mployee logo
junseong-lee-v_WLk_vNYRA-unsplash

Tips dan Contoh Ucapan Perpisahan Kerja yang Mengesankan

Tips dan Contoh Ucapan Perpisahan Kerja yang Mengesankan – Kalian ingin menyampaikan ucapan perpisahan kepada rekan kerja atau pihak terkait lainnya? Tetapi bingung harus bilang apa dan bagaimana cara menyampaikannya? Artikel berikut ini akan memberikan tips membuat ucapan perpisahan kerja yang mengesankan beserta contohnya.

Alasan Membuat Ucapan Perpisahan Kerja

Setiap orang bisa memiliki alasannya sendiri dalam membuat ucapan perpisahan kerja. Beragam alasan dalam membuat ucapan perpisaan kerja, tetapi membuatnya tidak semudah kelihatannya. Mulai dari isi ucapan, siapa saja yang akan menerima, sampai pemilihan waktu juga menjadi salah satu pertimbangan sebelum ucapan perpisahan kerja disampaikan.

1. Menunjukkan etika yang baik

Ucapan perpisahan kerja yang dibuat dengan baik memberikan kalian kesempatan untuk berterima kasih pada rekan kerja, pengawas, atasan, dan pihak lainnya yang dituju atas waktu yang telah dihabiskan bersama-sama. Kalian juga dapat menyampaikan rasa terima kasih, syukur, dan memori-memori indah yang pernah dialami bersama.

Mengirim ucapan perpisahan kepada rekan kerja menunjukkan kalian menghargai dan menganggap keberadaan mereka. Tidak hanya itu, tetapi juga berarti kalian berharap agar tetap bisa stay in touch dengan mereka ketika sudah tidak bekerja bersama dan bertemu sesering sebelumnya lagi.

Apalagi selama bekerja dengan rekan-rekan tersebut, pasti kalian sempat menciptakan hubungan yang erat. Sehingga mengirim ucapan perpisahan dapat dinilai sebagai salah satu sikap yang positif dan bentuk upaya menunjukkan etika yang baik.

2. Mempertahankan hubungan dengan rekan-rekan lainnya (berjejaring)

Mantan rekan kerja dapat menjadi salah satu bagian penting dalam jejaring yang kalian miliki. Barangkali suatu hari nanti kalian akan membutuhkan bantuan mereka atau sebaliknya. Selain itu, berjejaring juga akan mengantarkan kalian pada kesempatan-kesempatan baru di masa yang akan datang dan berdampak positif untuk kalian. Sehingga memelihara hubungan yang baik dengan rekan kerja dapat dilakukan dengan mengirimkan ucapan perpisahan.

3. Membantu dalam menginformasikan tentang apa yang perlu dilakukan saat masa transisi

Beberapa pekerjaan tidak bisa ditinggal begitu saja. Ketika kalian tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut, kalian harus memastikan agar pekerjaan kalian sudah benar-benar beres sebelum meninggalkan pekerjaan. Misalnya jika ada pekerjaan yang tidak benar-benar bisa beres 100% sampai waktu meninggalkan kantor, delegasikan kepada rekan kerja lain seawal mungkin.

Pentingnya membuat ucapan perpisahan kepada rekan kerja dalam hal ini adalah menginformasikan apa saja tanggungan yang perlu didelegasikan kepada perusahaan sebelum meninggalkan pekerjaan. Hal ini merupakan upaya agar jalannya perusahaan tidak terganggu oleh pegawai yang baru meninggalkan perusahaan. Biasanya disebabkan oleh tugas-tugas yang belum dan sulit terselesaikan tepat waktu.

Contoh dari kondisi ini adalah pegawai yang bertanggung jawab atas manajemen, proses pengerjaan sesuatu, dan informasi yang dimiliki oleh pegawai. Sebab tugas tersebut tidak dapat dihentikan begitu saja. Pegawai harus membagikan apa yang dia ketahui, bagian mana saja yang masih perlu dilanjutkan, kepada rekan kerjanya atau perusahaan. Sehingga jalannya perusahaan tidak terganggu oleh perginya satu pegawai.

Cara Menyampaikan Ucapan Perpisahan Kerja

1. Email

Mengirim ucapan perpisahan melalui email merupakan salah satu metode yang paling efektif dan efisien. Dikarenakan kalian dapat menyesuaikan isi email sesuai tujuan email yang diharapkan. Kalian bisa membuat email yang berbeda-beda untuk setiap tujuan yang berbeda.

Kalian juga bisa mengiirm satu email ke semua tujuan sekaligus. Hal ini membuat mengirim ucapan perpisahan melalui email merupakan salah satu cara yang paling efisien. Sebab yang perlu disiapkan adalah mengetahui apa yang ingin kalian sampaikan.

