memiliki tanggung jawab sehari-hari dalam mencari dan menjaga hubungan bisnis yang berkelanjutan dengan klien. Menurut laman Hubspot, account executive juga

Read More »
profesi akuntan publik

Akuntan Publik

Pekerjaan “Akuntan Publik” adalah pekerjaan di bidang akuntansi yang melibatkan pemberian layanan akuntansi dan audit kepada klien eksternal. Seorang akuntan publik bertanggung jawab untuk mengaudit

Read More »
produser rekamar

Produser Rekaman

Pekerjaan produser rekaman adalah peran yang bertanggung jawab atas proses produksi musik dan rekaman. Seorang produser rekaman bekerja dengan artis, musisi, penulis lagu, dan teknisi

Read More »
perawat

Perawat

Perawat adalah seseorang yang terlatih dan berpendidikan di bidang kesehatan yang bertugas merawat, memantau, dan memberikan perawatan kepada pasien di berbagai fasilitas kesehatan seperti rumah

Read More »
pramuniaga

Pramuniaga

Pramuniaga adalah seseorang yang bekerja di bidang perdagangan dan jasa, dengan tugas utama melayani konsumen yang datang ke toko, swalayan, atau perusahaan tempat ia bekerja

Read More »
profesi jaksa

Jaksa

Profesi Jaksa berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia adalah Pejabat Fungsional yang diberi wewenang oleh undang undang untuk bertindak

Read More »