2. Membawa bingkisan atau makanan di hari terakhir kerja

Kalian dapat menyiapkan bingkisan untuk rekan-rekan kantor dan memberikannya di hari terakhir bekerja. Nilai dari bingkisan ini adalah memberikan barang yang mengesankan kepada rekan kerja. Barang yang diberikan dapat disesuaikan dengan kemampuan kalian.

Kalian dapat memberikan barang-barang yang kalian buat sendiri. Selain itu, kalian juga dapat membelikan barang-barang yang sekiranya dibutuhkan oleh rekan kerja, barang-barang yang berhubungan dan dapat menunjang kinerja rekan kerja. Tetapi juga tetap pastikan agar kalian memberikan bingkisan atau barang yang memang kalian mampu beli dan tidak memberatkan situasi kalian pribadi.

Ada beberapa makanan yang umum dipilih sebagai makanan khas orang resign dan biasa dibawa saat perpisahan. Berikut beberapa di antaranya:

 a. Donat J.Co

Donat J.Co merupakan salah satu makanan yang paling sering dibawa oleh orang-orang resign di hari terakhirnya bekerja. Hal ini didukung dengan semakin banyak orang-orang yang mengakui hal ini. Salah satu alasannya adalah setiap orang pasti menyukai donat. Kemudian harga donat cenderung terjangkau. Sehingga dapat disimpulkan banyaknya orang yang memilih donat dikarenakan semua orang suka donat dan harganya yang terjangkau.

b. Pizza

Sama dengan alasan orang-orang menyukai donat J.Co, banyak orang menyukai pizza dan saat ini banyak pilihan pizza yang ramah kantong. Apalagi dengan banyaknya pilihan potongan harga, membuat pizza dan makanan-makanan lainnya menjadi lebih murah meskipun dibeli dengan jumlah banyak sekalipun.

c. Martabak dan Terang Bulan

Begitu halnya dengan martabak dan terang bulan. Semua orang pasti menyukainya. Sehingga menjadikan makanan ini salah satu pilihan favorit yang orang-orang bawa ke kantor di hari terakhir sebelum meninggalkan kantor sebagai ucapan perpisahan.

3. Mengadakan acara perpisahan dengan makan bersama

Mengadakan makan-makan bersama sebagai perpisahan bisa menjadi pilihan yang dapat dipertimbangkan apabila kalian punya anggaran yang lebih dan memungkinkan. Kalian dapat mengundang rekan kerja, atasan, dan pihak-pihak lainnya yang diinginkan.

Hanya saja kendala dari pilihan ini adalah ketika dihadapkan pada kondisi pandemi seperti sekarang. Sebab pergi berkelompok dan berkerumun tentu sudah menjadi hal yang dibatasi demi keamanan dan kesehatan bersama. Sehingga dua pilihan sebelumnya bisa kalian pilih dan esensi atau tujuan kalian tetap tercapai.

Tips Membuat Ucapan Perpisahan Kerja

Kalian bisa membuat ucapan perpisahan sebebas yang diinginkan dan diharapkan. Bagi kalian yang ingin mengirim ucapan perpisahan melalui email, ada beberapa tips yang bisa kalian ikuti.

1. Buat isi email yang merepresentasikan isi hati dan diri kalian sebagai seorang individu

Sebaik-baiknya tips membuat ucapan perpisahan adalah apabila kalian mengirimkan email yang isinya bersifat pribadi atau personal. Sebab penerima email dapat merasakan ketulusan kalian melalui email yang dikirimkan kepada mereka. Gunakan kesempatan ini untuk menyampaikan perasaan kalian kepada orang yang dituju.

2. Buat kesan positif

Mengirimkan ucapan perpisahan melalui email bisa dibilang sebagai kesempatan terakhirmu untuk memberikan kesan positif kepada rekan kerja dan atasan sebelum kalian berjuang di langkah selanjutnya dalam karir kalian. Pastikan agar isi pesan ringan dan tetap positif, simpan opini negatif tentang perusahaan atau pengalaman non profesional untuk diri sendiri.

3. Kirim sebelum hari terakhir kerja

Sebaiknya tidak mengirim email terlalu dekat dengan hari terakhir kerja. Sebelum meninggalkan perusahaan, pastikan pekerjaanmu beres dan tidak meninggalkan tanggungan. Apabila masih ada tanggungan, delegasikan kepada rekan kerja secepatnya. Inilah yang menjadikan pentingnya pemilihan waktu untuk mengirim email.

Jika email perpisahan dikirim tidak terlalu dekat dengan hari terakhir kerja, kalian berkesempatan untuk menyelesaikan berbagai urusan yang berkaitan dengan pekerjaan dengan baik. Tidak diburu-buru dan dapat dipastikan rekan kerja lainnya bersedia untuk membantu agar prosesnya berjalan dengan lancer hingga akhir.

4. Buat dengan ringkas

Email ucapan perpisahan sebaiknya dibuat tidak bertele-tele. Isi email yang dapat mencakup semua dan sesuai dengan tujuan terdiri dari ucapan terima kasih, nomor atau email yang bisa dihubungi, rincian tentang rencana transisi, dan satu atau dua kalimat yang menjelaskan apa yang akan kalian lakukan selanjutnya.

Contoh Ucapan Perpisahan Kerja Dikirim melalui Email

1. Contoh Ucapan Perpisahan Kerja kepada Rekan-Rekan Kerja

Subyek: rekan-rekan kerja

Kepada rekan-rekan kerjaku di [nama perusahaan/divisi],

Aku ingin menyampaikan bahwa aku telah menerima tawaran kerja yang lain dan akan mulai bekerja di perusahaan lain secepatnya. Hari terakhirku bekerja di [nama perusahaan lama] adalah [hari, tanggal, dan bulan].

Untuk itu, aku ingin menyampaikan hal ini kepada kalian.

Aku akan sangat merindukan bekerja dengan kalian semua. Selama ini aku sangat menikmati masa bekerja di perusahaan ini bersama kalian dan aku sangat bersyukur telah mengenal kalian.

Jika kalian mempunyai pertanyaan seputar [bidang yang dikerjakan], bisa menghubungi [nama rekan] yang menggantikan posisiku untuk sementara sampai ada yang menempati posisiku. Kemungkinan posisiku akan terisi kembali pada [tanggal dan bulan].

Meskipun aku sudah tidak bekerja lagi di sini, kalian bisa menghubungiku dengan nyaman melalui email pribadiku [alamat email] atau WhatsApp: [nomor HP].

Sekali lagi terima kasih dan semoga ke depannya kalian semua semakin sukses dengan apapun yang sedang dikerjakan!

Salam hangat,

[namamu]

2. Contoh Ucapan Perpisahan Kerja kepada Rekan Kerja Terdekat

Subyek: rekan kerja terdekat

Hai [nama rekan kerja],

Aku ingin memberitahukan bahwa aku telah diterima di [nama perusahaan baru] dan hari terakhirku bekerja di sini adalah [hari, tanggal, atau bulan].

Aku sangat berterima kasih atas keberadaanmu sebagai rekan kerjaku selama di sini. Kamu adalah rekan kerja yang sangat baik padaku, telah membantuku dalam banyak hal melewati berbagai kesulitan selama kita bekerja bareng di sini. Aku mungkin tidak bisa mencapai semua ini jika bukan karena dukunganmu selama ini. Dan tentu saja aku tidak akan melupakan setiap ilmu yang telah kamu bagikan.

Aku harap kita tetapi bisa berkomunikasi meskipun sudah tidak bekerja bersama lagi dan meskipun kita akan semakin jarang bisa bertemu. Tapi kamu tetap bisa menghubungiku melalui nomor WA ku.

Salam hangat,

[namamu]

3. Contoh Ucapan Perpisahan Kerja kepada Manajer atau Atasan

Subyek: manajer atau atasan

Kepada [nama manajer atau atasan],

Sebagaimana yang telah Pak/Bu [nama manajer atau atasan] ketahui, minggu depan adalah hari terakhir saya bekerja untuk [nama perusahaan lama]. Lima tahun bekerja di sini, saya telah mendapatkan banyak pengalaman berharga. Itulah sebabnya saya mengirim email ini untuk menyampaikan betapa saya bersyukur sudah diberi kesempatan untuk bekerja di perusahaan ini.

Di bawah kepemimpinan bapak/ibu, saya telah bertumbuh sebagai pribadi yang cukup mumpuni dalam bidang saya. Pengalaman tersebut juga membantu saya dalam meningkatkan rasa percaya diri saya sehingga saya bisa menjadi seperti sekarang. Tidak ada yang bisa memengaruhi saya sebaik bapak/ibu.

Saya harap kita masih bisa menjalin komunikasi dengan baik meskipun saya sudah tidak bekerja di sini dan akan semakin sulit untuk kita bisa berjumpa lagi sesering sebelumnya.

Dengan hormat,

[namamu]

Demikian tips dan berbagai contoh ucapan perpisahan kerja yang dapat kalian coba. Mungkin hal ini masih baru untuk kalian atau kalian belum menemukan banyak orang melakukan ini, tetapi tidak ada salahnya untuk melakukannya. Sebab mengirim ucapan perpisahan pada dasarnya merupakan bentuk menyampaikan rasa terima kasih dan bersyukur kepada orang-orang yang telah berjasa untuk kalian di perusahaan sebelumnya.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email